Kotaku
Beranda Pendidikan Catat ! Berikut 5 Tips Lolos Program Guru Penggerak

Catat ! Berikut 5 Tips Lolos Program Guru Penggerak

doa untuk guru agar diberi ampunan disayangi dan dimuliakan allah swt 221124b

Kotaku.ID – Salah satu program pemerintah yang di khususkan untuk pegembangan guru adalah program Guru Penggerak. Program ini menjadi salah satu kesempatan emas bagi seorang guru yang ingin berkontribusi di dunia pendidikan. Seperti apa program guru penggerak tersebut dan bagaimana tips lolos program guru penggerak? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Program yang bagus ini tentunya menarik banyak minat dari guru baik dari tingkat rendah sampai ke jenjang yang paling tinggi. Maka jangan heran bila dalam seleksinya cukup ketat bahkan banyak yang gugur saat melakukan pendaftaran program tersebut.

Nah, bagi anda yang ingin mendaftar program guru penggerak, wajib sekali membaca artikel ini sampai tuntas. Karena artikel satu ini akan memberikan beberapa tips agar anda bisa tahu tips lolos program guru penggerak nantinya.

Tips Lolos Program Guru Penggerak

Tips Lolos Program Guru Penggerak
Catat ! Berikut 5 Tips Lolos Program Guru Penggerak 12

Bagi bapak ibu guru yang ingin mendaftar program guru penggerak, ada beberapa tips lolos program guru penggerak yang harus diperhatikan. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Pastikan Semua Syarat Lengkap

Tips lolos program guru penggerak pertama, harus diingat bahwa guru yang bisa ikut program guru penggerak adalah guru yang sudah mengajar minimal 5 tahun. Kemudian untuk mendaftar program guru penggerak tentunya anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Syarat pendaftaran bisa di cek di dalam link penjelasan program guru penggerak yang ada di website kemdikbud.

Apa saja persyaratan dokumen yang harus dipenuhi? Diantaranya adalah:

  • Data diri berupa KTP.
  • Ijazah terakhir.
  • Surat kesanggupan atau integritas.
  • Surat rekomendasi dari atasan atau teman sejawat.
  • Dan juga surat izin dari kepala sekolah.
  • Serta RPP pembelajaran.
  • Pembagian tugas.

Semua persyaratan ini bisa di scan kemudian diganti formatnya menjadi JPG dan juga PDF. Namun ingat ada batas maksimal data bisa dikirim. Jika semua persyaratan sudah lengkap maka bukalah akun SIM PKB guru dan masukan persyaratan-persyaratan tadi.

2. Isikan Esai Yang Menarik Dan Sesuai Kenyataan

Tahap yang paling menentukan diterima atau tidaknya anda dalam seleksi program guru penggerak adalah pengisian esai. Ada beberapa pertanyaan yang harus anda jawab dengan detail dan sesuai dengan kenyataan dalam tips lolos program guru penggerak.

Misalnya saja apa kontribusi anda di dalam pembelajaran, apa yang menjadi motivasi anda dalam mengikuti program guru penggerak, bagaimana pengalaman anda bergabung dalam suatu organisasi dan bagaimana anda menghadapi suatu masalah.

Dari semua pertanyaan ini, terdapat satu tips yang harus diperhatikan. Yakni anda harus menuliskannya terlebih dahulu di dokumen atau catatan. Mengapa demikian? Karena pengisiannya memiliki batas waktu tertentu (beberapa menit saja) jika anda menulis langsung di website dan membutuhkan waktu yang lama maka ada kemungkinan tulisan anda ini hilang.

Namun jika anda menuliskannya terlebih dahulu di dokumen atau catatan, maka anda koreksi lebih lama. Kemudian jika tiap poin sudah dirasa selesai, anda bisa copy paste dan memastikannya di website SIM PKB. Cara ini dinilai lebih mudah, dan bisa digunakan pula pada pendaftaran atau tes wawancara nantinya.

3. Tips Lolos Program Guru PenggerakLatihan Menerapkan Pembelajaran Yang Berpusat Pada Siswa

Tips Lolos Program Guru Penggerak
Catat ! Berikut 5 Tips Lolos Program Guru Penggerak 13

Salah satu tujuan dari adanya program guru penggerak adalah membantu guru memahami pembelajaran yang berpusat pada siswa. Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang tidak berpusat pada guru, seperti pembelajaran menggunakan metode lama. Bahwa semua kegiatan di kelas bergantung pada guru.

Kini, pembelajaran yang dilakukan di kelas haruslah berpusat pada siswa. Karena ini sangat berarti untuk meningkatkan berbagai kemampuan siswa yang dibutuhkan nanti ketika mereka terjun di masyarakat. Misalnya saja kemampuan dalam kerjasama, gotong royong, komunikasi, berpikir kritis dan lainnya.

Contoh pembelajaran yang berpusat pada siswa seperti pembelajaran proyek atau lainnya. Penggunaan metode ini memuat siswa harus aktif dalam pembelajaran dan terlibat dalam setiap kegiatan kelas.

Jika anda masih bingung bagaimana pembelajaran tersebut dilakukan, maka carilah referensi di youtube atau media sosial lainnya. Kemudian cobalah untuk memberikan kedalam kelas. Karena nantinya anda akan diminta untuk memberikan contoh pembelajaran tersebut sebagai salah satu proses seleksi calon guru penggerak.

4. Persiapkan Diri Untuk Tes Bakat Skolastik

Tips lolos program guru penggerak selanjutnya tes bakat skolastik adalah tahapan penting dalam seleksi program guru penggerak. Oleh karenanya seorang guru harus mempelajari petunjuk dan apa saja yang dinilai sebelum memulai tes.

Ada beberapa subtes yang ada misalnya saja tes verbal, kuantitatif dan penalaran. Tes ini berbentuk wawancara, setiap guru yang sudah lolos pada tahap administrasi maka akan menunggu jadwal tes bakat skolastik ini.

Untuk mempersiapkannya anda bisa konsultasi pada teman sejawat yang dinilai lebih berpengalaman atau guru yang sudah lolos program guru penggerak. Bagaimana pembawaan anda, bagaimana gaya komunikasi anda dan bagaimana penilaian anda sangat menentukan pada tahapan ini.

5. Terus Belajar Hal-Hal Baru

Tips Lolos Program Guru Penggerak
Catat ! Berikut 5 Tips Lolos Program Guru Penggerak 14

Sebagai salah satu persiapan untuk mengikuti program calon penggerak lainnya adalah terus belajar hal-hal baru. Karena menjadi guru penggerak dituntut untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan yang lebih dibandingkan dengan guru lainnya.

Hal ini karena kedepannya seorang guru penggerak diharapkan bisa menggerakkan rekan-rekan guru sehingga dapat memberikan pendidikan yang maksimal pada siswa di lingkungan pendidikannya bersama. Jadi tidak mungkin seorang guru lolos jika tidak memiliki keterampilan dan pengetahuan yang mumpuni.

Bagaimana cara belajar hal-hal baru ini? perbanyaklah membaca buku tentang dunia pendidikan dan cara mendidik melalui pelatihan yang diadakan secara resmi. Tentunya pelatihan yang sesuai dengan pekerjaan guru atau seminar tentang media pembelajaran dan teknologi.

Nah itulah beberapa tips lolos program guru penggerak. Ingat jika ingin lulus seleksi maka anda harus memiliki daya juang yang tinggi dan mau berkorban. Karena ketika proses seleksi dan menjadi program guru penggerak anda juga tetap harus melakukan kegiatan di sekolah seperti biasa sehingga tugas yang anda dapatkan dua kali lipat lebih banyak.

Namun semua itu akan terbayarkan, karena anda bisa menjadi guru penggerak yaitu pembaharu dalam kegiatan pembelajaran membuat pembelajaran lebih berarti bagi siswa. Praktekkan tips lolos program guru penggerak diatas dan jangan mudah menyerah ya, semoga sukses.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan