Kotaku
Home Bisnis Kebebasan Finansial Melalui Investasi Saham, Mau Coba?

Kebebasan Finansial Melalui Investasi Saham, Mau Coba?

Kebebasan Finansial Melalui Investasi Saham Mau Coba

Kotaku.id – Kebebasan finansial melalui investasi saham akan dibahas secara tuntas dalam pembahasan dibawah ini. Bursa Efek Indonesia (BEI) telah mencatat jumlah investor di pasar modal yang mana telah mencapai sebanyak 11,9 juta investor dalam sepanjang tahun 2023 lalu.

Angka tersebut diketahui naik pesat sebanyak 5 kali lipat sejak 5 tahun terakhir. Perlu diketahui, jumlah tersebut didominasi oleh beragam kalangan milenial dan gen z.

Kalangan ini dinilai mempunyai literasi keuangan yang tinggi dan memiliki kesadaran betapa pentingnya investasi. Apalagi instrumen saham mempunyai 2 potensi keuntungan yang dapat diraih oleh para investor. Pertama dari capital gain atau kenaikan harga saham dan dividen atau dari perolehan laba pada perusahaan. Sehingga tak heran jika jumlah investor saham menjadi terus meningkat.

Melihat hal tersebut, tentunya investasi saham penting untuk dilakukan. Hal ini karena, melalui investasi, masyarakat dapat meningkatkan aset dan memenuhi kebutuhan di hari yang akan. Hal ini diketahui menjadi dasar pemikiran kalangan milenial dan gen z untuk bisa melakukan investasi di saham sejak dini.

Karena melalui investasi saham kalangan milenial dan gen z bisa mencapai kebahagiaan finansial di hari tua nantinya.

Lantas, bagaimana jika Anda merupakan pemula dan baru mau mulai berinvestasi saham? Dibawah ini merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan investor dalam berinvestasi saham.

1. Paham Perbedaan Antara Investasi Saham Dan Trading Saham

Sebelum Anda memulai investasi, calon investor wajib paham lebih dahulu antara investasi saham dan trading saham. Hal ini karena, investasi saham dan trading saham merupakan dua hal yang berbeda. Diketahui, investasi saham dilakukan jangka panjang, sementara itu trading saham dilakukan dalam jangka pendek.

2. Membeli Saham Perusahaan Dengan Fundamental Baik

Dalam melakukan investasi saham, pastikan saham yang akan dibeli merupakan saham perusahaan dengan fundamental baik. Hal ini artinya, sebelum membeli, investor perlu mengetahui bagaimana kinerja pada sebuah perusahaan beberapa tahun terakhir serta bagaimana bisnisnya. Investor dapat melihat laba yang telah dihasilkan di setiap tahun dan rencana bisnis ke depan nantinya akan seperti apa.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko potensi kerugian di kemudian hari lantaran saham perusahaan yang dibeli mengalami kebangkrutan.

3. Adanya Profil Risiko dan Tujuan Investasi

Setiap orang pastinya mempunyai profil risiko dan tujuan investasi yang berbeda. Profil risiko dapat dijadikan sebagai sebuah indikator untuk bisa menentukan sejauh mana investor bisa mentoleransi investasi, apakah konservatif, moderat maupun agresif.

Sedangkan tujuan investasi ini harus dibuat sejak awal supaya ke depan imbal hasil yang diharapkan dapat sesuai dengan target.

4. Pakai Uang “Dingin”

Pemakaian uang “dingin” atau uang yang khusus digunakan untuk investasi (bukan untuk keperluan harian) sangat penting untuk dilakukan. Apalagi dalam jangka panjang. Hal ini sangat penting diterapkan, karena pemakaian uang dingin bisa meminimalisir risiko kerugian. Khususnya saat saham yang dimiliki sedang terkoreksi.

Bayangkan jika Anda menggunakan uang kebutuhan harian untuk berinvestasi. Saat saham yang Anda beli dalam keadaan turun dan uang tersebut sangat diperlukan di hari yang sama. Otomatis Anda harus rela untuk menjual saham tersebut dalam keadaan rugi.

5. Cek History Harga Saham Pada Perusahaan

Hal ini sangat penting dilakukan agar investor dapat memaksimalkan keuntungan. Apalagi jika pergerakan saham di pasar modal sangat dinamis dan bergerak secara naik turun. Sehingga ada saatnya harga saham perusahaan saat berada di posisi yang sudah tinggi atau mahal dan akan turun ke harga wajar.

Kesimpulan

Nah, itulah di atas pembahasan lengkap mengenai kebebasan finansial melalui investasi saham. Bagi Anda para pemula jangan takut untuk memulai investasi. Hal ini karena, investasi saham mudah dilakukan apabila Anda benar-benar menekuni bidang ini. Demikian pembahasan kali ini, semoga informasi mengenai kebebasan finansial melalui investasi saham diatas bisa bermanfaat ya!

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad