Kotaku
Beranda Pendidikan Untuk Guru Panduan Lengkap Cara Cek Hasil Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab 2024

Panduan Lengkap Cara Cek Hasil Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab 2024

KOTAKU.ID – Para guru yang merupakan calon peserta PPG Daljab 2024 saat ini sedang melangsungkan pemutakhiran data calon peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG). Pemutakhiran data ini adalah bagian dari seleksi administrasi untuk pengadaan PPG Dalam Jabatan 2024.

Pertanyaannya, apa guru bisa melakukan pengecekan hasil pemutakhiran data yang telah dilakukan? Lantas bagaimana peserta bisa mengetahui apakah data sudah benar-benar dimutakhirkan?

Seperti yang diketahui bersama, pemutakhiran data calon peserta Pendidikan Profesi Guru ini sebelumnya tertuang pada surat edaran terbaru. Dimana Surat Edaran tersebut dikeluarkan secara resmi oleh Plt Direktur Pendidikan Profesi Guru Ditjen GTK Kemdikbudristek, Andhika Ganendra, pada tanggal 8 Juni 2024.

Hal yang Harus Disiapkan Oleh Guru

Ada 4 data yang perlu dilakukan pemutakhiran oleh guru di Dapodik (Data Pokok Pendidikan). Berikut ini merupakan pembahasan lengkapnya.

  1. Pertama, nama lengkap tanpa gelar akademik/keagamaan, Nomor Induk Kependudukan (NIK), tempat serta tanggal lahir. Pemutakhiran tersebut dapat dilakukan dengan melalui laman verval PTK.
  2. Kedua, riwayat pendidikan formal mulai dari jenjang pendidikan dasar sampai dengan pendidikan terakhir. Hal ini bisa dilakukan dengan melalui Manajemen Individu PTK.
  3. Ketiga, riwayat karir guru mulai dari pertama kali mengajar dengan melalui aplikasi Dapodik.
  4. Yang terakhir, status sekolah induk, status kepegawaian, dan jenis PTK dengan melalui Manajemen Dinas Pendidikan. Untuk status sekolah induk diimbau supaya tidak boleh lebih dari 1.

Adapun, proses pemutakhiran data calon peserta Pendidikan Profesi Guru ini tersedia 3 aktor yang terlibat. Yaitu guru yang bersangkutan, operator Dapodik dan operator dinas pendidikan.

Cara Cek Hasil Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG

Nah, setelah guru melakukan pemutakhiran data, guru atau kepala sekolah dapat melakukan pengecekan hasil pemutakhiran data. Hal ini wajib dilakukan sebagai croscek alias memastikan apakah data guru dan kepala sekolah benar-benar sudah sesuai atau belum.

Hal ini karena, jika ada satu saja data yang tidak sesuai atau salah, maka kemungkinan menjadi peserta PPG Daljab 2024 bisa hangus begitu saja. Anda dapat melakukan pengecekan hasil pemutakhiran data tersebut dengan melalui laman Info GTK.

Untuk langkah-langkahnya silahkan Anda ikuti panduan di bawah ini:

  • Silahkan Anda kunjungi laman Info GTK dengan menggunakan link https://info.gtk.kemdikbud.go.id/
  • Selanjutnya, Anda bisa lakukan login pada Info GTK dengan cara masukkan username dan password masing-masing
  • Masukkan kode captcha yang tertera di bagian bawah kolom kemudian tekan tombol ‘Masuk

Setelah berhasil melakukan login, Anda nantinya akan diarahkan di halaman awal atau beranda Info GTK. Di laman tersebut akan ada informasi profil Anda. Di situ akan ada beberapa data pribadi Anda yang mana merupakan bagian dari data yang dimutakhirkan.

Selanjutnya, Anda bisa scroll ke bawah, maka akan ada beberapa informasi, antara lain:

1. NUPTK

Pastikan seluruh data telah terdata dan sudah sesuai dan mendapatkan ‘Status Valid’. Jangan lupa cek juga nomor NUPTK, nama lengkap, Dapodik, tanggal lahir dan lainnya. Jika statusnya sudah berwarna hijau, maka dipastikan sudah fiks dan sudah benar atau sudah dimutakhirkan.

2. Kepegawaian

Sama halnya dengan data pada NUPTK, pastikan Anda sudah mendapatkan ‘Status Valid‘. Jangan lupa pastikan seluruh data pada bagian tersebut sudah dimutakhirkan, sudah sesuai dan sudah benar. Pastikan bahwa status sekolah induk juga hanya 1 saja.

Adapun,cara  lain yang dilakukan untuk melaksanakan pengecekan adalah pada laman ‘Resume‘. Dimana dalam laman ini akan menyajikan informasi yang jauh lebih lengkap terkait dengan data-data Anda. Pada laman Resume Anda nantinya akan menemukan informasi yang meliputi:

  1. Identitas Diri
  2. Pendidikan Formal
  3. Status Kepegawaian
  4. Beban Kerja
  5. Tempat Mengajar

Sekali lagi, perlu dipastikan semua data yang ada di laman tersebut merupakan sudah benar dan sudah sesuai. Jika sudah dipastikan benar dan telah sesuai, maka Anda dipastikan mempunyai peluang jadi peserta PPG Daljab 2024.

Jika Tidak Mendapat Centang Hijau Artinya Apa?

Apakah dengan tidak mendapatkan centang hijau apa artinya pemutakhiran data yang Anda lakukan berarti sebuah masalah? Jangan merasa khawatir dulu dan jangan bimbang.

Silahkan Anda lihat notifikasi yang ada pada bagian atas foto profil Anda jika melihat melalui HP atau komputer PC atau laptop. Pada bagian tersebut akan ada notifikasi berisi kalimat.

“Ajuan Data Anda telah Disetujui pada PPG Dalam Jabatan 2023”

Berarti, pemutakhiran data calon peserta Pendidikan Profesi Guru yang sudah Anda lakukan telah disetujui oleh sistem. Pertanyaannya, sampai sebesar apa potensi guru bisa ikut PPG Daljab 2024? Ada beberapa pemberitahuan lanjutan. Adapun isi informasinya adalah sebagai berikut:

Bapak/Ibu guru terutama yang BELUM LOLOS seleksi administrasi atau yang BELUM IKUT SELEKSI ADMINISTRASI silahkan cek laman https://ppg.kemdikbud.go.id/news/pemutakhiran-data-calon-peserta-pendidikan-profesi-guru-ppg Lakukan pemutakhiran data yakni pada bagian data TMT mengajar aktif tahun 2023/2024, terdata lulus S1/D4, status kepegawaian, NUPTK, dan NIK di DAPODIK

Sedangkan untuk guru yang telah lulus seleksi administrasi PPG Tahun 2024, silahkan tunggu informasi selanjutnya

Kesimpulan

Itulah di atas pembahasan lengkap terkait panduan lengkap cara cek hasil pemutakhiran data calon peserta Pendidikan Profesi Guru 2024. Semoga dengan adanya informasi yang disampaikan di atas Anda bisa jadi peserta PPG Daljab 2024.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan