Kotaku
Home Pendidikan Mengenal Apa itu Numerasi, Pengertian, Contoh Soal dan 6 Manfaatnya!

Mengenal Apa itu Numerasi, Pengertian, Contoh Soal dan 6 Manfaatnya!

pexels photo 8088093

Kotaku.id – Apa itu Numerasi? Pelajaran Matematika terkenal sebagai pelajaran horor yang menakutkan para siswa. Dari siswa Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah banyak yang tidak menyukai pelajaran ini. Hal ini mungkin karena dalam pelajaran Matematika banyak menggunakan rumus yang memusingkan kepala. Banyaknya angka angka yang harus dihitung dengan cara yang berbeda-beda juga menjadi salah satu penyebabnya.

Padahal pelajaran menghitung sangat bermanfaat bukan hanya di bangku sekolah saja, namun juga sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti pelajaran Numerasi yang memang sudah diterapkan sejak di bangku Sekolah Dasar. Dengan pelajaran ini, para siswa akan belajar mengenal angka sejak dini. Bukan hanya bisa menghitung angka dalam pelajaran saja, namun juga bisa menghitung uang dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi apa itu Numerasi? Yaitu kemampuan yang dibutuhkan agar seseorang tepat dalam menghitung, baik itu menghitung pelajaran, menghitung uang, dan menghitung belanjaan. Selain itu, juga kemampuan untuk menghitung jumlah suatu benda, kemampuan untuk mengukur tinggi badan dan berat badan dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun sebenarnya pengertiannya mencakup lebih luas lagi, antara lain berikut ini.

Pengertian Numerasi

Pengertian apa itu Numerasi secara umum adalah kemampuan untuk menerapkan konsep bilangan dan ketrampilan berhitung dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan dalam menerapkan Matematika dasar untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari hari untuk menginterpretasikan informasi kuantitatif yang ada di sekitar kita. Dan kemampuan ini bisa dibuktikan dengan adanya rasa nyaman terhadap bilangan.

Serta kepandaian dalam mengaplikasikan ketrampilan matematika. Ketrampilan tersebut dapat juga merujuk pada pemahaman dan apresiasi secara matematis, misalnya melalui tabel, bagan atau grafik.

1.Apa Itu Numerasi Menurut Para Ahli?

Berikut ini adalah pengertian apa itu Numerasi menurut berbagai sumber yang terpercaya.

  • Menurut Modul Literasi Numerasi di Sekolah Dasar Kemdikbud dan menurut jurnal di laman resmi Kemdikbud. Apa itu Numerasi adalah ketrampilan dan pengetahuan yang berkaitan dengan pemahaman simbol, angka, dan analisis informatif kuantitatif.
  • Menurut Qasim, Kadir dan Awaludin (Se2015), dalam Programme for International Students Assessment. Pengertian apa itu Numerasi adalah kemampuan siswa yang ditunjukkan dalam bentuk terampil menganalisis, memecahkan masalah dan memberikan alasan. Serta menyampaikan ide secara efektif untuk merumuskan dan menginterpretasikan masalah Matematika dalam berbagai situasi dan bentuk.
  • Menurut Cockroft WH (1982). Apa itu Numerasi adalah kemampuan seseorang dalam menggunakan angka yang ditujukan untuk memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari hari.
  • Sedangkan menurut Han dkk dalam Materi Pendukung Literasi Numerasi, menyatakan ketrampilan Numerasi meliputi kemampuan menggunakan angka, simbol. Dan hal hal yang berkaitan dengan masalah sehari hari. Kemudian yang kedua adalah kemampuan untuk menelaah informasi sebagai upaya mengambil keputusan.
  • Dan menurut Susanto dkk (2017), kemampuan Numerasi merupakan kemampuan untuk menerapkan konsep bilangan dan ketrampilan operasi hitung dalam kehidupan sehari hari. Misalnya di rumah, pekerjaan dalam kehidupan masyarakat, dan kemampuan untuk menjelaskan suatu informasi yang terdapat di sekitar kita.
  • Sedangkan Geiger, Good dan Forgaz (2015). Berpendapat bahwa apa itu Numerasi merupakan istilah yang biasa digunakan untuk mengidentifikasi pengetahuan dan kemampuan yang dibutuhkan untuk mengakomodasi tuntutan Matematika. Dalam kehidupan pribadi dan sosial juga untuk berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat, sebagai warga negara yang terinformasi, reflektif dan berkontribusi.

2. Pentingnya Literasi Numerasi

Sangat penting bagi siapa pun untuk mengetahui apa itu Numerasi dan memiliki kemampuan dan bisa menguasai Literasi Numerasi. Hal ini sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari hari. Berikut ini adalah beberapa manfaat atau pentingnya Literasi Numerasi, khususnya bagi peserta didik.

  • Numerasi sangat penting sebagai pengetahuan dan juga kecakapan dalam melakukan perencanaan dan pengelolaan kegiatan dengan baik.
  • Sangat penting untuk melakukan perhitungan dan penafsiran terhadap data yang ada dalam kehidupan sehari hari.
  • Numerasi juga sangat penting untuk mengambil keputusan yang tepat di dalam setiap aspek kehidupannya.
  • Literasi Numerasi juga dianggap sebagai kecakapan hidup sehingga membantu seseorang dalam memecahkan permasalahan sehari hari. Baik itu di sekolah, rumah, pekerjaan maupun di lingkungan sosial.

3. Cara Meningkatkan Literasi Numeras

Setelah Anda mengetahui apa itu Numerasi, maka selanjutnya adalah beberapa cara atau strategi yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan Literasi Numerasi. Antara lain berikut ini.

  1. Menggabungkan kata dengan angka di dalam percakapan. Misalnya ketika Anda menyajikan informasi numerik, seperti jumlah atau rasio. Usahakan menghindari kata kata yang langka, rendah atau umum karena memiliki arti berbeda bagi setiap orang, sehingga muncul ambiguitas.
  2. Menyediakan sarana yang berpengaruh dalam perkembangan Numerasi. Strategi bisa Anda terapkan di sekolah, seperti misalnya menyediakan fasilitas ruang berkarya dan interaksi Numerasi.
  3. Membangun lingkungan yang mendukung Growth Mindset tentang Numerasi. Yaitu pemikiran bahwa Numerasi merupakan ketrampilan dasar yang wajib dimiliki setiap orang, bukan hanya pelajar saja.
  4. Menekankan pentingnya proses pemodelan dan penalaran saat memecahkan masalah. Konsep ini berlaku untuk mata pelajaran Matematika maupun non Matematik. Artinya penerapan Numerasi dalam lintas kurikulum dan semua mata pelajaran.
  5. Diterapkan melalui program sekolah, salah satunya adalah program Numerasi dini bagi peserta didik PAUD dan TK. Tentunya program ini harus komprehensif dan sesuai dengan target peserta kompetensi.
  6. Dengan melakukan permainan, misalnya dalam permainan teka teki. Meski cara ini sangat luas dan beragam, namun dengan menggunakan permainan ini, maka seseorang memiliki dorongan ketertarikan pada angka. Sehingga mampu meningkatkan Literasi Numerasinya.

4. Contoh Soal Numerasi

Berikut ini adalah salah satu contoh Numerasi yang mudah. Misalnya dalam suatu gedung terdapat 9 baris kursi. Pada baris pertama terdapat 8 kursi, baris kedua 12 kursi, baris ketiga 11 kursi, baris keempat 15 kursi dan baris kelima ada 14 kursi. Dan seterusnya mengikuti pola yang sama. Pertanyaannya : Berapa jumlah kursi yang terdapat di baris terakhir atau baris ke 9?

Jawabannya : 20

Soal ini menggunakan pola bilangan tingkat 2 dengan selisih +3. Dan Anda dapat menghitungnya secara manual, dan jawabannya pada barisan ke 9 terdapat 20 kursi.

Demikian tadi mengenal apa itu Numerasi, pengertian Numerasi menurut para ahli, pentingnya Numerasi dan juga 6 cara atau strategi meningkatkan Numerasi. Dengan menerapkan Literal Numerasi mulai usia PAUD, TK, dan juga SD akan dapat menanamkan ketertarikan siswa terhadap angka dan simbol sejak dini.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad