Kotaku
Home Bisnis Profesi Operator Gudang: Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawabnya

Profesi Operator Gudang: Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawabnya

Profesi Operator Gudang Pengertian Tugas dan Tanggung Jawabnya 1

KotakuID – Seiring dengan naiknya tren digital dan ecommerce, kebutuhan dengan berbagai jenis staff gudang tentunya semakin meningkat dari waktu ke waktu. Namun mengingat sistem operasional yang sangat kompleks, tentu di perlukan tim solid untuk mendukung fungsinya terlaksana. Sejalan dengan itu, profesi operator gudang merupakan salah satu bagian yang tidak bisa terpisahkan.

Namun, sebenarnya apa itu profesi operator gudang? Dan, apa saja sih tugasnya? Nah agar Anda semakin paham, yuk baca lebih lanjut ulasan berikut untuk mengetahui apa itu operator gudang.

Baca Juga: Profesi Picker Gudang: Pengertian, Tugas dan Gajinya

Apa Itu Profesi Operator Gudang?

Profesi Operator Gudang: Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawabnya

Tahukah Anda, operator gudang merupakan salah satu posisi penting yang pastinya selalu dibutuhkan untuk mendukung fungsional warehouse? Sebelumnya, perlu Anda pahami terlebih dahulu bahwa sejatinya operator berasal dari bahasa Inggris operate yang artinya mengoperasikan.

Oleh karena itu, bisa dikatakan jika operator gudang merupakan individu ataupun sekelompok orang yang bertugas untuk mengoperasikan kinerja di gudang. Nah dalam melaksanakan tugasnya, sebenarnya operator gudang merupakan satu tim dengan staf administrasi dan foreman gudang. Yang mana seluruhnya dikerahkan untuk membantu kepala gudang (supervisor).

Sebagai catatan tambahan, menjadi seorang operator gudang merupakan sebuah komitmen untuk melakukan pemeliharaan sistem dan operasional sekaligus memastikan sistem tersebut siap untuk meraih target kinerja yang telah disusun oleh pimpinan.

Tanggung Jawab Operator Gudang

Sama halnya dengan pekerjaan lainnya, operator gudang tentu juga mempunyai tanggung jawabnya sendiri. Adapun beberapa tanggung jawab dari operator gudang yaitu sebagai berikut:

  1. Menjaga barang dengan baik.
  2. Memastikan jumlah barang dengan tepat dan sesuai.
  3. Memastikan kesesuaian data di dalam komputer sama dengan realita lapangan.
  4. Memastikan proses pengiriman berjalan tepat waktu.
  5. Mencapai target sesuai dengan yang telah ditentukan oleh perusahaan.
  6. Menjaga dan memelihara kebersihan gudang.

Tugas Operator Gudang

Dari pembahasan sebelumnya, apakah Anda sudah bisa menebak apa saja tugas dari operator gudang? Secara garis besar, tugas operator gudang yaitu sebagai berikut.

1. Briefing pagi

Briefing pagi atau meeting pagi wajib dilakukan untuk memastikan operator mengetahui perencanaan kerja di hari tersebut. Tujuannya, yaitu demi meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi selama proses kerja.

2. Receiving

Di bagian receiving, tugas operator gudang yaitu seseorang yang bertugas menerima masuknya barang ke area warehouse. Barang ini sendiri bisa berasal dari mana saja, bisa dari vendor, dan bahkan merupakan produk return dari produksi yang dikembalikan.

3. Stacker

Bagian stacker ini akan bertugas melakukan dan menyusun display barang dengan sekaligus menghafalkan nama-nama item yang ada di gudang. Jika digambarkan, stacker ini mirip dengan posisi merchandise dalam suatu perusahaan retail. Namun di dalam dunia manufaktur, posisi stacker biasanya ada di dalam perusahaan garmen atau fast moving goods.

4. Picker

Jika di posisi picker, tugas operator gudang yaitu mengambil sekaligus menyiapkan barang yang telah dipesan dan akan dikirimkan ke klien. Nah untuk mempercepat proses kerjanya, seorang picker wajib bisa berkoordinasi dengan bagian stacker.

Alasannya, di lapangan, seorang stacker tentu lebih mengetahui apa nama barang yang di perlukan oleh picker dan juga dimana lokasi barang tersebut.

5. Checker

Sama sesuai dengan namanya, seorang checker bertugas untuk menerima dan memeriksa barang yang telah disiapkan oleh seorang picker sebelum dikirim, apakah sudah sesuai dengan pesanan atau belum. Oleh sebab itu, checker harus teliti karena jika terjadi kesalahan pada bagian stok, maka nantinya akan kesulitan ketika stock opname dilakukan.

6. Dispatcher

Terakhir, Jika berstatus dispatcher, maka tugas dari seorang operator gudang adalah sebagai transporter. Sederhananya, dispatcher adalah bagian pengiriman atau delivery. Tugasnya yakni untuk mengirimkan barang yang sudah disiapkan oleh picker dan telah dilakukan pengecekan oleh checker.

Baca Juga: Persediaan Barang Dagang: Definisi, Sistem dan Jenisnya

Kesimpulan

Itulah di atas ulasan seputar apa itu operator gudang lengkap hingga tanggung jawab dan rincian tugasnya. Dari pembahasan di atas, sekarang Anda sudah tahu kan jika operator gudang merupakan bagian penting dalam operasional suatu warehouse?

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad