Kotaku
Home Pendidikan Untuk Guru 8 Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa untuk Sukseskan Pembelajaran

8 Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa untuk Sukseskan Pembelajaran

classroom 7874429 1280 1

Bagaimana cara meningkatkan motivasi belajar siswa? Motivasi belajar merupakan kunci utama dalam keberhasilan pembelajaran. Saat siswa memiliki motivasi yang tinggi, mereka akan cenderung lebih fokus, tekun, dan mempunyai semangat tinggi untuk belajar.

Namun, dalam meningkatkan motivasi belajar merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi guru. Apalagi menghadapi keberagaman siswa, guru harus menerapkan cara-cara yang efektif. Berikut Ini adalah beberapa tips meningkatkan motivasi belajar siswa.

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Berikut ini adalah tips cara meningkatkan motivasi belajar siswa, yang dapat dilakukan guru dalam memajukan dan mengembangkan pembelajaran yang lebih efektif.

Buat Siswa Lebih Aktif

Strategi guru dalam mendorong motivasi siswa untuk belajar adalah dengan membuat siswa lebih aktif. Siswa yang aktif akan memiliki semangat tinggi untuk belajar dan memahami topik pembelajaran. Oleh karena itu banyak strategi pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa.

Melakukan Variasi Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran yang monoton akan membuat siswa lebih mudah bosan dan kehilangan fokus. Sehingga guru harus memiliki banyak variasi metode dalam mengajar. Guru jangan hanya menggunakan metode ceramah, tetapi juga dapat diselingi dengan metode seperti praktikum, diskusi, atau discovery.

Menghubungkan Topik Pelajaran dengan Dunia Nyata

Cara meningkatkan motivasi belajar siswa selanjutnya adalah dengan mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari, hal ini dapat membuat siswa lebih tertarik dengan pelajaran tersebut, sehingga mereka dapat melihat langsung penerapan yang ada, dan meningkatkan motivasi belajar siswa.

Menciptakan Suasana Kompetensi

Pada dasarnya siswa suka berkompetensi dengan siswa lainnya. Kompetensi yang sehat dapat mendorong semangat dan motivasi belajar siswa. Siswa akan membuat dirinya terbaik dari sebuah kompetensi. Kompetensi juga dapat menyulut semangat siswa untuk memenangkan sesuatu. Guru dapat membuat kompetensi sederhana seperti cerdas cermat, dan memberikan reward untuk memancing ketertarikan siswa.

Manfaatkan Media Pembelajaran

Dalam memberikan pembelajaran tidak cukup jika hanya menggunakan metode konvensional saja, seperti menenangkan dan ceramah. Guru harus dapat menggunakan dan memanfaatkan media pembelajaran dengan baik. media pembelajaran dapat berupa gambar, video, aplikasi atau media linn. Sebaiknya menggunakan media pembelajaran yang interaktif, sehingga siswa juga debat aktif dalam pembelajaran.

Jaga Lingkungan Belajar Positif

Lingkungan belajar yang tidak kondusif akan membuat siswa tidak nyaman melakukan rangkaian proses pembelajaran. Sehingga cara meningkatkan motivasi siswa salah satunya adalah dengan membuat lingkungan belajar yang positif. Kelas yang nyaman adalah yang bersih rapi dan ramah. Guru dapat mengembangkan lingkungan positif dengan memberikan contoh baik dalam berperilaku dan bertutur kata dengan siswa. 

Berikan Waktu Istirahat Sejenak

Ada kalanya saat mengajar guru dapat memberikan break sejenak, antara 3 atau 5 menit di tengah-tengah pembelajaran. Pada tengah-tengah pembelajaran biasanya siswa sudah mulai bosan dan jenuh, maka guru dapat memberikan istirahat sejenak. Hal ini agar siswa dapat kembali fokus untuk memperhatikan pelajaran kembali. Guru juga dapat memberikan ice breaking jika memang dibutuhkan, atau saat kondisi kelas mulai tidak kondusif.

Berikan Motivasi Langsung

Motivasi belajar juga dapat ditingkatkan melalui pemberian motivasi secara langsung. Siswa akan mendengar penjelasan guru secara langsung. Pemberian motivasi ini dapat dijadikan selingan saat proses pembelajaran berlangsung. Guru dapat memberikan waktu sharing, atau menceritakan kisah motivasi. Guru juga dapat memberikan motivasi setiap memulai pembelajaran dengan menggunakan media seperti video atau gambar.

Jenis Motivasi Belajar

Setelah mempelajari bagaimana cara meningkatkan motivasi belajar siswa, tidak ada salahnya untuk memahami kembali apa itu motivasi belajar. Kata motivasi berasal dari kata movere, yang artinya adalah dorongan diri sendiri untuk mencapai sesuatu yang dikehendaki.

Motivasi belajar siswa berarti adalah dorongan atau faktor yang dapat membuat siswa mencapai tujuan belajar. Dengan adanya motivasi belajar ini siswa akan terus belajar dengan semangat tanpa adanya paksaan.

Cara menumbuhkan motivasi belajar memang tergantung dengan diri siswa itu sendiri, mengingat setiap siswa memiliki karakter dan kepribadian masing-masing.

Jenis motivasi belajar dibedakan menjadi dua yaitu motivasi belajar intrinsik dan motivasi belajar ekstrinsik.

  • Motivasi belajar intrinsik, adalah dorongan yang berasal dari siswa itu sendiri untuk belajar. Motiasi ini berkiatiana dengan keinginan siswa untuk mencapai suatu tujuan, sepetri mendapat nilai 90, masuk perguruan tinggi, memebaggakan ornag tuan, atau mendapat juara satu.
  • Motivasi belajar ekstrinsik, adalah dorongan yang berasal dari luar, seperti lingkungan siswa, misal siswa akan mendapat hadiah jika berprestasi, atau terpengaruh teman, dan mengikuti saran guru dan lain sebagianya.

Kesimpulan

Motivasi belajar adalah suatu dorongan yang membuat siswa belajar tanpa paksaan. Motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan melalui berbagai cara antara lain adalah dengan membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran, menggunakan variasi metode pembelajaran, menghubungkan pelajaran dengan dunia nyata, menciptakan suasana kompetensi, memanfaatkan media pembelajaran, menjaga lingkungan belajar positif, dan memberikan waktu istirahat. Sedangkan jenis motivasi belajar dapat berasal dari dua hal yakni motivasi belajar intrinsik yang berasal dari diri siswa sendiri dan motivasi belajar ekstrinsik yang berasal dari luar seperti lingkungan.

Demikian adalah penjelasan tentang cara meningkatkan motivasi belajar siswa, yang dapat dilakukan guru.  

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad