Kotaku
Home Bisnis Mengapa Ekonomi Kreatif Penting Dibangun di Indonesia? Ini Sederet Alasannya!

Mengapa Ekonomi Kreatif Penting Dibangun di Indonesia? Ini Sederet Alasannya!

Kotaku.id – Kenapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia? Berikut ini adalah pembahasan lengkapnya. Potensi ekonomi kreatif dinilai sangat besar di Tanah Air, akan tetapi pada saat ini belum terselesaikan dengan maksimal. Perlu diketahui, ekonomi kreatif berfokus pada sektor ekonomi yang mengacu pada penerapan daya kreatif dan intelektual yakni untuk menciptakan nilai tambah ekonomi.

Hal ini mencakup berbagai macam industri dan sektor yang menghasilkan serta memanfaatkan kreativitas, keahlian, serta inovasi dalam produksi barang dan jasa. Beberapa karakteristik utama dalam ekonomi kreatif ini melibatkan pemanfaatan keahlian budaya, seni, desain, media, teknologi informasi, serta industri kreatif lainnya.

Lalu, mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia? Nah, ada beberapa alasan mengapa Indonesia perlu mengembangkan ekonomi kreatif. Dibawah ini merupakan beberapa alasan kenapa ekonomi kreatif perlu dikembangkan di Indonesia:

1. Penggunaan teknologi digital yang pesat

Pertumbuhan teknologi digital di Indonesia mampu menciptakan peluang baru di sektor ekonomi kreatif. Inilah alasan mengapa industri kreatif harus dikembangkan. Penerapan internet yang luas, peningkatan penetrasi smartphone, serta akses ke dalam platform digital mampu memberikan platform bagi pelaku industri kreatif yakni untuk menyebarkan karya mereka secara global.

2. Pertumbuhan industri kreatif global

Alasan selanjutnya mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia yakni masifnya pertumbuhan industri kreatif di berbagai negara. Industri kreatif diketaui telah menjadi motor penggerak ekonomi di berbagai negara, serta pertumbuhannya terus meningkat secara global. Dengan berpartisipasi aktif dalam sektor ini, Indonesia bisa mendapatkan manfaat dari pertumbuhan ini serta meningkatkan daya saingnya di pasar internasional.

3. Kekayaan budaya dan kearifan lokal

Mengapa ekonomi kreatif perlu dikembangkan? Alasan pertama Indonesia mempunyai kekayaan budaya yang sangat luar biasa dengan berbagai macam etnis, tradisi, seni, serta kearifan lokal. Membangun ekonomi kreatif mampu memanfaatkan warisan budaya untuk menciptakan produk dan layanan yang unik dan menarik bagi pasar lokal serta internasional.

4. Sumber daya manusia kreatif

Alasan kedua mengapa industri kreatif perlu dikembangkan yaitu SDM yang kreatif. Indonesia mempunyai populasi yang besar dan kreatif. Dengan meningkatnya akses pendidikan di berbagai bidang seni, desain, teknologi, serta industri kreatif lainnya. Ada potensi besar dalam menciptakan tenaga kerja yang berdaya saing tinggi dalam sektor ekonomi kreatif.

5. Pengembangan pariwisata

Ekonomi kreatif mampu memberikan kontribusi yang signifikan dalam industri pariwisata. Ini juga menjadi alasan mengapa Indonesia perlu mengembangkan ekonomi kreatif. Pameran seni, festival musik, serta kegiatan budaya lainnya mampu menarik wisatawan, menciptakan pengalaman berbeda, serta memberikan dampak positif terhadap perekonomian lokal.

6. Mendorong keberlanjutan

Kreativitas sering terkait dengan gagasan keberlanjutan serta penerapan bahan baku yang ramah lingkungan. Dengan mempromosikan ekonomi kreatif secara berkelanjutan, Indonesia bisa mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

7. Diversifikasi ekonomi

Mengapa ekonomi kreatif perlu dikembangkan? Tentu supaya ekonomi dapat terdiversifikasi. Membangun ekonomi kreatif juga bisa membantu Indonesia untuk diversifikasi struktur ekonominya. Dengan mempunyai sektor ekonomi yang beragam, negara tersebut mampu menjadi lebih tahan pada fluktuasi pasar serta krisis ekonomi.

8. Mendukung kewirausahaan

Alasan ketujuh mengapa ekonomi kreatif perlu dikembangkan di Indonesia yakni dengan tujuan untuk menciptakan banyak usahawan. Ekonomi kreatif bisa menjadi dorongan bagi kewirausahaan dan inovasi. Memberikan dukungan untuk startup dan bisnis kecil didalam sektor ekonomi kreatif mampu menciptakan lapangan kerja, memacu pertumbuhan ekonomi, serta menciptakan ekosistem bisnis yang jauh lebih dinamis.

Kesimpulan

Itulah diatas pembahasan lengkap mengenai alasan mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia. Semoga informasi yang disampaikan diatas ini bisa bermanfaat dan membantu Anda.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad