Kotaku
Home Cpns dan PPPK Catat! Ini Dia Jadwal Seleksi CPNS dan PPPK 2024 yang Dibuka 3 Kali

Catat! Ini Dia Jadwal Seleksi CPNS dan PPPK 2024 yang Dibuka 3 Kali

image 128

Kotaku.id Catat! Ini Dia Jadwal Seleksi CPNS dan PPPK 2024 yang Dibuka 3 Kali – Pembukaan Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2024 akan segera dilaksanakan. Dalam perbedaan yang mencolok dengan tahun-tahun sebelumnya, seleksi pada tahun 2024 ini akan diselenggarakan dalam tiga tahap yang berbeda. Haryomo Dwi Putranto, Pelaksana Tugas Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), dengan rinci memaparkan strategi penyelenggaraan seleksi untuk Calon Aparatur Sipil Negara (CASN), termasuk CPNS dan PPPK 2024. Ia mengungkapkan bahwa tahap pertama seleksi dijadwalkan akan dimulai pada pekan ketiga bulan Maret 2024.

Dalam Rapat Kerja (Raker) bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) dan Komisi II DPR RI, yang berlangsung di Gedung DPR RI, Jakarta Pusat pada Rabu (17/1/2024), Haryomo menyampaikan, “Pada periode pertama, pengumuman dan seleksi administrasi untuk CPNS dan Sekolah Kedinasan (Sekdin) akan dimulai pada minggu ketiga bulan Maret 2024.”

Berlanjut dari situ, tahap kedua, yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk CPNS dan Seleksi Kedinasan, dijadwalkan akan dimulai pada minggu keempat bulan Mei. Setelah pelaksanaan SKD, tahap berikutnya akan melibatkan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang akan berlangsung dari pekan pertama hingga keempat bulan Juli. Dengan demikian, pengumuman hasil dari periode pertama ini dijadwalkan akan dilaksanakan pada pekan ketiga bulan Agustus 2024.

Jadwal Seleksi CPNS dan PPPK 2024 yang Dibuka 3 Kali

Jadwal Seleksi CPNS dan PPPK yang Dibuka 3 Kali
Jadwal Seleksi CPNS dan PPPK 2024 yang Dibuka 3 Kali

Haryomo mengungkapkan rencananya untuk membuka seleksi periode kedua pada pekan kedua Juli, yang akan mencakup seleksi CPNS dan PPPK 2024. Tahap awal dari seleksi ini akan melibatkan Ujian Kompetensi Dasar (SKD) bagi CPNS dan Seleksi Kompetensi Teknis (SKT) bagi PPPK, yang direncanakan akan dimulai pada pekan pertama Agustus dan berlanjut hingga pekan pertama September.

Setelah itu, akan dilaksanakan seleksi kompetensi bidang untuk peserta seleksi CPNS periode kedua, yang berlangsung dari minggu kedua September hingga minggu ketiga Oktober. Pengolahan dan pengumuman hasil seleksi periode kedua ini dijadwalkan pada minggu kedua bulan November.

Kemudian, Haryomo menyampaikan rencana seleksi periode ketiga, yang akan dibuka pada pekan keempat Agustus. Rinciannya mencakup SKD untuk CPNS dan SKT untuk PPPK, yang akan dimulai pada pekan keempat Oktober hingga pekan ketiga November.

Setelah selesai tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), akan dilakukan seleksi kompetensi bidang bagi peserta CPNS periode ketiga, yang dijadwalkan berlangsung dari minggu keempat November hingga minggu ketiga Desember. Pengolahan dan pengumuman hasil seleksi periode ketiga direncanakan pada minggu ketiga bulan Januari tahun 2025.

Haryomo menjelaskan bahwa pembukaan seleksi sebanyak tiga kali ini sejalan dengan kewajiban penataan 2,3 juta tenaga non ASN alias honorer hingga Desember 2024. Dari jumlah tersebut, diproyeksikan masih ada 1,7 juta tenaga honorer yang perlu diatur.

Sebagai informasi tambahan, berdasarkan catatan detikcom, CASN 2024 akan memiliki total 2,3 juta formasi. Formasi tersebut akan dibagi antara lowongan fresh graduate sebanyak 690.822 formasi dan lowongan PPPK sebanyak 1.605.694 formasi.

Rincian formasi tersebut melibatkan instansi pusat yang mendapatkan 429.183 formasi, terdiri atas 207.247 CPNS dan 221.936 PPPK. Formasi ini mencakup kebutuhan guru, dosen, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.

Sementara itu, formasi instansi daerah sebanyak 1.867.333, terdiri atas 483.575 CPNS dan 1.383.758 PPPK. Formasi PPPK di instansi daerah teralokasikan untuk guru (419.146), tenaga kesehatan (417.196), dan tenaga teknis (547.416). Pemerintah juga membuka 6.027 formasi untuk sekolah kedinasan pada tahun 2024. Formasi instansi daerah lebih besar karena jumlah ASN lebih banyak di daerah dibandingkan dengan instansi pusat.

Penjelasan Tahapan Seleksi CPNS dan PPPK 2024

Penjelasan Tahapan Seleksi
Penjelasan Tahapan Seleksi CPNS dan PPPK 2024

Berikut ini tahapan seleksi CPNS dan PPPK 2024 yang kami rangkum, yaitu:

1.      Pemberitahuan dan Penyaringan Administratif

Pada langkah awal ini, calon pelamar diharapkan melakukan pendaftaran secara daring melalui platform SSCASN. Setelah berhasil mendaftar, proses seleksi administratif CPNS dan PPPK 2024 akan dilakukan, mencakup verifikasi ijazah, pengecekan transkrip nilai, evaluasi surat lamaran, dan pemeriksaan dokumen lainnya. Pelamar yang berhasil melewati tahap seleksi administratif akan dapat melanjutkan ke tahap seleksi berikutnya.

2.      Ujian Kompetensi Dasar (UKD)

Pada tahap ini, para pelamar akan menghadapi ujian berupa tes potensi akademik (TPA), tes wawasan kebangsaan (TWK), dan tes inteligensi umum (TIU). Semua tes tersebut akan diselenggarakan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Hasil dari ujian kompetensi dasar akan menjadi acuan untuk menentukan kelulusan pelamar pada tahap seleksi berikutnya.

3.      Ujian Kompetensi Bidang (UKB)

Pada tahap ini, calon pelamar CPNS dan PPPK 2024 akan dihadapkan pada rangkaian ujian yang relevan dengan posisi yang dilamar. Seperti pada tahap sebelumnya, ujian ini juga menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Skor yang diperoleh dari ujian kompetensi bidang akan menjadi penentu kelulusan pelamar pada tahap seleksi berikutnya.

Demikianlah rangkaian proses penerimaan ini, dimulai dari pengumuman dan seleksi administrasi yang mencakup berbagai verifikasi dokumen, hingga ujian kompetensi dasar dan bidang yang menggunakan teknologi tes berbantuan komputer. Semua tahapan tersebut merupakan langkah krusial untuk menyeleksi calon pelamar CPNS dan PPPK 2024 yang berkualitas.

Bagi mereka yang telah berhasil melewati seleksi, tahap selanjutnya akan membuka pintu menuju perjalanan karir yang potensial. Kami mengucapkan selamat kepada semua pelamar yang telah berpartisipasi dan kami nantikan kehadiran mereka pada fase-fase selanjutnya. Terima kasih atas dedikasi dan komitmen Anda dalam mengikuti proses seleksi CPNS dan PPPK 2024 ini. Semoga berhasil dan sukses selalu dalam setiap langkah perjalanan karir Anda.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad