Bagaimana Pelaksanaan Prinsip Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran yang Berkesinambungan

Kotaku.ID – Berikut ini adalah pembahasan mengenai bagaimana pelaksanaan prinsip penyusunan alur tujuan pembelajaran yang berkesinambungan. Simak ulasan lengkapnya.
Dalam bagaimana pelaksanaan prinsip penyusunan alur tujuan pembelajaran yang berkesinambungan dibutuhkan prinsip-prinsip yang bisa membantu guru dalam merencanakan pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik melalui berbagai langkah.
Soal
Bagaimana pelaksanaan prinsip penyusunan alur tujuan pembelajaran yang berkesinambungan
A. Mempertimbangkan kebutuhan peserta didik
B. Fokus pada materi penting saja
C. Memperhatikan hubungan antar tujuan pembelajaran
D. Ketiga jawaban di atas benar
Jawaban
C. Memperhatikan hubungan antar tujuan pembelajaran
Prinsip Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran yang Kontekstual
Ada beberapa prinsip yang harus diketahui oleh pendidik agar bisa melaksanakan penyusunan alur tujuan pembelajaran yang kontekstual:
1. Pahami Kebutuhan Siswa
Pertama, pahami terlebih dahulu kebutuhan siswa. Mulailah dengan mencari tahu minat dan latar belakang mereka. Ini sangat membantu pendidik dalam merancang tujuan pembelajaran agar nantinya bisa sesuai dengan pengalaman yang dimiliki siswa dan kemampuan mereka dalam pembelajaran.
2. Rinci Tujuan Pembelajaran
Selanjutnya, buatlah perincian yang jelas dan spesifik dari masing-masing tujuan pembelajaran tadi. Buatlah tujuan yang bisa menggambarkan seperti apa harapan peserta didik bisa tercapai setelah pembelajaran.
Jangan lupa gunakan kata kerja yang jelas seperti mengidentifikasi, menganalisis atau menerapkan materi pembelajaran.
3. Relevansi Konteks
Pendidik harus bisa memastikan bahwa tujuan pembelajaran yang dibuat memiliki relevansi dengan konteks kehidupan dunia nyata peserta didik. Hal ini bisa diperoleh dengan mengkaitkan antara materi pembelajaran dengan situasi atau permasalahan yang ada nyata di lingkungan peserta didik.
4. Brientasi Pada Masalah
Buatlah alur tujuan pembelajaran yang berfokus pada pemecahan masalah sehingga bisa membantu mereka dalam melihat relevansi pembelajaran tersebut diterapkan didunia nyata. Kelas bisa dimulai dengan memberikan pertanyaan pematik yakni menanyakan pada peserta didik masalah apa yang ada di lingkungan sosial dan harus mereka selesaikan sebagai bagian dari proses pembelajaran.
5. Gunakan Pendekatan Interdisipliner
Pendidik bisa menggabungkan elemen dari beberapa mata pembelajaran / disiplin ilmu kemudian dijadikan satu sebagai pengalaman pembelajaran baru yang lebih kontekstual. Cara ini membantu peserta didik agar bisa melihat hubungan antara berbagai bidang ilmu pengetahuan ternyata ada kesinambungan untuk dipelajari.
6. Menggunakan Studi Kasus
Gunakanlah studi kasus nyata dalam pembelajaran (bisa diambil dari kasus yang terjadi atau membuat skenario kehidupan atau contoh lain). Cara ini sangat membantu siswa dalam mengetahui apa saja penerapan pengetahuan yang didapatkan mereka untuk nantinya diterapkan dalam kehidupan nyata. Ini juga bermanfaat mengembangkan keterampilan pemecahan masalah yang dimiliki.
7. Aktivitas Praktis
Pembelajaran yang menarik dan berkesan bagi peserta didik adalah dengan memberikan aktivitas praktik didalamnya. Bisa berupa proyek, simulasi atau aktivitas lainnya yang memungkinkan peserta didik menerapkan pengetahuan yang dimilikinya dalam kehidupan nyata sehingga meningkatkan pemahaman mereka dalam materi yang dipelajari.
8. Evaluasi Kontekstual
Selanjutnya, pastikan metode evaluasi yang digunakan adalah metode evaluasi kontekstual dan juga mencerminkan tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan. Bisa mencakup tugas, proyek, ujian dan juga pengujian pemahaman siswa dalam berbagai situasi relevan yang ada.
9. Umpan Balik Berkelanjutan
Pendidik jangan sampai melupakan pemberian umpan balik yang berkelanjutan pada peserta didiknya. Hal ini membantu mereka untuk bisa mengidentifikasikan ketercapaian tujuan pembelajaran dan apa saja yang perlu diperbaiki.
10. Refleksi dan Koreksi
Terakhir, adalah melakukan refleksi secara berkala terhadap proses pembelajaran yang selama ini dilakukan dan juga mengkoreksi pembelajaran. Apa saja yang perlu diperbaiki dan apa saja yang perlu ditingkatkan.
Itulah pembahasan tentang pembahasan mengenai bagaimana pelaksanaan prinsip penyusunan alur tujuan pembelajaran yang berkesinambungan. Ternyata ada banyak prinsip yang harus di lakukan jika ingin menyusun alur tujuan pembelajaran yang berkesinambungan dan sangat bermanfaat bagi peserta didik. Pahami prinsipnya dan terapkan didalam pembelajaran anda.