Kotaku
Home Pendidikan Untuk Guru Contoh Deskripsi Kegiatan yang Menghasilkan Inovasi UKIN PPG Daljab 2023

Contoh Deskripsi Kegiatan yang Menghasilkan Inovasi UKIN PPG Daljab 2023

Kotakuid РDi bawah ini merupakan pembahasan lengkap tentang Contoh Deskripsi Kegiatan yang Menghasilkan Inovasi UKIN PPG Daljab 2023.

Inovasi adalah salah satu hal yang paling penting di dalam dunia pendidikan. Inovasi bisa membantu dan meningkatkan kualitas pembelajaran sekaligus hasil belajar siswa.

Oleh sebab itu, pemerintah lewat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) secara resmi mendorong mahasiswa PPG untuk menghasilkan inovasi.

Adapun, untuk inovasi yang dihasilkan oleh mahasiswa PPG bisa dikategorikan ke dalam beberapa jenis, yaitu sebagai berikut ini:

  • Inovasi pembelajaran, merupakan inovasi yang berkaitan erat dengan proses pembelajaran, misalnya seperti metode pembelajaran, media pembelajaran, dan strategi pembelajaran.
  • Inovasi media pembelajaran, merupakan suatu inovasi yang berkaitan erat dengan media pembelajaran, misalnya seperti buku teks, modul pembelajaran, dan aplikasi pembelajaran.
  • Inovasi alat pembelajaran, merupakan inovasi yang berkaitan erat dengan alat pembelajaran, misalnya seperti alat peraga, alat praktikum, dan alat laboratorium.
  • Inovasi teknologi tepat guna, adalah suatu inovasi yang bisa dimanfaatkan untuk memecahkan masalah di lingkungan sekolah atau di lingkungan masyarakat.
  • Inovasi lain, merupakan suatu inovasi yang tidak termasuk ke dalam kategori-kategori di atas.

Untuk bisa menghasilkan inovasi, mahasiswa PPG bisa mengikuti beragam kegiatan yang bisa meningkatkan kompetensinya, seperti misalnya mengikuti pelatihan, seminar, atau  bahkan konferensi.

Tidak hanya itu, mahasiswa PPG juga bisa melakukan penelitian dan pengembangan sendiri.

Berikut ini merupakan beberapa contoh deskripsi kegiatan yang mampu menghasilkan inovasi UKIN PPG Daljab tahun anggaran 2023:

Contoh 1

Nama Mahasiswa: Mita Annisa

Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Jenis Inovasi: Alat pembelajaran

Deskripsi Kegiatan:

Pada tahun 2023, Mita Annisa ikut serta dalam workshop pembuatan alat peraga IPA di Universitas Negeri Yogyakarta. Setelah Mita Annisa ikut serta dalam workshop tersebut, Mita Annisa kemudian membuat alat peraga IPA untuk pembelajaran IPA di dalam kelasnya.

Alat peraga IPA yang telah dibuat oleh Mita Annisa merupakan sebuah alat peraga yang bisa digunakan untuk menjelaskan proses fotosintesis. Alat peraga tersebut diketahui terbuat dari bahan-bahan yang sangat sederhana, diantaranya seperti plastik, karton, dan cat.

Alat peraga IPA yang dibuat oleh Mita Annisa sangat bermanfaat, khususnya dalam membantu para siswa memahami proses fotosintesis. Siswa menjadi lebih mudah dalam memahami proses fotosintesis, khususnya dengan menggunakan alat peraga tersebut.

Contoh 2

Nama Mahasiswa: Mita

Mata Pelajaran: Matematika

Jenis Inovasi: Metode pembelajaran

Deskripsi Kegiatan:

Pada tahun 2023, Mita ikut serta dalam pelatihan metode pembelajaran berbasis permainan (game-based learning) di dalam Universitas Negeri Yogyakarta. Setelah ikut serta dalam pelatihan tersebut, Mita kemudian menerapkan metode pembelajaran berbasis permainan tersebut ke dalam pembelajaran matematika di kelasnya.

Di dalam metode pembelajaran berbasis permainan, para siswa akan diajak untuk belajar matematika dengan cara yang cukup menyenangkan, yakni melalui permainan. Mita kemudian membuat berbagai permainan matematika yang sangat menarik dan sesuai dengan tingkat perkembangan para siswa.

Adapun, untuk hasil dari penerapan metode pembelajaran berbasis permainan menunjukkan jika hasil belajar matematika siswa kelas Mita menjadi meningkat dengan signifikan. Siswa juga menjadi lebih aktif dan antusias dalam mengikuti belajar matematika.

Contoh 3

Nama Mahasiswa: Annisa  

Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia

Jenis Inovasi: Media pembelajaran

Deskripsi Kegiatan:

Pada tahun 2023, Annisa ikut serta dalam workshop pembuatan media pembelajaran interaktif di dalam Universitas Pendidikan Indonesia. Setelah Annisa ikut serta ke dalam workshop tersebut, Annisa kemudian membuat media pembelajaran interaktif untuk pembelajaran bahasa Indonesia di kelasnya.

Adapun, media pembelajaran interaktif yang dibuat oleh Annisa adalah sebuah aplikasi pembelajaran bahasa Indonesia yang bisa diakses melalui smartphone dan tablet. Aplikasi tersebut berisikan tentang berbagai materi pembelajaran bahasa Indonesia, seperti diantaranya materi sastra, materi tata bahasa, dan ada pula materi keterampilan berbahasa.

Aplikasi pembelajaran bahasa Indonesia yang telah dibuat Annisa mendapat respon baik dari siswa. Para siswa menjadi lebih mudah dan antusias dalam memahami materi pembelajaran bahasa Indonesia.

Sebagai informasi tambahan, di bawah ini merupakan beberapa tips untuk menghasilkan inovasi:

  • Identifikasi masalah yang ada di lingkungan sekolah atau di lingkungan masyarakat. Inovasi yang dihasilkan oleh mahasiswa harus bisa memecahkan masalah yang ada.
  • Lakukan riset dan pengembangan secara mendalam. Pastikan bahwa inovasi yang dihasilkan oleh mahasiswa mempunyai dasar teori yang kuat dan bisa diimplementasikan dengan baik.
  • Tes dan evaluasi inovasi yang dihasilkan. Pastikan jika inovasi yang dihasilkan efektif dan bida memberikan manfaat.

Dengan Anda mengikuti tips-tips di atas, mahasiswa PPG bisa menghasilkan inovasi yang berkualitas dan bisa memberikan dampak positif untuk pendidikan di Indonesia.

Itulah di atas contoh deskripsi kegiatan yang menghasilkan inovasi UKIN PPG Daljab 2023. Mahasiswa PPG bisa menjadikan contoh di atas sebagai inspirasi untuk menghasilkan inovasi.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad