Kotaku
Home Pendidikan Prospek Kerja Lulusan Jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual)

Prospek Kerja Lulusan Jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual)

Apa saja peluang kerja jurusan DKV? Desain Komunikasi Visual merupakan salah satu cabang ilmu seni. Jenjang pendidikan dari jurusan ini mulai dari SMK, D III, D IV hingga Sarjana.

Saat kamu mengambil jurusan ini, maka tidak hanya seni tetapi juga akan mempelajari elemen visual dengan tujuan tertentu yang lebih komunikatif, informatif serta efektif.

Lulusan dari jurusan DKV banyak dibutuhkan apalagi pada era digitalisasi sekarang ini. Oleh karena itu, jurusan ini menyediakan banyak prospek kerja yang menjanjikan. Berikut ini adalah prospek kerja yang akan didapatkan oleh lulusan desain komunikasi visual yang tekah dirangkum oleh kotaku.id.

Mengenal Jurusan DKV

DKV atau Desain Komunikasi Visual merupakan jurusan yang dulunya dikenal dengan Desain Grafis. Kini DKV berkembang luas selain grafis 2D, juga mempelajari gratis 3D serta berbagai media untuk menyampaikan informasi atau depan yang lebih efektif. Jurusan ini mengkolaborasikan antara seni visual dan teknologi.

Desain komunikasi visual merupakan cabang ilmu seni yang menggabungkan dengan praktik menciptakan ide, konsep serta pesan menggunakan elemen visual seperti gambar, tipografi, da grafis. Tujuan dari kegiatan dalam jurusan ini adalah untuk menyampaikan pesan secara efektif yang dilakukan dalam berbagai media baik cetak, digital dan media lainnya. Sehingga DKV tidak hanya fokus pada estetika, tetapi juga mempertimbangkan bagaimana fungsi dan konteks komunikasi dari karya yang dihasilkan.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan DKV

Desain grafis

Lulusan DKV akan mendapat peluang kerja yang luas di perusahaan seperti periklanan, percetakan, penerbitan dan agensi kreatif lainnya yang menempati posisi Desain Grafis. Tugas utama dari seorang desain grafis adalah untuk menciptakan sebuah desain visual dalam berbagai keperluan sesuai kebutuhan perusahaan. Seperti, membuat logo, kemasan produk, materi promosi, iklan, dan termasuk membuat dan merancang berbagai desain visual seperti desain tata letak majalah, buku, di berbagai media. Peluang kerja sebagai desain grafis saat ini terbilang cukup banyak dibutuhkan, di berbagai perusahaan.

Desainer Website

Tugas seorang desainer website adalah membuat dan merancang antarmuka penggunaan website yang menarik. Kemampuan yang akan dimiliki untuk menjadi desain web adalah kemampuan coding dan desain. Dengan pengetahuan prinsip desain dan pengalaman lulusan DKV akan mendapat peluang kerja sebagai desainer website atau desain UI/UX. Beberapa job desk seorang desainer website antara lain adalah:

  • Menentukan warna, font, layout beserta gambar yang akan digunakan.
  • Menciptakan desain yang interaktif dan menarik bagi pengguna.
  • Menggabungkan fitur dan fungsi interaktif yang telah dibuat untuk menciptakan website yang menarik.

Ilustrator

Pekerjaan sebagai ilustrator merupakan peluang kerja yang banyak diminati oleh lulusan jurusan DKV. Illustrator akan membuat ilustrasi untuk berbagai tujuan misal ilustrator untuk buku, permainan, animasi, dan produk kreatif lainnya. Illustrator akan bertugas untuk memberikan gambaran ilustrasi yang menjelaskan sebuah makna dan dibuat supaya terlihat menarik.

Animator

Bagi kamu yang menggemari dunia animasi, maka masuk di jurusan DKV adalah salah satu kesempatan baik untuk dapat bekerja di dunia kreatif ini. Tugas dari animator adalah memberi animasi berupa gambar dalam beberapa frame, prospek kerja ini membuat peluang kerja di beberapa perusahaan seperti industr film, iklan atau televisi.

Video Editor

Selain membuat gambar dan rancangan desain, lulusan DKV juga dibekali dengan kemampuan untuk menjadi video editor. Pekerjaan menjadi video editor merupakan jalur karir yang menarik untuk lulusan jurusan DKV. Seorang video editor bertugas untuk melakukan pengeditan karya yang telah direkam, untuk menjadi karya menarik sesuai dengan alur cerita. Seorang video editor memiliki tujuan seperti mengokleksi waran dan pengelolaan visual, menyesuaikan audio, membuat efek visual dan berkoordinasi dengan tim lainnya untuk menghasilkan video yang menarik.

 

 

 

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad