Kotaku
Beranda Bisnis 4 Kesalahan Pebisnis Saat Berjualan Online yang Harus Dihindari

4 Kesalahan Pebisnis Saat Berjualan Online yang Harus Dihindari

4 Kesalahan Pebisnis Saat Berjualan Online yang Harus Dihindari

Kotakuid – Sekarang ini, sudah banyak sekali orang yang mencoba mennjalankan bisnis atau berjualan online. Meskipun banyak yang tumbang dan gagal di tengah jalan, berjualan online memang terbukti ampuh melahirkan sederet pengusaha sukses meskipun hanya berawal dari modal yang terbatas.

Sebagai pebisnis pemula yang baru saja terjun ke dunia usaha, pasti ada beragam tantangan dan kesalahan yang harus dihindari. Berikut ini adalah kesalahan pebisnis saat berjualan online yang harus dihindari.

1. Memulai Bisnis Tanpa Ada Perencanaan Matang

Untuk memulai sebuah bisnis, memang tidak dapat menunggu hingga perencanaan menjadi sempurna. Jika diibaratkan kata banyak pebisnis yang menyebutkan slogan mulai aja dulu.

Tapi artinya bukanlah Anda bisa memulai tanpa perencanaan sama sekali. Jika Anda memulai tanpa mengetahui apa yang akan Anda jual atau cara menjualnya, bagaimana bisnis bisa berjalan? Sebelum menjalankan bisnis, penting bagi Anda tahu dan paham dengan apa yang akan Anda jalani. Apakah dengan menjual barang atau jasa? Kepada siapa sih bisnis ini ditujukan?

Dengan maksud lain, Anda harus mempunyai tujuan dalam menjalankan bisnis ini. Hal ini dilakukan agar nantinya saat proses berjalan tidak terlalu melenceng dan hasilnya malah jadi tidak sesuai. Oleh sebab itu, lakukanlah riset lebih dahulu terkait kebutuhan pasar, target market, jenis produk dan persaingan di pasar.

Meski perencanaan di awal tidaklah sempurna, setidaknya Anda harus tahu secara pasti apa dan bagaimana bisnis Anda akan dijalankan. Selebihnya, pasti berkembang seiring dengan bisnis Anda berjalan dan semakin banyak pula dikenal oleh orang luas.

2. Tidak Mengoptimalkan Media Sosial dengan Baik

Tidak mengelola media sosial dengan baik dan benar juga bisa menjadi kesalahan paling fatal yang sering kali dilakukan oleh para pebisnis online. Kenapa demikian? Saat ini media sosial menjadi kebutuhan masyarakat untuk berkomunikasi.

Platform seperti misalnya Facebook, Twitter, YouTube, dan Instagram bahkan sudah sama seperti rumah kedua yang sering diakses daripada media lainnya seperti televisi dan surat kabar.

Tidak mengoptimalkan media sosial dengan baik untuk menarik calon konsumen tentunya akan menjadi kerugian. Saat ini beberapa pengusaha sudah mulai tertarik dengan sosial media sebagai peluang. Akan tetapi rata-rata masih memanfaatkan strategi pendekatan yang monoton.

Baik itu dari segi konten yang tidak menarik atau feed yang tidak pernah diupdate oleh Admin. Jika Anda masih setengah hati dalam mengelola akun media sosial, maka Anda jangan kaget jika banyak calon pelanggan yang kabur dan lebih memilih berbelanja di tempat lain yang lebih kompeten.

3. Menunggu Lama Launching Produk

Kesalahan berikutnya yang sering dilakukan pebisnis online pemula yakni menunggu terlalu lama agar produk yang dijual lebih sempurna. Strategi ini tidak sepenuhnya bisa disalahkan, asalkan Anda disiplin dalam mengatur serta mengelola timeline kerja.

Jangan sampai Anda masuk ke dalam golongan pebisnis online yang senang melakukan proyek secara sukarela untuk menghimpun data sebelum produknya meluncur. Subscriber, email list, dan followers sangat penting, tapi menunggu sampai Anda mendapatkan jumlah yang besar dan akan memerlukan waktu panjang.

Bisa-bisa ide produk yang akan Anda jual sudah didahului oleh orang, atau lebih parahnya sudah obsolete dan tidak lagi relevan dengan kebutuhan para calon pelanggan.

4. Kurang Fast Respon

Perkembangan teknologi sama halnya seperti pisau bermata dua. Di satu sisi Anda bisa memanfaatkan internet untuk menarik banyak pelanggan.

Sementara di sisi lainnya, Anda juga harus menanggung order dan pertanyaan dari para pelanggan selama hampir 24 jam. Perlu Anda ketahui, tidak semua orang mempunyai waktu banyak luang.

Sehingga, biasanya orang hanya akan berbelanja secara online di jam-jam tertentu seperti ketika makan siang atau menjelang pulang kerja. Pintar-pintarlah Anda dalam mengatur respon time agar para konsumen tidak kabur ke produk yang dijual oleh kompetitor lain.

Kesimpulan

Nah, jika Anda saat ini masih melakukan kesalahan sama seperti di atas maka jangan terus berputus asa. Kumpulkan semangat awal yang mendasari Anda terjun ke dalam dunia bisnis online, setelah itu Anda bisa menyusun rencana berikutnya untuk memperbaiki kekurangan agar perkembangan bisnis menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan