Kotaku
Home Pendidikan Penting! Mengenal Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kelas

Penting! Mengenal Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kelas

Blue Yellow Organic and Scribble Teacher Appreciation Week Video scaled

KOTAKU.ID – Bagi bapak ibu guru tentunya sering mendengar istilah pembelajaran berdiferensiasi. Namun apakah anda tahu apa itu pembelajaran berdiferensiasi dan apa manfaatnya? Nah, mari simak bersama ulasan lengkapnya tentang strategi pembelajaran berdiferensiasi dalam kelas berikut ini.

Mengenal Pembelajaran Berdiferensiasi

Pembelajaran berdiferensiasi sendiri merupakan pendekatan yang dilakukan guru untuk mengakomodasi berbagai gaya belajar, tingkat keterampilan dan kecepatan pemahaman siswa dalam satu kelas.

Pembelajaran ini memfokuskan pembelajaran pada kebutuhan masing-masing individu. Strategi yang digunakan memiliki tujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan merangsang setiap peserta didiknya.

Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi

Nah berikut ini adalah beberapa langkah penerapan pembelajaran berdiferensiasi

KegiatandeskripsiImplementasi
1. Penyesuaian MateriPendidik menyesuaikan materi dalam pembelajaran yang bisa memenuhi kebutuhan setiap siswa dengan tingkat pemahaman yang berbeda-beda.Contohnya : memberikan bahan bacaan dengan tingkat kesulitan yang berbeda dan menawarkan sumber daya tambahan yang bisa mendukung pemahaman.
2. Pilihan AktivitasMemberikan berbagai pilihan aktivitas pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar dan juga minat siswa dalam kelas.Peserta didik bisa memilih bagaimana aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan. Siswa bisa memilih apakah mereka lebih suka eksplorasi materi melalui proyek visual, diskusi kelompok maupun riset individu.
3. Kelompok FleksibelPendidik menggunakan kelompok yang fleksibel atau bisa berubah demi memfasilitasi kolaborasi dan pembelajaran bersama.Membuat kelompok dengan komposisi yang berbeda pada setiap proyek atau tugas. Sehingga kemungkinan siswa belajar antara satu sama lainnya semakin besar.
4. Penilaian VariedGuru menggunakan berbagai metode penilaian yang mengukur pemahaman siswa dari berbagai sudut pandang yang ada.Guru bisa menggunakan metode penilaian yang bermacam-macam seperti ujian tertulis, presentasi, portofolio maupun penugasan kreatif untuk menilai kemampuan penguasaan materi siswa.
5. Model PengajaranGuru dituntut lebih kreatif dan mampu menggunakan berbagai model pembelajaran yang berbeda untuk mencapai tujuan pembelajaran.Berbagai model yang bisa guru lakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran seperti ceramah di kelas, diskusi kelompok, simulasi dan pembelajaran berbasis proyek.
6. Instruksi TerpisahKarena masing-masing kelompok terdiri dari berbagai siswa dengan kebutuhan dan tingkat pemahaman yang berbeda, maka instruksi dari guru pun harus terpisah.Jika terdapat kelompok yang membutuhkan bimbingan tambahan dalam suatu konsep. Maka guru bisa menyediakan instruksi terpisah sesuai dengan kebutuhan mereka.
7. penyesuaian waktuMemberikan lebih banyak waktu fleksibel untuk memahami konsep dan menyelesaikan tugas yang ada.Harus dipahami bahwa beberapa anak ada yang membutuhkan waktu ekstra untuk menyelesaikan tugas. Pendekatan ini membantu siswa bisa belajar sesuai dengan kecepatan masing-masing.
8. Mentoring atau TutoringMemberikan dukungan tambahan lewat mentoring atau tutoring untuk siswa dengan kebutuhan bimbingan ekstra.Melakukan sesi mentoring setelah jam sekolah atau meminta bantuan siswa yang lebih mahir sebagai tutor sebaya.

Mengenal Manfaat Pembelajaran Berdiferensiasi

Nah bagi yang tahu manfaat akan pembelajaran berdiferensiasi ini, berikut ada ulasannya untuk anda.

  • Inklusivitas : memungkinkan setiap siswa terutama yang memiliki kebutuhan khusus untuk merasa diakui dan bisa menaikan motivasi dalam mengikuti pembelajaran.
  • Pengembangan kemandirian : lebih mendorong siswa untuk bisa mengembangkan kemandiri dan dalam pembelajaran yang dilakukan, mereka bisa memilih dan memiliki kendali atas kendala dan cara belajar yang diinginkan.
  • Peningkatan keterlibatan : siswa sebagai subjek pembelajaran bisa lebih aktif dalam pembelajaran di kelas. Setiap pembelajaran mendorong siswa untuk aktif terlibat karena guru memberikan pilihan dan relevansi pembelajaran.
  • Pertumbuhan personal : pertumbuhan bagi setiap siswa berbeda dan memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Pembelajaran berdiferensiasi mendukung pertumbuhan setiap siswa dengan merespon kebutuhan unik mereka dan diarahkan sebagai kekuatan individu.

Tantangan Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi

Kelebihan dan manfaat dari pembelajaran berdiferensiasi ini ternyata tidak terlepas dari tantangan didalamnya. Berikut ini tantangan dalam pembelajaran berdiferensiasi:

  • Pemantauan individu : guru membutuhkan waktu dan perhatian yang ekstra untuk memantau kemajuan setiap individu yang ada.
  • Persiapan materi tambahan : pendidik harus memiliki persiapan dan penyediaan materi tambahan, karena materi dibuat secara berbeda sesuai dengan gaya model belajar setiap kelas yang berbeda.
  • Manajemen kelas : terakhir guru dituntut untuk menjaga keseimbangan dan manajemen kelompok yang berbeda dan menjadi tantangan.

Kunci dari pembelajaran berdiferensiasi adalah menciptakan lingkungan belajar mengajar yang inklusif (toleran terhadap perbedaan) dan merangsang kreativitas siswa. Strategi ini memungkinkan terciptanya peluang yang setara bagi semua siswa untuk berhasil serta memastikan bahwa keberagaman yang dimiliki setiap siswa bisa dihormati dan dijadikan aset berharga dalam prosesnya. Kelebihan setiap siswa diarahkan ke arah yang lebih bermanfaat.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad