Kotaku
Home Pendidikan Untuk Guru Tips Mengajar Matematika untuk Anak SD Mudah Dipahami

Tips Mengajar Matematika untuk Anak SD Mudah Dipahami

Bagaimana tips mengajar matematika yang menyenangkan dan mudah dipahami pada jenjang Sekolah dasar? Matematika menjadi pelajaran yang sering dianggap sulit dan menakutkan oleh siswa. Dalam mengajar matematika  untuk jenjang SD, siswa akan lebih memahami materi yang disampaikan jika guru menggunakan cara mengajar menyenangkan dan interaktif.

Untuk mengajar matematik pada anak SD memang tidak mudah, tetapi ada beberapa tips yang dapat dilakukan oleh guru.

Tips Mengajar Matematika SD

Matematika memang sering menjadi momok bagi siswa, sehingga banyak siswa yang kesulitan untuk mempelajari, memahami dan mendeskripsikan materi pelajaran. Hal tersebut kemudian membuat siswa membenci matematika dan mereka akan enggan serta malas untuk belajar. Untuk mengembalikan motivasi siswa dalam belajar matematika tersebut, guru perlu membuat suasana belajar menyenangkan.

Suasana belajar yang menyenangkan akan membuat siswa termotivasi dalam belajar kembali. Kemudian untuk mengetahui tips mengajar matematika, guru dapat menggunakan beberapa cara berikut ini.

Kuasai Materi dengan Baik

Sebelum menerapkan berbagai teknik mengajar matematika , guru harus menguasai materi dengan baik terlebih dahulu. Persiapan yang matang perlu dilakukan, supaya guru dapat berhasil dalam menyampaikan materi pelajaran. Penguasaan materi yang baik juga membuat guru mengajar dengan percaya diri dan siswa menjadi percaya.

Ajarkan Konsep dan Mulai dari Dasar

Kunci sukses dalam mengajar matematika adalah siswa dapat memahami dan mengerti akan materi yang disampaikan oleh guru. Oleh karena itu, guru harus mengajarkan konsep dengan baik. serta banyak contoh-contoh soal supaya dapat dimengerti oleh siswa. Saat mengajar  guru harus memulai mengajarkan dari konsep dasarnya.

Misal pada jenjang kelas 1 SD saat akan belajar tentang pelajaran berhitung, guru harus memastikan semua siswa telah mengenal nama dan bentuk angka. Atau pada materi pelajaran FPB dan KPK maka siswa harus diajarkan tentang kelipatan, faktor dan bilangan prima terlebih dahulu. Begitu pula jika beranjak ke materi baru, guru dapat melakukan flasback pada materi sebelumnya.

Lakukan Praktek

Agar siswa dapat cepat memahami suatu konsep atau pelajaran matematika, jangan hanya mengajarkan teori kepada siswa. Jika siswa belajar teori saja maka dapat saja siswa akan kesulitan dalam memahami konsep. Kemudian siswa juga akan merasa bosan serta jenuh. Oleh karena itu, melakukan kegiatan lain seperti praktek akan membuat siswa lebih memahami pelajaran.

Apalagi jika praktek yang dilakukan dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari. Misal saat guru mengajar matematika di kelas 2 SD tentang nilai mata uang. Guru dapat melakukan simulasi jual beli, yang akan dicernakan oleh siswa. Sehingga siswa akan lebih memahami konsep pertukaran nilai mata uang.

Beri Waktu Istirahat

Pelajaran matematik memang berhubungan dengan angka dan rumus-rumus yang kadang membuat siswa pusing. Jika memang siswa sudah merasa kewalahan, guru dapat memberi waktu istirahat sebentar di sela-sela pembelajaran. Namun, hal ini bukan berarti kemudian siswa bebas keluar kelas, istirahat yang dimaksud adalah waktu untuk menurunkan ketegangan. Ketika istirahat guru dapat memberikan kegiatan seperti ice breaking atau permainan sederhana.

Gunakan Soal Cerita

Soal cerita menjadi latihan yang tepat untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam mengajar matematika. Soal cerita dapat berupa cerita yang panjang atau singkat. Dengan soal cerita siswa akan dapat membayangkan bagaimana penyelesaiannya dan tidak terfokus pada rumus.

Gunakan Metode Permainan

Metode permainan kerap menjadi pilihan bagi guru yang akan menerapkan pembelajaran interaktif. Dalam mengajar matematika metode permainan  juga dapat membantu guru untuk memotivasi siswa dalam belajar dan memahami. Guru dapat menggunakan game pada pembelajaran mata pelajaran matematika. Misalnya dengan model pembelajaran kuis atau lomba. Guru juga dapat membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Metode permainan akan membuat siswa berpikir bahwa matematika adalah mata pelajaran yang menyenangkan dan tidak menakutkan seperti yang dibayangkan.

Memanfaatkan Berbagai Media

Pembelajaran dengan media yang tepat akan meningkatkan pemahaman siswa akan materi yang dijelaskan. Alih-alih hanya menggunakan media konvensional guru dapat menggunakan berbagai media untuk mengajar matematika menyenangkan. Misal menggunakan video atau aplikasi yang dapat membantu siswa belajar matematika.

Demikian adalah berbagai tips mengajar matematika yang dapat diterapkan oleh guru di kelas.

 

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad