Kotaku
Home Pendidikan Untuk Guru Praktik Baik dari Upaya Pengembangan Kompetensi Guru Penggerak yang Dapat Dilakukan

Praktik Baik dari Upaya Pengembangan Kompetensi Guru Penggerak yang Dapat Dilakukan

Kotaku.id – Pembahasan dibawah ini akan membahas secara lengkap terkait praktik baik dari upaya pengembangan kompetensi guru penggerak. Perlu diketahui, ada sebanyak 10 praktik baik dari upaya pengembangan kompetensi guru penggerak yang dapat dilakukan. Upaya pengembangan kompetensi guru penggerak adalah salah satu aspek penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Dibawah ini merupakan beberapa praktik baik yang bisa dilakukan dalam pengembangan kompetensi guru penggerak yang dapat dipahami. Bagi para guru penggerak bisa simak pembahasan dibawah ini sampai habis.

1. Pemberian Dukungan Berkelanjutan:

Memastikan adanya dukungan secara berkelanjutan dari pihak sekolah, pemerintah daerah, ataupun lembaga terkait untuk pengembangan kompetensi guru penggerak. Dukungan ini dapat berupa alokasi waktu, anggaran, serta sumber daya lainnya yang dibutuhkan.

2. Pelatihan dan Workshop Berkala:

Mengadakan pelatihan dan workshop secara berkala yang mengarah terhadap peningkatan keterampilan dan pengetahuan guru penggerak. Khususnya dalam berbagai aspek kepemimpinan, manajemen, dan pedagogi.

3. Mentorship dan Coaching:

Memberikan mentorship dan coaching terhadap guru penggerak oleh para senior maupun ahli pendidikan yang berpengalaman. Guna membantu mereka dalam mengembangkan keterampilan kepemimpinan serta manajerial mereka.

4. Kolaborasi dan Pertukaran Pengetahuan:

Mendorong kolaborasi antar guru penggerak dari berbagai sekolah untuk bisa bertukar pengalaman, ide, serta praktik terbaik. Khususnya dalam meningkatkan kualitas pendidikan di wilayahnya masing-masing.

5. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK):

Mengintegrasikan penerapan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pengembangan kompetensi guru penggerak. Baik itu dalam hal pembelajaran ataupun administrasi sekolah.

6. Pemberian Dukungan Riset dan Inovasi:

Mendukung guru penggerak untuk bisa melakukan riset tindakan atau inovasi pendidikan di sekolah mereka sebagai bagian penting dari pengembangan kompetensi mereka.

7. Pengakuan dan Penghargaan:

Mampu memberikan pengakuan dan penghargaan atas kontribusi dan prestasi yang telah dicapai oleh para guru penggerak dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Baik itu dalam lingkup sekolah ataupun dalam tingkat lebih luas.

8. Evaluasi dan Umpan Balik:

Melaksanakan evaluasi secara berkala terhadap program pengembangan kompetensi guru penggerak. Hal ini dilakukan untuk mengetahui efektivitasnya dan memberikan umpan balik kepada guru tersebut guna perbaikan dan pengembangan secara lebih lanjut.

9. Komitmen Kepemimpinan Sekolah:

Memastikan adanya komitmen dari kepemimpinan sekolah dalam hal mendukung dan melakukan program pengembangan kompetensi guru penggerak. Yakni sebagai bagian dari strategi pengembangan sekolah secara keseluruhan.

10. Keterlibatan Komunitas Sekolah:

Melibatkan komunitas sekolah diantaranya termasuk guru, siswa, orang tua, dan stakeholder lainnya. Khususnya dalam proses pengembangan kompetensi guru penggerak untuk bisa menciptakan lingkungan yang mendukung dan memotivasi guru untuk terus berkembang.

Dengan para calon guru penggerak menerapkan praktik baik di atas, diharapkan guru penggerak bisa menjadi agen perubahan yang efektif. Diantaranya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan memajukan sekolah menuju pencapaian tujuan pembelajaran yang jauh lebih baik.

Kesimpulan

Sebagai informasi tambahan, Praktik Baik sendiri merupakan tulisan praktik oleh Guru penggerak yang terdapat di dalam fitur Ide Praktik. Berbagai praktik ini nantinya akan ditulis secara langsung oleh Guru dengan bahasa yang lugas dan mudah dipahami.

Itulah di atas pembahasan lengkap terkait 10 praktik baik dari upaya pengembangan kompetensi guru penggerak yang dapat dilakukan. Semoga informasi terkait 10 praktik baik dari upaya pengembangan kompetensi guru penggerak yang disampaikan di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad