Kotaku
Beranda Bisnis Menjelaskan Konsep Pengawasan Kualitas Dan Contohnya

Menjelaskan Konsep Pengawasan Kualitas Dan Contohnya

KOTAKU.ID – Berikut ini merupakan pembahasan lengkap mengenai jelaskan konsep pengawasan kualitas dan berikan contohnya. Perlu diketahui, konsep pengawasan kualitas merupakan suatu pengawasan yang dilakukan untuk dapat memastikan agar suatu produk bisnis yang dihasilkan kualitasnya tetap terjaga atau sesuai standar yang direncanakan suatu perusahaan.

Adapun, salah satu contoh pengawasan kualitas yaitu pengujian bahan baku. Proses pengujian ini memiliki tujuan agar bahan baku yang digunakan dalam produksi barang sesuai standar yang telah ditetapkan.

Penjelasan Konsep Pengawasan Kualitas

Penjelasan konsep pengawasan kualitas akan dibahas dalam pembahasan kali ini. Agar Anda bisa paham, maka Anda harus mengamati lebih rinci terkait pengertian dari pengawasan kualitas terlebih dahulu.

Berdasarkan buku Pengendalian Kualitas oleh Djoko Adi Walujo, Titiek Koesdjati, dan Yitno Utomo (2020: 7), pengawasan merupakan jaminan dari hasil kegiatan pemeriksaan, penilaian, pengoreksian, maupun pengendalian pada kegiatan yang telah dan sedang dilakukan atau hasil yang nantinya akan dicapai sesuai apa yang diharapkan atau direncanakan.

Sedangkan yang dimaksud dengan pengawasan kualitas merupakan suatu kegiatan atau aktivitas pemeriksaan serta analisa yang dilakukan oleh perusahaan pada bahan baku, barang setengah jadi atau barang jadi sehingga dengan proses pemeriksaan yang lebih teliti, produk yang dihasilkan bisa sesuai dengan standar kualitas yang telah ditetapkan.

Unsur-unsur penting pada pengawasan kualitas antara lain adalah sebagai berikut.

  • Adanya standar yang ditetapkan baik itu kualitatif dan kuantitatif.
  • Adanya metode untuk dapat mengukur kualitas produk yang dihasilkan lalu dibandingkan standar yang ada.
  • Adanya cara untuk dapat mengadakan perbaikan-perbaikan pada kualitas yang dihasilkan jika ternyata produk yang dihasilkan tidak sesuai kualitas standar yang telah ditetapkan.

Tujuan dari pengawasan kualitas yaitu untuk menjamin barang hasil produksi bisa mencapai kualitas yang telah ditetapkan.

Contoh Pengawasan Kualitas Produk

Menjelaskan Konsep Pengawasan Kualitas Dan Contohnya

Berdasarkan buku Pengendalian Kualitas oleh Djoko Adi Walujo, Titiek Koesdjati, dan Yitno Utomo (2020: 8), pengawasan kualitas merupakan suatu kegiatan pemeriksaan dan analisa yang dilaksanakan terhadap suatu bahan baku, barang setengah jadi atau barang jadi sehingga produk yang dihasilkan sesuai dengan kualitas standar yang ditetapkan.

Fungsi pengawasan kualitas yaitu untuk memastikan, menjamin, dan membuat produk sesuai pada apa yang direncanakan. Contoh pengawasan kualitas yaitu adalah sebagai berikut.

1. Inspeksi atau Pemeriksaan

Inspeksi atau pemeriksaan maupun pengujian bahan baku ditujukan kepada bahan, barang setengah jadi serta produk jadi yang bermanfaat untuk memilah antara yang memenuhi syarat dengan yang tidak memenuhi syarat.

2. Teknik Statistik

Teknik statistik pada suatu pengawasan kualitas bermanfaat untuk dapat mengurangi biaya inspeksi dan menciptakan pengawasan kualitas yang lebih efektif. Statistical quality control merupakan penggunaan model statistik untuk dapat mengumpulkan dan menganalisa data dalam menentukan serta mengawasi hasil produksi.

3. Alat-Alat Pengukur Kualitas

Dalam pengawasan kualitas juga dibutuhkan alat-alat pengukur atau measuring instruments. Alat-alat tersebut sangat penting dalam pelaksanaan inspeksi maupun pemeriksaan. Tanpa adanya alat-alat tersebut maka suatu pemeriksaan hanya berdasarkan pada pengalaman, pada saat dianggap sudah tidak efektif serta efisien lagi.

Dengan cara tersebut maka bisa diambil kesimpulan, bahwa kualitas produk tak terdokumentasi dan terukur. Ruang lingkup pengawasan yakni meliputi sebagai berikut:

  • Bahan yang digunakan, pengolahan bahan (proses), dan barang jadi.
  • Tenaga pengawas
  • Sarana dan sarana pengawasan kualitas.

Sarana pengawasan kualitas antara lain adalah mesin, alat tester, dan alat lain yang dapat digunakan untuk dapat menguji kualitas produk yang dihasilkan.  Sedangkan tenaga pengawas merupakan tenaga kerja yang mempunyai tugas untuk memenuhi kriteria obyektivitas dan kecermatan dalam pengawasan produk.

Tenaga pengawas merupakan suatu komponen yang penting untuk berhasil atau tidaknya suatu program pengawasan kualitas yang dilakukan oleh perusahaan.

Contoh Lain Pengawasan Kualitas Lainnya

Menjelaskan Konsep Pengawasan Kualitas Dan Contohnya

Industri Otomotif

  • Standar Kualitas: Produsen mobil menetapkan standar untuk berbagai macam komponen bisnis seperti mesin, rem, sistem kelistrikan.
  • Inspeksi dan Pengujian: Setiap mobil yang diproduksi dengan melalui serangkaian uji coba seperti uji ketahanan, uji tabrakan, serta inspeksi visual dilakukan untuk dapat memastikan tidak ada cacat.
  • Pengambilan Sampel: Dari setiap batch produksi, beberapa mobil yang dipilih secara acak untuk diuji secara lebih mendalam.

Industri Makanan dan Minuman

  • Standar Kualitas: Standar kesehatan dan keselamatan makanan ditetapkan untuk dapat memastikan produk aman dikonsumsi.
  • Inspeksi dan Pengujian: Bahan baku diperiksa untuk dapat memastikan tidak ada kontaminasi, dan produk jadi diuji untuk kandungan gizi dan rasa.
  • Pengambilan Sampel: Contoh produk diambil dengan acak dari setiap batch untuk diuji di laboratorium untuk dapat memastikan tidak ada kontaminasi bakteri maupun zat berbahaya.

Industri Elektronik

  • Standar Kualitas: Spesifikasi teknis digunakan untuk performa, daya tahan, dan keselamatan perangkat elektronik.
  • Inspeksi dan Pengujian: Setiap perangkat elektronik dengan melalui serangkaian tes, termasuk uji fungsional, uji panas, dan uji kelembapan.
  • Pengambilan Sampel: Dari setiap batch, beberapa unit dipilih untuk dapat diuji secara lebih mendalam untuk dapat memastikan seluruh fitur bekerja dengan baik dan perangkat aman digunakan.

Kesimpulam

Itulah pembahasan lengkap terkait jawaban soal penjelasan konsep pengawasan kualitas dan contohnya. Demikian pembahasan kali ini, semoga informasi diatas bermanfaat.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan