Kotaku
Beranda Bisnis Contoh Penggunaan Studi Perilaku Konsumen di Sektor Bisnis dan Sektor Publik

Contoh Penggunaan Studi Perilaku Konsumen di Sektor Bisnis dan Sektor Publik

Contoh Penggunaan Studi Perilaku Konsumen di Sektor Bisnis dan Sektor Publik
Contoh Penggunaan Studi Perilaku Konsumen di Sektor Bisnis dan Sektor Publik

Kotaku.id – Pembahasan dibawah ini akan menyajikan informasi lengkap terkait contoh penggunaan studi perilaku konsumen di sektor bisnis dan sektor publik. Bagi Anda yang ingin tahu bisa simak ulasan dibawah ini sampai habis.

Di dalam industri bisnis, konsumen mempunyai peranan yang sangat penting dalam perputaran roda bisnis. Biasanya, mahasiswa ilmu ekonomi dan bisnis nantinya akan diminta untuk memberikan contoh penggunaan studi perilaku konsumen di sektor bisnis dan sektor publik. Tentunya ada banyak sekali contoh perilaku konsumen yang dapat ditemukan dalam berbagai macam kegiatan bisnis. Hal ini tidak terlepas dari peran serta fungsi dari konsumen itu sendiri.

Nah, sebelum membahas terkait contoh penggunaan studi perilaku konsumen di sektor bisnis dan sektor publik. Ada baiknya Anda mengetahui pengertian dari perilaku konsumen. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Mengenal Perilaku Konsumen

Perilaku konsumen atau consumer behavior merupakan studi terkait individu, organisasi, dan bagaimana mereka memilih serta menggunakan suatu produk. Bagian dari adanya riset pasar bertujuan paham akan motivasi dan perilaku seseorang sebagai konsumen.

Perlu diketahui, consumer behavior terdiri dari 5 hal sebagai berikut.

  • Bagaimana pengaruh lingkungan pada perilaku konsumen?
  • Bagaimana promosi dan campaign produk dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen?
  • Apa pendapat konsumen terkait kompetitor produk Anda ?
  • Di antara banyak alternatif yang tersedia, bagaimana konsumen memilih produk?

Nah, ketika menjalankan studi ini, ada beberapa metode yang dapat Anda gunakan. Adapun, dibawah ini merupakan pilihan metode itu di antaranya:

Contoh Penggunaan Studi Perilaku Konsumen di Sektor Bisnis dan Sektor Publik

Contoh Penggunaan Studi Perilaku Konsumen di Sektor Bisnis dan Sektor Publik
Contoh Penggunaan Studi Perilaku Konsumen di Sektor Bisnis dan Sektor Publik

Dikutip  dari buku Teori Perilaku Konsumen, Wayan Weda Asmara Dewi, Nufian Febriani, dan Nia Ashton Destrity (2022:4), perilaku konsumen merupakan suatu tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengonsumsi, serta menghabiskan produk atau jasa. Termasuk proses keputusan yang mana mendahului dan mengikuti tindakan ini.

Jadi, dapat dipahami juga jika perilaku konsumen adalah sebuah studi terkait bagaimana individu, kelompok, ataupun organisasi, memilih, membeli, serta menggunakan barang, jasa, ide, atau pengalaman guna memuaskan kebutuhan dan keinginan mereka.

Lalu, ada apa saja contoh penerapan studi perilaku konsumen di dalam sektor bisnis dan sektor publik? Dibawah ini merupakan beberapa di antaranya.

  • Mencari informasi produk dengan melalui kerabat atau orang terdekat. Hal ini dilaksanakan untuk menanyakan kepada pihak yang sudah pernah mempunyai pengalaman membeli atau menggunakan barang dan/atau jasa yang serupa.
  • Melaksanakan pengenalan masalah yang mana bertujuan untuk mengetahui keinginan atau kebutuhan yang belum terpenuhi atau masih belum terpuaskan.
  • Mencari informasi produk dan/ataupun layanan secara langsung kepada penjual, dealer, produsen, ataupun toko terdekat.
  • Mencari informasi terkait produk yang diinginkan dengan melalui media massa. Misalnya seperti website, sosial media, iklan majalah, dan lain sebagainya.
  • Mengadakan seleksi pada adanya opsi alternatif pembelian yang berdasarkan terhadap tujuan pembeliannya. Tujuannya yakni untuk mengetahui apakah produk yang dikonsumsi mampu memberikan fungsi optimal bagi konsumen ataupun tidak.
  • Membuat perbandingan harga serta kualitas produk dengan tujuan untuk tahu apakah harga barang dan/atau jasa telah sesuai dengan kemampuan konsumen tersebut.

Kesimpulan

Nah itulah di atas informasi terkait contoh penggunaan perilaku konsumen di sektor bisnis dan sektor publik. Semoga informasi yang disampaikan terkait contoh penggunaan studi perilaku konsumen di sektor bisnis dan sektor publik di atas bisa bermanfaat bagi Anda.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan