Kotaku
Beranda Cpns dan PPPK Prediksi Soal untuk Seleksi PPPK 2023 Formasi Guru IPA

Prediksi Soal untuk Seleksi PPPK 2023 Formasi Guru IPA

Prediksi Soal untuk Seleksi PPPK Formasi Guru IPA 2023v
Prediksi Soal untuk Seleksi PPPK Formasi Guru IPA 2023v

Kotakuid – Berikut ini adalah prediksi soal tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) formasi tenaga guru 2023.

Ada 5 prediksi soal PPPK berdasarkan buku panduan seleksi PPPK tenaga guru.

Adapun, prediksi soal dalam ulasan ini bisa sebagai bahan belajar serta mempersiapkan diri Anda jelang mengikuti Tes kompetensi PPPK 2023. Khususnya untuk formasi tenaga guru bidang IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) untuk SMP dan SMA.

Prediksi soal ini juga dilengkapi dengan  pilihan jawaban yang benar.

Diharapkan para peserta PPPK 2023 formasi guru mata pelajaran IPA bisa mengoreksi atau mengevaluasi hasil belajar. Khususnya dalam mempersiapkan diri menghadapi seleksi kompetensi teknis tambahan nantinya.

Anda juga diharapkan memperbanyak latihan prediksi soal untuk persiapan menghadapi ujian PPPK 2023.

Berikut ini merupakan 5 prediksi soal PPPK 2023 formasi guru IPA SMP SMA yang wajib dipelajari.

1. Setiap materi pembelajaran mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda beda. Untuk bisa memudahkan siswa dalam memahami materi yang diberikan, guru bisa memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya seperti alat peraga kerangka manusia untuk menunjukkan jenis tulang dan letaknya di dalam tubuh manusia. Fungsi media dalam pernyataan ini adalah …

A. Menampilkan objek yang tidak dapat diamati oleh panca indera

B. Menampilkan objek yang berbahaya dan atau sukar diperoleh di dalam lingkungan belajar

C. Membuat konkrit konsep yang abstrak

D. Menampilkan objek yang sulit diamati

Jawaban: A

2. Untuk bisa meningkatkan pemahaman siswa mengenai tubuh hewan dan tumbuhan, seorang guru harus Menyusun Kompetensi Dasar (KD) yakni sebagai berikut:

4.1 Menyajikan laporan hasil pengamatan mengenai bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan.

Diantara pilihan di bawah ini yang menunjukkan indikator pencapaian kompetensi tingkat tinggi yaitu …

A. Menyebutkan bagian dan fungsi tubuh hewan dan tumbuhan

B. Menganalisis perbedaan antara fungsi tubuh hewan dan tumbuhan

C. Mengamati bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan

D. Menjelaskan hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan

Jawaban: B

3. Pak Agung adalah guru mata pelajaran IPA di SD Nusa Bangsa yang merupakan sekolah adiwiyata. Sebagai sekolah yang bernuansa “Green School” maka di sekolah membuat slogan “One man One Tree” yaitu program penanaman satu pohon untuk satu orang di kebun sekolah dan “One man One Rubbish” yaitu program Untuk memungut minimal satu sampah disetiap harinya. Untuk mendukung program ini, Pak Agung akan mengajar siswa di kelas VI untuk membuat produk daur ulang limbah rumah tangga. Agar Project-Based” Learning (PBL) yang ditetapkan berhasil, maka pertama-tama Pak Agung akan ...

A. Menentukan jadwal pembuatan produk daur ulang

B. Menentukan jenis produk d ulang yang akan di daur ulang

C. Menugaskan siswa mencari dan mengumpulkan alat yang digunakan untuk pengolahan limbah rumah tanggaAE. Memantau pembuatan produk daur ulang limbah rumah tangga

D. Menugaskan siswa mengidentifikasi beragam limbah rumah tangga

Jawaban: D

4. Di sebuah rancangan pembelajaran (RPP) tercantum indikator kompetensi yakni: “mengelompokkan Benda-benda yang sifatnya magnetis dan non magnetis”, jika seorang pendidik menyusunnya menjadi tujuan pembelajaran, mana pernyataan berikut yang menunjukkan bahwa rumusannya tepat?

A. Setelah melaksanakan proses pembelajaran dan menggali informasi melalui praktik, Siswa dapat mengelompokkan benda-benda bersifat magnetis dan non magnetis secara benar

B Setelah melaksanakan proses pembelajaran dan menggali informasi melalui diskusi, mengetahui benar benda-benda bersifat magnetis dan nonmagnetis tanpa melihat catatan

C. Menyebutkan benda-benda bersifat magnetis dan Nonmagnetis, mengelompokkan benda-benda magnetis dan non magnetis tanpa melihat catatan

D. Setelah melaksanakan proses pembelajaran melalui praktik, siswa dapat mengetahui perbedaan benda magnetis dan non magnetis

Jawaban: A

5. Ada guru SD memberikan tugas keada peserta didik yakni sebagai berikut:

Silahkan buat laporan pengamatan dengan objek lingkungan disekitar dengan memperhatikan pemakaian ejaan yang benar, yakni melalui tahapan-tahapan sebagai berikut:

1). Membuat catatan hasil pengamatan

2). Membuat kerangka karangan

3). Tulis laporan berdasarkan kerangka karangan

4). Waktu pengerjaan laporan selama 1 minggu

Penilaian ini akan dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa daftar cek. Jenis penilaian yang digunakan guru di atas adalah …

A. penilaian performance

B. penilaian produk

C. penilaian proyek

D. penilaian portofolio

Jawaban: C

Demikian 5 prediksi soal tes PPPK Guru untuk formasi guru IPA. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan