Apa Itu Direct Marketing Dalam Bisnis? Ini Karakteristik dan Jenisnya
Kotaku.id – Direct marketing dalam bisnis merupakan suatu proses, cara, atau suatu perbuatan dimana memasarkan suatu barang dagangan. Marketing juga dapat diartikan sebagai perihal untuk menyebarluaskan ke tengah-tengah masyarakat. Misalnya seperti yang ditulis dalam KBBI daring.
Untuk bisa memasarkan suatu produk, pihak penjual biasanya akan menggunakan beberapa strategi marketing, salah satunya yaitu direct marketing. Teknik ini dapat dikatakan cukup efektif untuk menarik minat dari para pembeli.
Lalu, apa itu direct marketing? Apa saja manfaat dalam menerapkan strategi pemasaran ini? Yuk simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.
Mengenal Direct Marketing Dalam Bisnis
Direct marketing dalam bisnis merupakan strategi dalam pemasaran suatu produk dengan cara berkomunikasi secara langsung antara penjual dan pembeli. Pada hal ini, pembeli bisa saja konsumen baru, sudah menjadi pelanggan, atau bisa pelanggan yang ditargetkan untuk menjadi konsumen setia.
Adapun, kata ‘direct‘ ini berasal dari bahasa Inggris, jika diterjemahkan artinya adalah ‘langsung‘. Bila kedua kata ini digabung, direct marketing dalam bisnis adalah ‘pemasaran langsung‘ yang mana artinya memasarkan produk secara langsung kepada para konsumen.
Adapun, direct marketing saat ini sudah banyak digunakan oleh para penjual karena strategi ini jauh lebih efektif dalam mendapatkan pelanggan daripada menggunakan iklan konvensional. Dengan demikian, penjual bisa berhadapan langsung dengan para konsumen untuk menjelaskan dengan rinci mengenai produk yang dijual.
Karakteristik Direct Marketing
Adapun berikut ini adalah karakteristik dalam strategi direct marketing dalam bisnis :
- Karakteristik Non-Public. Berupa pesan dan informasi mengenai produk yang ditujukkan untuk para konsumen. Akan tetapu informasi ini hanya bisa diakses dan didapatkan oleh pelanggan tertentu saja.
- Customized. Yaitu suatu informasi yang telah disiapkan mengenai produk yang dikemas dengan sedemikian rupa dengan tujuan agar konsumen bisa tertarik untuk membelinya.
- Interactive. Merupakan informasi mengenai produk yang bisa diubah dan disesuaikan berdasarkan keinginan ataupun tanggapan dari pelanggan.
Jenis Direct Marketing
Seiring dengan berkembangnya zaman, saat ini strategi direct marketing dalam bisnis dapat memanfaatkan teknologi dan juga internet. Adapun, dibawah ini adalah jenis-jenis dari direct marketing.
1. Media Sosial
Sudah tidak heran lagi bahwa pada saat ini semakin banyak orang yang telah memasarkan produknya lewat media sosial. Karena, jumlah pengguna media sosial semakin bertambah, sehingga sangat cocok untuk memasarkan produk dan jasa.
Yang terbaru adalah ada banyak penjual yang memasarkan produknya secara live streaming. Pada umumnya, cara ini dilakukan dengan aplikasi e-commerce.
2. E-mail Marketing
E-mail marketing merupaka suatu strategi dalam direct marketing yang mana mengandalkan jaringan internet dan juga alamat e-mail pelanggan. Pada hal ini, e-mail marketing bisa berupa buletin elektronik, pesan yang berisi promo baru dan diskon besar, atau bisa berisi promo pelanggan yang telah melakukan transaksi pembelian.
3. Online Marketing
Selain menggunakan media sosial, banyak penjual yang memanfaatkan online marketing ini untuk menjual dan juga memasarkan produknya. Beberapa media dan juga platform online yang umum dipakai yaitu seperti website dan marketplace.
4. Telemarketing
Jenis direct marketing yang pertama ini merupakan telemarketing. Strategi ini sangat efektif untuk memasarkan produk kepada para pelanggan secara lebih luas sampai ke beberapa provinsi.
Sebelumnya, perusahaan diketahui telah mengumpulkan data konsumen yang memiliki potensi menjadi pelanggan tetap. Yang mana nantinya, setiap pelanggan tersebut akan dihubungi melalui telepon dengan tujuan untuk menjual produk atau jasa.
5. Direct Selling
Direct selling adalah strategi direct marketing yang dilakukan dengan menghampiri konsumen. Cara ini dilakukan dengan berkunjung secara langsung ke lingkungan rumah atau tempat kerja konsumen.
Kesimpulan
Nah, itulah di atas ulasan tentang direct marketing beserta karakteristik dan jenisnya. Semoga pembahasan diatas ini bisa membantu Anda dalam memahami strategi marketing dalam dunia.