Kotaku
Beranda Pendidikan Untuk Guru Berikut Ini Contoh Format Laporan Wali Kelas di PMM

Berikut Ini Contoh Format Laporan Wali Kelas di PMM

Berikut Ini Contoh Format Laporan Wali Kelas di PMM

Kotaku.id – Berikut ini adalah contoh format laporan wali kelas di PMM yang perlu Anda ketahui, berikut ini penjelasannya!

Wali kelas merupakan seorang guru yang memiliki tanggung jawab utama dalam membina, mengawasi, serta membimbing siswa di dalam kelasnya. 

Tugasnya adalah melibatkan penyelenggaraan administrasi kelas, mengidentifikasi kelemahan selama menjadi wali kelas, membimbing para siswa dalam membentuk disiplin, dan berperan aktif sebagai manajer dan motivator guna meningkatkan semangat belajar. 

Pengawasan pada kehadiran siswa dan prestasi akademik juga menjadi salah satu fokusnya. Wali kelas sebagai pemegang peran kritis diharapkan dapat menjalin hubungan positif dengan para siswa dan orang tua. 

Adapun, tugas tambahan dari wali kelas yakni mencakup penyusunan program kerja yang mana akan melibatkan rencana pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, serta aspek lainnya. Hal ini pada umumnya berlaku untuk jenjang SMP, SMA, dan SMK, bersamaan dengan variasi kebijakan di jenjang SD.

Berikut ini adalah fomat laporan wali kelas di PMM yang tepat sesuai dengan aturan yang berlaku. Yuk simak!

Contoh Format Laporan Wali Kelas di PMM

Berikut Ini Contoh Format Laporan Wali Kelas di PMM
Berikut Ini Contoh Format Laporan Wali Kelas di PMM 14

Logo Sekolah

Laporan Guru Wali Kelas

[Nama Sekolah]

[Tahun Ajaran]

1. Identitas Guru

Nama : [Nama Lengkap]

NIP : [Nomor Induk Pegawai]

Jabatan : Guru Wali Kelas

Mata Pelajaran : [Jika Ada]

2. Tugas Pokok

a. Membina kepribadian dan budi pekerti para siswa

b. Menjalin hubungan baik dengan siswa beserta orang tua/wali siswa

c. Mengawasi dengan baik kehadiran siswa dan prestasi akademik siswa

d. Menyusun program kerja wali kelas

e. Menyampaikan informasi kepada para siswa dan kepada orang tua/wali siswa

3. Kegiatan yang Dilakukan

a. Membina kepribadian dan budi pekerti psiswa lewat kegiatan pembinaan karakter

b. Menjalin hubungan baik dengan para siswa beserta orang tua/wali siswa lewat pertemuan orang tua dan kegiatan lainnya

c. Mengawasi kehadiran siswa dan prestasi akademik siswa lewat absensi dan rapor

d. Menyusun program kerja wali kelas yang mana mencakup rencana pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, dan lain sebagainya

e. Menyampaikan informasi kepada para siswa dan orang tua/wali siswa lewat surat, pesan singkat, dan media sosial

4. Kendala dan Hambatan

[Tuliskan Jika Ada]

5. Rekomendasi atau Usulan

[Tuliskan Jika Ada]

Hormat saya,

[Tanda Tangan]

[Nama Lengkap]

Guru Wali Kelas

Penjelasan Tugas Pokok dari Wali Kelas

Setelah Anda mengetahui format laporan wali kelas di PMM, Anda juga perlu mengetahui tugas pokok dari guru wali kelas. Berikut ini adalah pembahasannya.

Guru wali kelas mempunyai tanggung jawab utama untuk bisa membina kepribadian dan budi pekerti siswa, harus menjalin hubungan baik dengan siswa dan orang tua/wali siswa, wajib mengawasi kehadiran siswa dan prestasi akademik para siswa, melakukan penyusunan program kerja wali kelas, dan menyampaikan informasi kepada siswa dan juga orang tua/wali siswa. Berikut ini adalah penjelasan tugas pokok guru wali kelas yang perlu dipahami.

  • Membina Kepribadian dan Budi Pekerti Siswa. Guru wali kelas memiliki tanggung jawab untuk membina kepribadian dan budi pekerti para siswa melalui kegiatan pembinaan karakter. Hal ini bisa dilakukan mencakup kegiatan moral dan spiritual yang mampu membentuk sikap dan perilaku positif siswa.
  • Menjalin Hubungan Baik dengan Siswa dan juga Orang Tua/Wali Siswa. Guru wali kelas wajib menjalin hubungan baik dengan siswa dan pra orang tua/wali siswa. Hal ini bisa dilakukan melalui pertemuan orang tua, kegiatan rutin di luar kelas, serta komunikasi terbuka untuk bisa membangun kolaborasi yang positif dalam mendukung perkembangan para siswa.
  • Mengawasi Kehadiran Siswa dan Prestasi Akademik. Guru wali kelas juga memiliki tanggung jawab untuk mengawasi kehadiran siswa dan juga prestasi akademik mereka. Hal ini yakni mencakup pencatatan absensi dan evaluasi hasil belajar siswa lewat rapor. Monitoring ini dapat membantu mendeteksi potensi masalah serta memberikan respons yang dibutuhkan.
  • Menyusun Program Kerja Wali Kelas. Guru wali kelas juga harus menyusun program kerja yang mana mencakup rencana pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, serta aspek lainnya yang  mampu mendukung pembentukan karakter siswa. Program ini wajib selaras dengan visi dan misi sekolah dan juga kebutuhan kelas.
  • Menyampaikan Informasi kepada Siswa dan juga Orang Tua/Wali Siswa. Komunikasi efektif merupakan kunci dalam peran guru wali kelas. Guru harus menyampaikan informasi terbaru tentang perkembangan siswa lewat surat, pesan singkat, dan media sosial yang bisa menjadi jembatan antara sekolah dan juga keluarga.

Kesimpulan

Format laporan wali kelas di PMM bukanlah dikenal sebagai sekadar catatan administratif, akan tetapi juga mencerminkan komitmen, khususnya dalam membentuk karakter dan memberikan pengaruh positif pada kehidupan siswa. 

Dengan menjalankan tugas pokoknya bersamaan dengan penuh tanggung jawab, guru wali kelas bisa memberikan kontribusi secara signifikan. Khususnya, mendukung pembelajaran dan juga pembentukan karakter siswa di lingkungan sekolah.

Demikian pembahasan tentang contoh format laporan wali kelas di PMM. Semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan membantu Anda.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan