Kotaku
Beranda Pendidikan Untuk Guru Membuat Gambaran Diri Sebagai Guru Penggerak di Masa Depan

Membuat Gambaran Diri Sebagai Guru Penggerak di Masa Depan

Membuat Gambaran Diri Sebagai Guru Penggerak di Masa Depan

Kotaku.id – Pembahasan dibawah ini akan membahas secara lengkap terkait membuat gambaran diri sebagai guru penggerak di masa depan. Bagi para calon guru penggerak, yuk simak ulasan dibawah ini sampai habis!

Sebagai Calon Guru Penggerak (CGP) yang sedang mengikuti Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP). Saya akan menggambarkan potret diri saya sebagai seorang guru penggerak di masa depan. Setelah saya ikut serta dan berhasil lulus dalam Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP), ada beberapa poin penting yang saya pahami dan saya yakini yaitu sebagai berikut:

  • Saya harus Tergerak, Dalam diri saya telah terbentuk keyakinan dan motivasi yang kuat untuk selalu tergerak dalam memajukan dunia pendidikan
  • Saya harus Bergerak, Selain keyakinan dan motivasi yang kuat, saya juga harus Bergerak dengan aksi nyata dan memajukan dunia pendidikan
  • Saya harus Menggerakan, Setelah saya tergerak dan bergerak, saya juga mempunyai kewajiban untuk menggerakan komunitas belajar. Hal ini dilakukan agar sama – sama bergerak ke arah yang jauh lebih baik.

Adapun untuk 3 tahun ke depan, saya yakin dan sangat optimis telah bisa menumbuhkan dan menerapkan nilai serta peran saya sebagai guru penggerak dengan gambaran sebagai berikut ini.

1. Mandiri

Setelah saya mengikuti program pendidikan guru penggerak saya yakin dan sangat optimis bisa menjadi insan yang mandiri. Mempunyai motivasi  yang kuat dalam berupaya untuk mewujudkan transformasi pendidikan. Saya juga akan berupaya untuk tidak bergantung pada pihak manapun terkait dengan motivasi dalam mengembangkan pembelajaran. Mengikuti Pelatihan untuk meningkatkan kompetensi sebagai guru tanpa perlu menunggu perintah dari atasan/Dinas.

2. Reflektif

Sebagai seorang guru penggerak, saya telah sadar bahwa saya mempunyai banyak kekurangan disana sini. Baik ketika melakukan perencanaan atau pada saat melaksanakan pembelajaran paradigma baru dalam rangka menumbuhkan Profil Pelajar Pancasila dalam diri anak didik saya. Oleh karena itu, saya akan selalu bersikap reflektif dengan melakukan evaluasi atas tindakan yang saya lakukan. Khususnya terkait dengan implementasi pendidikan paradigma baru. Dengan begitu saya meyakini, bahwa saya dan program yang saya lakukan nantinya bisa berjalan lebih baik lagi.

3. Inovatif

Berikutnya, saya juga akan memegang teguh nilai inovasi yang ada di dalam program guru penggerak. Di mana saya nantinya akan berusaha keras untuk mewujudkan pembaharuan dan kreativitas pada tiga tahun yang akan datang. Terutama saya juga akan selalu berupaya untuk menemukan solusi atas setiap akar permasalahan yang dihadapi oleh para peserta didik saya. Harapannya adalah program pembelajaran paradigma baru yang telah saya lakukan, semakin efektif dari masa ke masa. Mengembangkan aplikasi pembelajaran berbasis android yang menarik perhatian anak didik saya.

4. Kolaboratif

Sebagai guru penggerak saya sangat sadar bahwa untuk mencapai suatu perubahan yang sifatnya transformatif dalam dunia pendidikan terlebih lagi dengan paradigma baru, maka tidak bisa dilakukan sendiri. Melainkan harus berkolaborasi bersamaan dengan setiap pihak yang berkepentingan.

Berkenaan dengan hal ini, maka saya akan menekankan diri saya untuk bisa selalu menjalin interaksi dan kerja sama bersama dengan lingkungan baik dalam lingkup satu sekolah atau hingga ke komunitas belajar yang jauh lebih luas. Terlebih lagi sesama guru yang akan telah menemukan solusi bersama atas permasalahan yang dihadapi oleh para murid di lingkungan sekolah.

5. Berpihak pada Murid

Sebagai seorang guru penggerak saya sangat sadar bahwa pendidikan harusnya berpihak pada murid. Khususnya dengan memberikan porsi lebih murid untuk mengembangkan potensi yang ada di dalam dirinya. Menjadikan murid sebagai aktor utama dalam kegiatan pembelajaran. Memberikan pelayanan sesuai karakteristik dan kebutuhan para siswa.

Sehingga harapan kedepannya, saya bisa menjadi seorang guru yang bisa membahagiakan murid, mengantarkan murid menuju cita – cita serta harapan yang diimpikannya. Dan yang paling utama adalah saya ingin menjadi sosok guru yang paling dirindukan kehadirannya di dalam Kelas.

Kesimpulan

Demikian di atas gambaran diri saya sebagai guru penggerak di masa depan. Semoga apa yang telah saya tuliskan di atas bisa terealisasikan seperti apa yang saya pikirkan dan mungkin bisa berkembang menjadi lebih baik lagi dari apa yang diharapkan.

Itulah di atas pembahasan terkait gambaran diri sebagai guru penggerak di masa depan. Semoga pembahasan terkait gambaran diri sebagai guru penggerak di masa depan yang telah disebutkan di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan