Kotaku
Beranda UMKM Kamu Wajib Tahu! Berikut Perbedaan Merek dan Brand

Kamu Wajib Tahu! Berikut Perbedaan Merek dan Brand

Bedanya Merek Brand 1

Saat kamu memulai bisnis dan usaha, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan salah satunya adalah produk dan brand atau merek produk tersebut.

Lalu apa itu brand? Mungkin banyak orang berfikir bahwa merek dan brand memiliki makna yang sama.

Merek dan brand memiliki arti kata yang berbeda. Jika kamu berpikir kedua kata tersebut memiliki makna yang sama, kamu wajib mengubah pemahaman tersebut.

Pada artikel ini, kami akan mengajak anda untuk lebih memahami perbedaan merek dan brand. Simak berikut ini!

Apa itu Merek?

Kata “Merek” mungkin tidak asing lagi ditelinga kamu. Namun apakah kamu kamu mengetahui apa itu merek dengan baik? Dilansir dari KBBI, merek merupakan tanda yang dikenakan oleh pelaku usaha pada suatu barang yang menyatakan nama dari suatu produk/barang.

Merek berfungsi sebagai tanda pengenal yang membedakan produk satu dengan produk lainnya. Merek sangat mempengaruhi penjualan produk. Perusahaan yang memiliki produk dengan label merek terkenal memberi ruang di hati dan ingatan konsumen bahwa produk tersebut memiliki kelas tersendiri.

Saat membuat merek, kamu juga harus mengenal dengan hak merek agar suatu merek memiliki hak eksklusif dan perlindungan hukum. Hak eksklusif merek yang dimaksud yaitu hak yang diberikan kepada pemilik merek karena sudah terdaftar serta memiliki kewenangan atas hak cipta merek tersebut.

Jadi pemilik dapat melaksanakan hak cipta atas merek tersebut seperti boleh memberikan izin kepada pihak lain jika ingin menggunakan merek.

Seperti yang dijelaskan tadi bahwa merek memiliki perlindungan hukum. Saat membuat merek dagang, kamu harus memahami dan mengaplikasikan untuk mematuhi aturan pembuatan merek seperti tidak bertentangan dengan ideologi negara, norma dan lain-lain.

Pembuatan merek bisa dimulai sejak usaha masih dini. Jadi pembuatan merek dapat diterapkan oleh perusahaan UMKM dalam menggunakan informasi produk.

Apa itu Brand?

Bagi kamu yang menyamakan merek dan brand, istilah brand punya makna yang lebih mendalam. Brand menjadi suatu bentuk identifikasi orang mengenal suatu produk.

Tidak hanya produk, brand juga membantu konsumen untuk membentuk persepsi terhadap suatu perusahaan.

Entitas brand perlu dirancang sejak dini agar konsumen memiliki pandangan bahwa suatu perusahaan menanamkan nilai dan keunggulan terhadap produk yang dipasarkan. Jika kamu jeli, Brand erat kaitannya dalam menciptakan kualitas merek produk.

Setelah membangun brand, kamu kemudian akan melakukan proses branding. Branding merupakan proses untuk mengenalkan dan memastikan bahwa produk yang akan dipasarkan nanti dapat diakses oleh pemirsa yang sesuai.

Apabila brand yang dibangun mudah diingat, maka brand tersebut dapat meninggalkan kesan kepada konsumen. Nilai yang dapat memberi kesan bisa berupa logo, motto, nama brand, dan lain sebagainya. Dalam melakukan hal itu, perlu menyiapkan strategi branding untuk membangun citra produk.

Perbedaan Merek dan Brand

Setelah mengetahui definisi merek dan brand, kamu mungkin bisa menebak apa saja perbedaanya. Untuk lebih jelasnya, kita akan membahas lebih detail disini.

Agar lebih mudah memahami, dapat kita ibaratkan bahwa merek adalah sebuah perusahaan dan brand merupakan nilai yang dimiliki oleh tersebut tersebut berupa kualitas, visi dan misi perusahaan dan bertujuan untuk mengenalkan perusahaan dari segala keunggulan melalui proses branding.

Branding akan menciptakan brand identity sebagai informasi yang dapat dikenali dan dipahami oleh konsumen. Disinilah brand identity dijadikan sebagai merek dagang. Dalam pembangunan brand diperlukan strategi untuk melakukan riset kepada konsumen terkait bagaimana orang-orang memandang suatu perusahaan beserta produk didalamnya.

Secara singkat, kamu dapat mengingat bahwa membangun sebuah citra brand, kemudian melakukan branding, dan menciptakan brand identity sebagai value produk. Apabila ingin membandingkan suatu merek produk, brand menjadi alat ukur perbandingan produknya. Jadi brand memegang peranan superioritas dalam menentukan diferensiasi.

Contoh Merek dan Brand

Apakah kamu mengenal Indomie? Bagi pecinta mie, Indomie dikenal sebagai produk mie instan dengan berbagai varian rasa dengan identitas yaitu tulisan berwarna biru. Kamu mungkin sering melihat iklan indomie di media televisi maupun iklan di sosial media.

Indomie memiliki tagline dengan rangkaian kata sederhana namun mudah didengar dan diingat oleh masyarakat yaitu “Indomie Seleraku”.

Indomie sebagai merek dapat dikenali dari tulisan, menggunakan warna pada kemasan dan tagline pada Indomie. Desain tampilan dan penggunaan warna di Indomie didasarkan pada varian rasa mie Instan ini.

Indomie sebagai brand mengenalkan kepada pemirsa yaitu sebagai Mie instan yang legendaris dengan rasa dan aroma khas pada setiap varian dan disukai oleh masyarakat Indonesia bahkan sampai ke mancanegara. Indomie mengenalkan produknya dengan tajuk “Indomie seleraku”.

Nah, itu tadi perbedaan merek dan brand. Apabila kamu ingin membuat suatu usaha, brand dan merek dapat dirancang dari awal. Gunakan brand yang memiliki ciri khas agar produk mudah dikenali nantinya.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan