Kotaku
Home Cpns dan PPPK PPG Daljab Kemendikbudristek 2024 Segera Dibuka: Guru Wajib Tahu 

PPG Daljab Kemendikbudristek 2024 Segera Dibuka: Guru Wajib Tahu 

KOTAKU.ID – PPG Daljab atau kepanjangan dari Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan atau PPG Daljab Kemendikbudristek 2024 merupakan program yang ditunggu-tunggu oleh para buku baik guru ASN maupun guru honorer. Program ini merupakan suatu program untuk guru yang akan dilatih dan diuji bagaimana menjadi guru yang profesional.

Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab Kemendikbudristek 2024) merupakan program yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek untuk meningkatkan kualifikasi guru yang telah mengajar di sekolah. Pada tahun 2024, Kemendikbusristek menyelenggarakan Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) dengan beberapa kategori guru yang akan diprioritaskan akan mendapatkan panggilan.

PPG Daljab Kemendikbudristek 2024

Program PPG Dalam Jabatan (PPG Daljab) tahun 2024 membuka kuota untuk sebanyak 576.961 orang. Perlu diketahui Guru yang termasuk ke dalam kategori di bawah ini akan otomatis mendapatkan panggilan untuk mengikuti Program Pendidikan Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab). Apa saja sih kategorinya? Berikut ini kategorinya:

1. Guru Kategori A yang Lulus Seleksi Administrasi di Tahun 2022

Guru kategori A yang telah lolos seleksi administrasi Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) di tahun 2022 namun belum mendapatkan kesempatan mengikuti program, akan diprioritaskan untuk mendapatkan panggilan pada tahun 2024

2. Guru Kategori B dengan Masa Kerja Terlama

Guru kategori B yang belum pernah mengikuti Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) dan memiliki masa kerja yang paling lama akan diprioritaskan untuk mendapatkan panggilan pada tahun 2024

3. Guru Kategori B dengan Usia Tertua

Kategori B merupakan guru yang belum pernah mengikuti Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) dan telah berusia paling tua diantara guru lainnya juga akan diprioritaskan untuk mendapatkan panggilan pada tahun 2024

4. Guru yang Mengajar di Daerah 3T (Terluar, Terdepan, Tertinggal)

Guru yang bertugas di daerah 3T dan belum pernah mengikuti Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) juga akan diprioritaskan untuk mendapatkan panggilan pada tahun 2024

5. Guru yang Mengajar pada Mata Pelajaran Prioritas

Guru yang mengajar pada mata pelajaran prioritas seperti Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), juga akan diprioritaskan untuk mendapatkan panggilan pada Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) tahun 2024.

Hal yang perlu diingat yaitu guru yang telah mendapatkan panggilan Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) pada tahun 2023. Tidak akan mendapatkan panggilan lagi di tahun 2024. Guru yang tidak termasuk ke dalam 5 kategori tersebut tak menutup kemungkinan mendapatkan peluang juga untuk mengikuti Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) tahun 2024.

Guru-guru yang belum terpanggil akan dipanggil pada Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) selanjutnya. Sedangkan untuk pendaftaran PPG Daljab tahun 2024 belum resmi dibuka. Anda perlu menunggu pengumuman secara resminya dari kemendikbudristek melalui sosial media dan juga website resmi PPG.

Persiapan Pendaftaran PPG Daljab Kemendikbudristek 2024

Sembari menunggu informasi selanjutnya, alangkah baiknya anda mempersiapkan hal-hal sebagai berikut:

  1. Pastikan data diri dan juga data mengajar di Dapodik sudah lengkap dan akurat.
  2. Aktif mengikuti informasi tentang PPG Daljab melalui website serta sosial media kemendikburistek
  3. Mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti seleksi PPG Daljab

Demikian informasi tentang PPG Daljab Kemendikbudristek 2024, semoga bermanfaat. Bagaimana, tertarik untuk mencoba? Persiapkan diri anda untuk bergabung bersama Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) tahun 2024. Selamat mencoba, semoga berhasil!

Disclaimer : “Jangan lewatkan informasi terbaru seputar dunia pendidikan dan informasi CPNS dan PPPK dengan bergabung di channel telegram kami. Klik LINK BERIKUT dan pilih join”

 

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad