Kotaku
Home Cpns dan PPPK Pendalaman Materi PCK Untuk UP PPG Sesuai Dengan Kisi-kisi Terbaru

Pendalaman Materi PCK Untuk UP PPG Sesuai Dengan Kisi-kisi Terbaru

PPG Gambar Artikel

Dalam mengerjakan soal UP PPG kita harus bisa mengerjakan soal-soal PCK. Berikut materi PCK yang bisa dipelajari untuk mengikuti UP PP sesuai dengan kisi-kisi terbaru.

Indikator merupakan penanda pencapaian Kompetensi yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Adapun kriteria dalam merumuskan indikator:

  1. Indikator dirumuskan dalam bentuk perilaku yang dapat diukur tingkat keberhasilannya;
  2. Perilaku yang diukur itu berorientasi pada hasil belajar bukan pada proses belajar;
  3. Setiap satu indikator hanya mengandung satu perilaku;
  4. Perilaku dalam indikator harus signifikan dengan kompetensi utama.

Indikator ranah pengetahuan è Bloom Revision Anderson

  1. mengingat (remembering),
    yakni mengingat kembali suatu fakta atau gagasan;
  2. memahami (understanding),
    yaitu mampu menerjemahkan suatu konsep, kaidah, atau prinsip;
  3. menerapkan (applying),
    mampu memecahkan suatu masalah menggunakan metode, konsep, atau prosedur;
  4. menganalisis (analyzing),
    dapat mengenali, menguraikan, serta mengkritisi suatu struktur, bagian atau hubungan;
  5. mengevaluasi (evaluating),
    mampu menilai hasil karya, mutu suatu tulisan berdasarkan norma internal, dan
  6. mengkreasi (creating),
    yaitu dapat menghasilkan karangan, teori, klasifikasi, proposal, tulisan ilmiah, karya.

Indikator ranah sikap

Indikator ranah keterampilan

DAFTAR SEDERHANA

C1 mengerti KKO menyebutkan, menyimak, membaca, dll

C2 memahami KKO memahami, menjelaskan, menentukan ciri ciri, dll

C3 menerapkan KKO menentukan, mencontohkan, membuat, dll

C4 analisis KKO menganalisis, menelaah, mengurai, menentukan hubungan, memprediksi hubungan, merinci, menentukan sebab akibat dil

C5 evaluasi KKO menyimpulkan, membandingkan, mengevaluasi, menafsirkan dil

C6 mencipta KKO mengkontruksi, membuat, menemukan, merumuskan dll

Tujuan Pembelajaran

Penulisan tujuan pembelajaran sebaiknya memuat 2 komponen utama, yaitu kompetensi dan lingkup materi.

Contoh Capaian Pembelajaran:

Menganalisis hubungan antara kegiatan manusia dengan perubahan alam di permukaan bumi dan menarik kesimpulan penyebab-penyebab utamanya (akhlak kepada alam).

Catatan:

  • Kompetensi (kata kerja yang menunjukkan keterampilan/aksi) –> menganalisis, menarik kesimpulan
  • Konten (materi yang dipelajari) —> hubungan kegiatan manusia dengan perubahan alam (akhlak kepada alam)

Dalam merumuskan tujuan pembelajaran diusahakan harus memuat 4 hal yang biasa dikenal dengan singkatan ABCD.

  • A (audience) yaitu siswa atau peserta didik
  • B (behavior) yaitu kemampuan yang akan dicapai setelah mengikuti pembelajaran
  • C (condition) yaitu aktivitas yang akan dilakukan dalam pembelajaran
  • D (degree) yaitu tingkatan atau perilaku yang diharapkan

Contoh:

Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat zat cair melalui percobaan dengan benar.
Audience – Behavior – Condition – Degree

Siswa dapat menyebutkan anggota tubuh setelah melihat gambar dengan tepat.
Audience – Behavior – Condition – Degree

Melalui membaca teks dongeng, siswa dapat menyebutkan isi pesan dalam dongeng dengan benar.
Condition – Audience – Behavior – Degree

Melalui percobaan, siswa dapat menunjukkan kelebihan pesawat sederhana dengan tepat.
Condition – Audience – Behavior – Degree

Pendekatan merupakan sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran Terdapat berbagai macam pendekatan dalam pembelajaran meliputi: 1) Student-centered 2) Teacher-centered 3) Individual 4) Kelompok 5) Variasi individu dan kelompok 6) Edukatif 7) Pengalaman 8) Emosional 9) Rasional 10) Fungsional 11) Keagamaan 12) Kebermaknaan

Strategi merujuk pada sebuah perencanaan untuk capai tujuan. Beberapa strategi pembelajaran meliputi: 1) Inquiry learning, merupakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik 2) Expository learning/direct instruction, merupakan pembelajaran yang berpusat pada guru 3) Groups learning,merupakan pembelajaran yang berbentuk kelompok, diskusi, kerja kelompok 4) Individual learning, merupakan belajar mandiri, sesuai dengan karakter

Inquiry menekankan pada proses mencari atau penelitiannya, sedangkan discovery menekankan pada penemuannya.

Metode merupakan cara yang dapat digunakan untuk melaksanakan strategi. Beberapa metode pembelajaran adalah 1) Ceramah 2) Diskusi 3) Tanya jawab 4) Demonstrasi 5) Latihan 6) dsb

Model merupakan sintak pembelajaran meliputi pendekatan, strategi, metode. Di dalam model pembelajaran sudah terdapat sintak (langkah-langkah pembelajaran yang di dalamnya juga terdapat pendekatan, strategi, dan metode yang digunakan. Terdapat berbagai macam model pembelajaran seperti: model pembelajaran kooperatif, model blended learning, model problem-based learning, dan lain-lain

Menurut Gardner (2003) ada delapan macam kecerdasan:

  1. Kecerdasan Bahasa (verbal-linguistic intelligence)

Merupakan kecakapan berpikir melalui kata-kata, menggunakan bahasa untuk menyatakan dan memaknai arti yang kompleks. Intinya lebih menekankan pada kepekaan terhadap makna dan susunan kata (proses verbal).

  • Kecerdasan Logika Matematika (logical-mathematical intelligence)

Kecakapan untuk menghitung, mengkuantitatif, merumuskan proposisi dan hipotesis, serta memecahkan perhitungan matematis yang kompleks. Kecerdasan ini merupakan kemampuan untuk menangani relevansi/ argumentasi serta mengenali pola dan urutan (mengoperasikan angka-angka dan hitungan).

  • Kecerdasan Musikal (musical intelligence)

Kecakapan untuk menghasilkan dan menghargai musik, sensitivitas terhadap melodi, ritme, nada, tangga nada, menghargai bentuk-bentuk ekspresi musik.

  • Kecerdasan Kinestesis Tubuh (kinesthetic intelligence)

Kecakapan melakukan gerakan dan keterampilan kecekatan fisik seperti dalam olah raga, atletik, menari dan kecekatan tangan. Kecerdasan ini merupakan kemampuan untuk menggunakan tubuh dengan terampil dan memegang objek dengan cakap.

  • Kecerdasan Ruang Visual (visual-spatial intelligence)

Kecakapan berpikir dalam ruang tiga dimensi, merupakan kemampuan untuk mengindera dunia secara akurat dan menciptakan kembali atau mengubah aspek-aspek dunia tersebut (menguasai bentuk-bentuk tiga dimensi). Menyelesaikan masalah ruang diperlukan untuk navigasi dan dalam penggunaan sistem pencatatan peta.

  • Kecerdasan Naturalis

Kecerdasan Naturalis merupakan kemampuan untuk mengenali dan mengklasifikasi aneka spesies, flora dan fauna dalam lingkungan. Kecerdasan naturalis melibatkan kemampuan untuk mengamati pola-pola di alam dan memahami sistem alam dan sistem buatan manusia (ahli botani, ahli ekologi, ahli tanah).

  • Kecerdasan Interpersonal (interpersonal intelligence)

Kecakapan memahami dan merespon serta berinteraksi dengan orang lain dengan tepat, watak, temperamen, motivasi dan kecenderungan terhadap orang lain. Kecerdasan interpersonal merupakan kemampuan untuk memahami orang lain dan membina hubungan dengan orang lain.

Penilaian atau asesmen sumatif pada jenjang pendidikan dasar dan menengah bertujuan untuk menilai pencapaian tujuan pembelajaran dan/atau Capaian Pembelajaran (CP) murid, sebagai dasar penentuan kenaikan kelas dan/atau kelulusan dari satuan pendidikan. Penilaian pencapaian hasil belajar murid dilakukan dengan membandingkan pencapaian hasil belajar murid dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.

Penilaian atau asesmen formatif bertujuan untuk memantau dan memperbaiki proses pembelajaran, serta mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran. Sesuai dengan tujuannya, asesmen formatif dapat dilakukan di awal dan di sepanjang proses pembelajaran. Melalui asesmen ini, guru dapat mengidentifikasi kebutuhan belajar murid, hambatan atau kesulitan yang mereka hadapi, serta untuk mendapatkan informasi perkembangan murid. Informasi tersebut kemudian dijadikan umpan balik baik bagi murid maupun guru.

Demikian pendalaman materi PCK yang bisa dipelajari untuk persiapan mengikuti UP PPG. Semoga bermanfaat

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad