Kotaku
Home Cpns dan PPPK Tes CAT CPNS : Definisi, Prosedur, dan Tips Mengerjakannya

Tes CAT CPNS : Definisi, Prosedur, dan Tips Mengerjakannya

31768 ilustrasi cpns

KOTAKU.ID – Computer Assisted Test atau Tes CAT merupakan istilah yang biasa digunakan ketika seseorang mengikuti tahap seleksi CPNS. Namun sebenarnya seperti apa Tes CAT CPNS ini? Berikut ini prosedur dan tips mengerjakannya.

Sebelumnya perlu diketahui, bahwa tahun 2024 ini akan semakin banyak kesempatan untuk mendaftar menjadi ASN. Oleh karenanya peluang besar ini jangan sampai anda sia-siakan.

Definisi Tes CAT CPNS

Dilansir dari website resmi Kementerian PANRB, bahwa tes CAT CPNS merupakan sistem tes yang digunakan dalam seleksi CPNS dan tesnya berbasis komputer. Sehingga hasil nilainya bisa dilihat langsung oleh masyarakat umum maupun peserta setelah mengerjakan soal tes.

Harapannya setelah menggunakan tes CAT ini keruangan dalam seleksi CPNS bisa diminimalisir. Namun tes CAT tidak hanya satu-satunya bentuk upaya pemerintah dalam mengatasi kecurangan yang ada, namun ada pula langkah lain seperti pengoptimalan pengawasan, pemasangan CCTV dan lainnya.

Prosedur Tes CAT CPNS

Nah, ada beberapa prosedur dalam melakukan tes CAT yang harus anda pahami, prosedur tersebut diantaranya:

  • Setiap peserta harus melalui tahapan pemeriksaan sebelum masuk ke ruang tes CPNS. Hal ini untuk memastikan bahwa tidak ada hal-hal yang mencurigakan masuk ke dalam ruang tes. Peserta hanya diperbolehkan membawa KTP dan kartu tes masuk kedalam ruangan.
  • Setelah masuk ke dalam ruangan, peserta akan mendapatkan soal yang berbeda-beda dan tidak ada yang sama.
  • Proses pengerjaannya selama 1 jam 30 menit dan soalnya terdiri dari 100 soal SKD (TWK, TIU, TKP)
  • Setelah waktu ujian sudah habis maka peserta bisa melihat nilai tes pada layar yang ditampilkan didepan.

Tips Mengerjakan Tes CAT CPNS

Selanjutnya ada beberapa tips yang bisa dilakukan ketika anda mengerjakan tes CAT. Tips berikut ini akan membantu anda lebih siap menghadapi tes CAT sehingga bisa lolos tes. Diantaranya adalah dengan:

1. Kerjakan Mulai dari Paling Mudah

Tips pertama adalah mengerjakan soal yang anda anggap mudah terlebih dahulu. Selanjutnya dilanjutkan dengan mengerjakan soal yang dianggap sulit. Cara ini mempermudah anda menghemat waktu mengerjakan tes.

Jangan lupa untuk kembali memeriksa soal-soal yang telah terlewati. Banyak orang yang melakukan kesalahan ketika melaksanakan tes CPNS adalah fokus mengerjakan soal yang sulit sehingga menghabiskan waktu yang dimiliki dan tidak bisa mengerjakan soal yang mudah.

2. Banyak Berlatih Soal CAT

Selanjutnya, sebelum melakukan tes CAT anda harus banyak berlatih soal-soal CAT. Soal ini bisa didapatkan secara online maupun offline. Sebelum Pendaftaran CPNS dibuka maka anda harus mengatur waktu rutin untuk belajar sehingga ketika hari H tes anda sudah menguasai soal-soal yang ada.

3. Belajar Lewat Situs BKN

Salah satu hambatan terbesar dalam mengerjakan tes CAT adalah peserta tidak terbiasa dengan tampilan ujian. Selain harus belajar materi tesnya, anda juga harus membiasakan diri dengan tampilan CAT. Nah salah satu cara agar anda terbiasa dengan tampilan dan materi CAT adalah dengan memanfaatkan situs resmi BKN. Disana ada simulasi tes CAT yang bisa di coba. Caranya:

  • Buka link https://cat.bkn.go.id/simulasi/daftar/
  • Isi semua formulir yang diminta, mulai dari nama lengkap, tempat tanggal lahir, dan jenis kelamin.
  • Ceklis kolom captcha.
  • Klik Simpan.
  • Lakukan aktivasi lewat email.
  • Kembali ke situs BKN dan anda bisa melakukan simulasi tes TWK, TIU, TKP.
  • Kerjakan hingga selesai dan nantinya akan muncul perolehan nilai anda.

4. Ikut Try Out

Ada banyak lembar bimbingan belajar CPNS yang ada dan bisa anda ikuti. Bimbel CPNS biasanya menyediakan tryout gratis dan berbayar bagi yang ingin ikut bimbelnya.

Jika anda ingin mengikuti CPNS maka tidak ada salahnya untuk ikut try out gratis terlebih dahulu. Jika anda merasa sudah cocok maka anda bisa mengikuti bimbel berbayarnya.

Itulah informasi tentang tes CAT CPNS. Kesimpulannya system CAT merupakan tes berbasis komputer sehingga ada kelebihan dan kekurangannya. Kelebihannya lebih transparan dan meminimalisir kecurangan. Sedangkan kekurangannya tidak semua orang terbiasa dengan tes CAT sehingga sebelum hari H harus banyak belajar terlebih dahulu.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad