Kotaku
Home Bisnis 9 Tahapan Bisnis Model Canvas yang Perlu Diperhatikan

9 Tahapan Bisnis Model Canvas yang Perlu Diperhatikan

Kotaku.id – Bisnis Model Canvas (BMC) merupakan sebuah alat yang dipakai untuk merancang serta menggambarkan model bisnis secara komprehensif. Bisnis Model Canvas mampu memberikan gambaran visual mengenai bagaimana suatu bisnis dapat beroperasi. Dan mampu memberikan nilai kepada para pelanggan. Bisnis Model Canvas mampu membantu para pengusaha untuk mengidentifikasi elemen-elemen kunci yang wajib dipertimbangkan dalam merancang bisnis mereka.

Bisnis Model Canvas (BMC) juga diketahui merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menggambarkan, menganalisis, serta merancang model bisnis pada suatu perusahaan. Alat ini diketahui dikembangkan oleh Alexander Osterwalder dan Yves Pigneur sekitar pada tahun 2008. Yakni sebagai bagian dari buku mereka dengan judul “BisnisModel Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers”.

Berikut ini merupakan tahapan Bisnis Model Canvas yang harus Anda ketahui:

1. Segmen Pelanggan (Customer Segments)

Tahapan ini mengidentifikasi kelompok target pelanggan maupun segmen pasar yang akan dilayani oleh para pebisnis. Customer Segments ini biasanya melibatkan pemahaman mengenai kebutuhan, karakteristik, serta preferensi pelanggan potensial yang nantinya akan menjadi fokus bisnis.

2. Proposisi Nilai (Value Propositions)

Tahapan ini menjelaskan tentang nilai ataupun manfaat unik yang ditawarkan kepada para pelanggan Anda. Adapun, proposisi nilai (Value proposition) mampu menjelaskan produk maupun layanan yang dihadirkann. Serta bagaimana hal tersebut memenuhi kebutuhan atau menyelesaikan masalah pelanggan. Yakni dengan cara yang lebih baik dibandingkan para pesaing.

3. Tahapan Bisnis Model Canvas Saluran Distribusi (Channels)

Tahapan ini mewajibkan Anda untuk menentukan saluran komunikasi maupun cara distribusi yang digunakan untuk bisa mengantarkan produk kepada para pelanggan. Saluran Distribusi (Channels) ini mencakup saluran penjualan, pemasaran, distribusi, serta komunikasi yang digunakan. Yakni dengan tujuan untuk berinteraksi dengan para pelanggan potensial dan yang sudah ada.

4. Hubungan dengan Pelanggan (Customer Relationships)

Tahapan ini diketahui menjelaskan jenis hubungan yang akan Anda bangun dengan para pelanggan. Customer Relationships yakni mencakup bagaimana bisnis bisa berinteraksi dengan pelanggan. Apakah hal itu melalui dukungan personalisasi, layanan purna jual, pelanggan, maupun hubungan lainnya yang dapat berkontribusi baik pada kepuasan pelanggan dan retensi.

5. Sumber Pendapatan (Revenue Streams)

Tahapan ini akan mengidentifikasi cara-cara di mana bisnis Anda dapat menghasilkan pendapatan. Sumber Pendapatan (Revenue Streams) ini mencakup model bisnis yang akan menjelaskan bagaimana produk dan layanan akan dihargai. Apakah hal itu mencakup penjualan langsung, langganan, iklan, maupun model pendapatan lainnya.

6. Sumber Daya Utama (Key Resources)

Tahapan Bisnis Model Kanvas ini mencakup sumber daya seperti misalnya aset fisik, keuangan, manusia, dan intelektual yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis. Key Resources dapat berupa infrastruktur, teknologi, karyawan, keuangan, dan hubungan dengan pemasok yang penting untuk mencapai keberhasilan operasional bisnis.

7. Aktivitas Utama (Key Activities)

Tahapan ini diketahui menggambarkan kegiatan-kegiatan utama. Yang mana harus dilakukan oleh bisnis agar bisa menghasilkan, mengirim, serta menjaga nilai kepada pelanggan. Key Activities dapat mencakup riset dan pengembangan produk, penjualan, layanan pelanggan, produksi, pemasaran, dan kegiatan operasional lainnya.

8. Mitra Utama (Key Partnerships)

Tahapan ini mengharuskan Anda untuk mengidentifikasi mitra ataupun pihak ketiga yang bisa diajak bekerja sama dengan bisnis guna mencapai tujuan bersama. Dan dapat memberikan nilai tambahan. Key Partnerships ini diharapkan bisa memberikan jaringan, sumber daya, keahlian, ataupun distribusi yang mampu memperkuat model bisnis.

9. Struktur Biaya (Cost Structure)

Tahapan Bisnis Model Canvas ini mewajibkan Anda untuk bisa menentukan struktur biaya terkait dengan menjalankan bisnis Anda. Adapun, Struktur Biaya (Cost Structure) ini meliputi seluruh biaya operasional, biaya pengembangan produk, biaya pemasaran, biaya distribusi, serta biaya lainnya terkait dengan operasi bisnis.

Kesimpulan

9 Tahapan bisnis Model Canvas diatas sangat penting untuk diperhatikan. Perlu diingat, jika Anda tidak memperhatikan tahapan diatas maka kelangsungan bisnis Anda bisa terganggu. Bisnis Model Canvas memang dapat menghasilkan banyak keuntungan. Tidak heran jika banyak pemula yang berbondong-bondong untuk mencoba bisnis yang satu ini.

Demikian pembahasan tahapan penting dalam bisnis model canvas, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat bagi Anda.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad