Kotaku
Home Pendidikan Untuk Guru Berikut Ini Contoh Rukol Modul 3.2 Calon Guru Penggerak (CGP) 2024

Berikut Ini Contoh Rukol Modul 3.2 Calon Guru Penggerak (CGP) 2024

Berikut Ini Contoh Rukol Modul 3.2 Calon Guru Penggerak CGP 2024

Kotaku.id – Berikut Ini Contoh Rukol Modul 3.2 Calon Guru Penggerak (CGP). Jika Anda ingin simak seperti apa contoh Rukol Modul 3.2 dalam program Guru Penggerak, maka Anda bisa simak ulasan dibawah ini secara lengkap.

Sebagaimana yang Anda ketahui bahwa Ruang Kolaborasi (Rukol) terbagi ke dalam dua tahapan yakni ada forum diskusi 1 dan forum diskusi 2.

Masing-masing forum ini terdiri atas beberapa kelompok CGP (Calon Guru Penggerak) yang mana dengan tujuan pembelajaran khusus dan tagihan tugas yang harus terselesaikan. Kemudian akan diunggah dalam LMS (Learning System Management).

Adapun di dalam forum diskusi 1 mempunyai durasi waktu 3 JP dan menggunakan moda sinkronus lewat google meet.

Tujuannya yaitu Calon Guru Penggerak bisa mengidentifikasi berbagai macam sumber daya di daerah untuk sekolahnya dan strategi pemanfaatan dengan efektif.

Simulasi Ruang Kolaborasi Forum Diskusi 1

Simulasi dalam sesi Rukol Modul 3.2 secara umum terbagi ke dalam 3 tahapan. Adapun, simulasi ruang kolaborasi forum diskusi 1 yakni sebagai berikut:

  1. Silahkan buat kelompok yang terdiri dari 3-4 anggota. Masing-masing kelompok terdiri dari guru dengan jenjang yang berbeda tapi berasal dari daerah yang sama dan berdekatan. Kemudian tentukan daerah sesuai dengan kondisi lingkungan yang serupa dalam masing-masing peserta CGP.
  2. Berdasarkan pada masing-masing sumber daya tersebut, setiap kelompok nantinya akan membuat identifikasi aset/modal apa yang dimiliki oleh daerahnya kemudian menuliskan apa atau bagaimana pemanfataannya.

Bentuk atas tagihan tugas yakni berupa hasil pemetaan atau identifikasi seluruh aset bisa dalam bentuk poster, table, mind map, dan lain sebagainya. Lalu, setelah itu dilanjutkan dengan Sesi Rukol forum diskusi 2 yakni dalam waktu 3 JP (135 menit).

Nah, pada sesi ini, CGP akan memaparkan hasil pemetaan yang sebelumnya telah dikerjakan secara kolaboratif dengan CGP lainnya.

Berikut ini merupakan contoh simulasi belajar untuk forum diskusi 2:

1. Setiap kelompok nantinya akan mempresentasikan hasil identifikasi aset/modal.

2. Setiap kelompok akan memberikan umpan balik pada presentasi kelompok lain.

3. Poin-poin yang akan menjadi pertanyaan dalam umpan balik adalah:

  • hal paling menarik yang telah ditemukan,
  • hal yang paling ingin diketahui secara lebih lanjut lagi
  • hal yang mungkin tidak berhubungan dengan aset sumber yang sedang didiskusikan.
  • Forum diskusi dilakukan dengan menggunakan platform yang memungkinkan semua peserta bertatap muka

Contoh Rukol Modul 3.2 Calon Guru Penggerak

Tujuan Pembelajaran Khusus:

CGP mengidentifikasi berbagai sumber daya di daerah untuk sekolahnya lengkap dengan strategi pemanfaatannya secara efektif.

Pemetaan Aset Daerah dalam Pengelolaan Sumber Daya

1. Modal  Manusia

a. Guru

  • Guru Profesional (S1 dan S2) (Mita, Annisa)
  • Guru juara guru berprestasi dan berdedikasi (Annisa, Siska)
  • Guru juara melukis dan puisi (Mita)
  • Guru sebagai Instruktur (Siska)
  • Guru kreatif dan inovatif (Mita, Annisa, Siska)

b. Murid

  • Heterogen dengan berbagai macam potensi baik akademik ataupun non akademik (Mita, Annia, Siska)
  • Murid Juara Melukis dan Mewarnai.
  • Juara 1 KSN Mtk,
  • Juara FLS2N Tari, poster

c. Orang tua dan Komite Yang setia dalam mendukung kebijakan sekolah dan PBM yang berpihak pada murid

d. Tenaga Kependidikan (bidang Kesiswaan, bidang Kepegawaian, Pustakawan, OPS, bidang Sapras, kesenian, Kebersihan)

2. Modal Sosial

  • Aturan sekolah yang tegas untuk bisa menanamkan kedispilinan
  • PGRI, MGMP, gugus serta IGTKI (Forum Berbagi untuk bisa meningkatkan kompetensi)
  • Perguruan pencak silat
  • Komunitas keagamaan (Pondok pesantren, majlis ta’lim)
  • Masyarakat sekitar lingkungan petani dan konveksi
  • Parenting

3. Modal Fisik

  • Masjid
  • Laboratorium Ipa
  • Laboratorium Komputer
  • Ruang Keorganisasan (, Pramuka, Paskibra, OSIS, PMR dan PMR)
  • Ruang kelas yang menampung semua peserta didik
  • Sarana prasarana yang memadai
  • Lapangan Upacara dan Olah Raga
  • tenaga kependidikan, Toilet murid, guru, kepala sekolah yang terpisah
  • Sumber air / sumur

4. Modal Lingkungan Alam

  • Udara Masih segar karena berada di lingkungan daerah dataran tinggi dan persawahan
  • Kolam ikan
  • Kebun sekolah
  • Lahan masih luas dan hijau
  • Sekolah yang bersih
  • Pertanian dan perkebunan
  • Taman sekolah

5. Modal Finansial

  • Dana Bos
  • Koperasi sekolah, Guru dan peserta didik
  • Kebun sekolah
  • BOPD
  • Tabungan
  • BOP

6. Modal Politik

  • Pemerintahan daerah yang proaktif dan responsive kepada sekolah
  • Rapat rutin yang diadakan setiap bulan sebagai wadah aspirasi dan inspirasi bagi setiap warga sekolah
  • Keamanan (Polisi)

7. Modal Agama dan Buadaya

  • Banyak lembaga keagamaan (Pondok Pesantren, Majlis Taklim, Madrasah)
  • Tokoh agama
  • Perayaan Hari besar Agama
  • Budaya berbagi untuk menumbuhkan empati

 

Salam Bahagia dan merdeka

 

Salam Guru Penggerak

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengnai Contoh Rukol Modul 3.2 Calon Guru Penggerak (CGP) 2024. Semoga contoh diatas bisa bermanfaat bagi Anda para Calon Guru Penggerak 2024.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad