Kotaku
Home Pendidikan Nadiem Anwar Makarim Pastikan 100 Ribu Guru Penggerak Lulus di Akhir Tahun

Nadiem Anwar Makarim Pastikan 100 Ribu Guru Penggerak Lulus di Akhir Tahun

Kotaku.id Nadiem Anwar Makarim Pastikan 100 Ribu Guru Penggerak Lulus di Akhir Tahun – Menteri Pendidikan, Nadiem Anwar Makarim, telah mengumumkan bahwa pada akhir tahun ini, sebanyak 100 ribu guru penggerak yang diproyeksikan akan lulus. “Jumlah 100 ribu guru penggerak tersebut akan memperoleh izin setelah menyelesaikan program pelatihan ini,” ungkap Nadiem Makarim, yang menjabat sebagai Menteri Pendidikan. Informasi tersebut disampaikan oleh Nadiem Makarim saat berlangsungnya Rapat Kerja (Raker) dengan komisi X DPR pada tanggal 6 Maret 2024.

Nadiem Anwar Makarim Pastikan 100 Ribu Guru Penggerak Lulus di Akhir Tahun

Nadiem Anwar Makarim Pastikan 100 Ribu Guru Penggerak Lulus di Akhir Tahun

Apa manfaat yang akan diperoleh oleh peserta yang memilih untuk mengikuti program guru penggerak ? Selama berpartisipasi dalam program tersebut, Kemdikbud akan memberikan dukungan berupa beberapa hal, antara lain:

1. Bantuan Paket Data untuk Pelatihan Daring (Online)

Peserta akan diberikan akses ke paket data agar dapat mengikuti pelatihan berani secara online dengan lancar. Hal ini akan memastikan bahwa peserta dapat mengakses materi pelatihan, berpartisipasi dalam diskusi, dan mengikuti aktivitas online lainnya tanpa hambatan teknis.

2. Biaya Transportasi, Konsumsi, dan Akomodasi untuk Lokakarya

Jika diperlukan, Kemdikbud akan menanggung biaya transportasi peserta dari dan ke lokasi lokakarya, biaya konsumsi selama acara, serta biaya akomodasi jika lokakarya berlangsung dalam waktu yang memerlukan menginap. Hal ini bertujuan untuk memastikan peserta dapat fokus pada materi pelatihan dan kolaborasi dengan sesama peserta tanpa harus khawatir tentang biaya tambahan.

3. Pendidikan Guru Penggerak Selama 6 Bulan

Peserta yang lolos seleksi akan memiliki kesempatan untuk mengikuti program pendidikan khusus sebagai guru penggerak selama enam bulan. Selama periode ini, mereka akan mendalami berbagai konsep dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi agen perubahan di sekolah mereka.

4. Pengembangan Kompetensi di Lokakarya Bersama

Selain pendidikan formal, peserta juga akan terlibat dalam lokakarya bersama. Di sini, mereka akan diberikan kesempatan untuk menerapkan pengetahuan yang mereka peroleh dalam situasi dunia nyata, berkolaborasi dengan rekan sejawat, dan memperdalam pemahaman mereka tentang konsep-konsep tertentu.

5. Peningkatan Kompetensi sebagai Pemimpin Pembelajaran yang Berpusat pada Murid

Program ini akan memberikan fokus khusus pada pengembangan keterampilan kepemimpinan yang berorientasi pada kebutuhan dan potensi siswa. Peserta akan belajar bagaimana menjadi fasilitator yang efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendorong partisipasi aktif dan pertumbuhan individu.

6. Pengalaman Belajar Mandiri dan dalam Kelompok

Peserta akan mengalami berbagai jenis pembelajaran, termasuk pembelajaran mandiri dan dalam kelompok. Mereka akan memiliki akses ke sumber daya dan dukungan yang diperlukan untuk belajar secara mandiri, sambil juga diarahkan ke pengalaman belajar yang berstruktur dan terbimbing dalam kelompok.

7. Bergabung dengan Komunitas Belajar

Selain memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru, peserta juga akan menjadi bagian dari komunitas belajar yang terdiri dari rekan guru lain yang memiliki minat dan komitmen yang sama untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Ini akan memberikan dukungan sosial dan profesional yang penting dalam perjalanan mereka sebagai guru penggerak.

Dengan bergabung dalam program ini, peserta tidak hanya akan meningkatkan kualitas pengajaran mereka, tetapi juga akan menjadi agen perubahan yang berpengaruh pada lingkungan sekolah mereka. Dengan demikian, guru penggerak program bukan hanya tentang memperoleh keterampilan baru. Tetapi juga tentang membentuk masa depan pendidikan yang lebih inklusif, dinamis, dan berorientasi pada kebutuhan siswa.

Oleh karena itu, guru penggerak program tidak hanya menawarkan pelatihan dan pengembangan profesional. Tetapi juga menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan pribadi dan kolaborasi antar guru.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad