Kotaku
Home Cpns dan PPPK Tips Menghitung Nilai SKD-SKB untuk Lolos CPNS 2023

Tips Menghitung Nilai SKD-SKB untuk Lolos CPNS 2023

Kotaku.id Tips Menghitung Nilai SKD-SKB untuk Lolos CPNS 2023 – Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS 2023 dijadwalkan untuk dimulai pada tanggal 3 Desember 2023. Proses SKB CPNS 2023 terbagi menjadi dua metode, yaitu menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) dan non-CAT. Pelaksanaan tes ini akan berlangsung mulai dari tanggal 3 Desember 2023 dan dijadwalkan akan selesai pada tanggal 22 Desember 2023.

Adapun syarat kelulusan tes SKB CPNS 2023 didasarkan pada perhitungan nilai gabungan antara tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 27 Tahun 2021.

Penjelasan lebih lanjut menyebutkan bahwa peserta yang ingin lolos harus mencapai bobot nilai Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) sebanyak 60% dan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sebanyak 40% dari total nilai keseluruhan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023. Sementara itu, dalam ketentuan ambang batas nilai SKB CPNS, peserta diharapkan dapat memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Nilai untuk Sistem Computer Assisted Test (CAT) Instansi Pusat

Nilai untuk Sistem CAT Instansi Pusat
Nilai untuk Sistem CAT Instansi Pusat

Sistem Computer Assisted Test (CAT) pada Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) merupakan komponen penilaian yang memiliki nilai utama, dengan bobot nilai terendah mencapai 50% dari total nilai Seleksi Kompetensi Bidang secara keseluruhan. Seiring dengan itu, tes tambahan berupa wawancara diberikan porsi bobot nilai yang lebih tinggi, mencapai 30% dari total nilai Seleksi Kompetensi Bidang untuk memberikan penekanan pada aspek interaktif dan kemampuan verbal kandidat.

Selain itu, terdapat tes tambahan lainnya, yakni uji penambahan nilai dari sertifikat kompetensi, yang mendapatkan bobot nilai tertinggi sebesar 20% dari nilai Seleksi Kompetensi Bidang keseluruhan. Hal ini bertujuan untuk mengakui dan menilai kompetensi tambahan yang dimiliki oleh para pelamar, memberikan dimensi lebih luas dalam proses seleksi.

Nilai untuk Sistem Computer Assisted Test (CAT) Instansi Daerah

Apabila kita membahas proses seleksi CPNS 2023 pada tingkat Instansi Daerah, terutama untuk jabatan yang bersifat teknis, perlu dipahami bahwa penilaian dilakukan melalui Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Dalam konteks ini, terdapat dua aspek penilaian utama yang menjadi fokus, yaitu nilai utama dan nilai tambahan dalam Seleksi Kompetensi Bidang.

Pertama-tama, nilai utama memiliki bobot sebesar 60% dari total nilai Seleksi Kompetensi Bidang. Bobot ini mencerminkan signifikansi dan kontribusi besar dari nilai utama terhadap penilaian keseluruhan. Dalam konteks teknis, aspek-aspek tertentu yang relevan dengan jabatan tersebut menjadi sorotan utama dalam penilaian.

Kedua, nilai tambahan pada Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) memiliki bobot tertinggi, yakni sebesar 40% dari total nilai Seleksi Kompetensi Bidang. Hal ini menunjukkan pentingnya aspek tambahan yang mungkin mencakup keterampilan khusus, pengalaman kerja, atau pencapaian tambahan yang dapat memperkaya profil calon pegawai.

Dengan pemahaman ini, dapat disimpulkan bahwa penilaian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS tahun 2023 pada tingkat Instansi Daerah tidak hanya memperhatikan aspek teknis yang mendasar, tetapi juga memberikan nilai tambahan untuk mencerminkan keunggulan dan kontribusi khusus dari setiap calon pegawai. Pendekatan ini diharapkan dapat menciptakan seleksi yang lebih holistik dan mempertimbangkan berbagai aspek yang relevan dengan tugas dan tanggung jawab jabatan yang bersangkutan.

Cara Menghitung Nilai SKD-SKB CPNS 2023

Cara Menghitung Nilai SKD-SKB CPNS 2023
Cara Menghitung Nilai SKD-SKB CPNS 2023

Berdasarkan hasil uji CPNS tahun 2021, metode perhitungan nilai akhir Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2023 dapat dijelaskan sebagai berikut. Skor maksimal yang dapat diperoleh baik pada tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) maupun Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) adalah sebesar 550. Oleh karena itu, untuk menghitung integrasi nilai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan SKB CPNS, diterapkan rumus sebagai berikut:

  • Skor Keseluruhan Dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD): Nilai kumulatif SKD dibagi oleh nilai maksimal SKD, kemudian hasilnya dikalikan dengan 40 persen dan dikurangi dari 60 persen.
  • Skor Keseluruhan Dalam Seleksi Kompetensi Bidang (SKB): Nilai kumulatif SKB dibagi oleh nilai maksimal SKB, lalu hasilnya dikalikan dengan 60 persen.

Untuk mendapatkan nilai akhir atau integrasi dari SKD dan SKB, digunakan rumus berikut:

Nilai Akhir/Integrasi SKD dan SKB = (40 persen dari nilai SKD + 60 persen dari nilai SKB) dikalikan dengan skala nilai 100. Sebagai ilustrasi, misalkan individu A memiliki nilai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sebesar 400 dan nilai SKB sebesar 350. Proses perhitungan nilai akhir untuk A adalah sebagai berikut:

  • Skor SKD = 400/550 x 40 persen = 0,2909
  • Skor SKB = 350/550 x 60 persen = 0,3818
  • Nilai Akhir = (0,2909 + 0,3818) x 100 = 67,27.

Dengan demikian, nilai akhir ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2023 untuk individu A adalah sebesar 67,27.

Tips Lolos Cpns 2023

1.      Pahami Format dan Materi Soal CPNS 2023

Sebelum memulai persiapan, pahami dengan baik format dan materi soal CPNS 2023. Perhatikan pola soal SKD dan SKB, serta perubahan signifikan dalam kurikulum atau kebijakan terkait.

2.      Jadwal dan Rencana Studi yang Tepat

Buat jadwal studi yang terstruktur dan sesuaikan dengan kebutuhan. Prioritaskan materi yang dianggap sulit dan alokasikan waktu lebih banyak pada poin-poin tersebut.

3.      Manfaatkan Sumber Belajar yang Diversifikasi

Jangan terpaku pada satu sumber belajar saja. Manfaatkan buku, video tutorial, aplikasi e-learning, dan sumber belajar online untuk mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif.

4.      Latihan Soal Secara Rutin

Melalui latihan soal secara rutin, Anda dapat mengasah kemampuan dan memahami pola soal yang mungkin muncul. Gunakan buku-buku latihan atau platform online yang menyediakan simulasi ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023.

5.      Perhatikan Kemampuan Manajemen Waktu

Ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) seringkali memiliki batasan waktu yang ketat. Latih kemampuan manajemen waktu Anda dengan mengerjakan soal-soal dalam batasan waktu yang telah ditentukan.

6.      Bergabung dalam Kelompok Belajar atau Forum Diskusi

Bergabung dengan kelompok belajar atau forum diskusi online dapat memberikan tambahan wawasan, strategi, dan dukungan dari sesama peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023. Tanyakan pertanyaan, saling berbagi tips, dan evaluasi bersama.

7.      Pantau Informasi Terkini dan Perubahan Kebijakan

Pantau terus informasi terkini terkait Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023, termasuk perubahan kebijakan, jadwal ujian, dan petunjuk resmi. Hal ini dapat membantu Anda dalam menyusun strategi persiapan yang lebih terarah.

Yakinlah bahwa Anda dapat lolos Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2023. Tetap semangat, konsisten, dan percayalah pada kemampuan diri sendiri! Sukses selalu!

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad