Kotaku
Home Sertifikasi Guru Mulai 2024, Tunjangan Sertifikasi Guru Naik Drastis

Mulai 2024, Tunjangan Sertifikasi Guru Naik Drastis

Kotaku.id Mulai 2024, Tunjangan Sertifikasi Guru Naik Drastis – Dapatkan wawasan lebih lanjut mengenai peningkatan signifikan dalam tunjangan sertifikasi guru atau profesi guru untuk tahun 2024 dengan membaca informasi berikut. Kabar gembira ini menunjukkan bahwa kenaikan tersebut telah diakomodasi dalam anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2024. Fakta menariknya, Menteri Keuangan, Sri Mulyani, secara resmi mengumumkan dan menyertakan alokasi anggaran untuk meningkatkan tunjangan sertifikasi guru.

Hal ini membawa dampak positif tidak hanya bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Pegawai Negeri Sipil (PNS), tetapi juga untuk seluruh kalangan guru. Artinya, bukan hanya kenaikan gaji, tetapi juga tunjangan akan dirasakan oleh mereka yang berdedikasi dalam profesi pendidikan. Kabar ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan para pendidik, menciptakan atmosfer positif di sektor pendidikan.

Mulai 2024, Tunjangan Sertifikasi Guru Naik Drastis

Mulai 2024, Tunjangan Sertifikasi Guru Naik Drastis
Mulai 2024, Tunjangan Sertifikasi Guru Naik Drastis

Sri Mulyani telah menetapkan total anggaran sebesar Rp53.337,3 miliar secara khusus untuk tunjangan sertifikasi guru. Hal ini bertujuan untuk memberikan jaminan dari pemerintah terhadap semua jabatan, pangkat, atau status pada tahun 2024, termasuk peningkatan resmi sebesar 12 persen pada gaji pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di tahun mendatang.

Dengan kebijakan ini, pemerintah secara tegas menunjukkan komitmennya dalam mewujudkan pemerataan, dan nampaknya, tidak ingin mengecewakan baik Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun non-ASN. Akibatnya, terjadi kenaikan sekitar Rp3.895,5 miliar atau sekitar 7,9 persen pada tunjangan sertifikasi guru dibandingkan dengan tahun 2023.

Kenaikan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif, menciptakan suasana sejahtera, dan memberdayakan guru serta Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) agar dapat hidup lebih makmur dan sentosa. Selain aspek finansial, peningkatan tunjangan sertifikasi guru juga diharapkan dapat memberikan pengakuan lebih lanjut terhadap profesionalisme para guru yang telah berkarir, sehingga diharapkan mampu mendorong peningkatan kinerja mereka.

Jadwal Tunjangan Sertifikasi Guru

Kenaikan tunjangan sertifikasi bagi para guru diinisiasi sebagai dampak dari peningkatan gaji bulanan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun 2024, yang mencapai angka signifikan sebesar 8 persen. Penyesuaian besaran tunjangan sertifikasi untuk para guru dilakukan sejalan dengan kenaikan gaji pokok mereka, ditetapkan sebagai satu kali lipat dari gaji pokok yang mereka terima.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani, turut mengumumkan bahwa sekitar 1,1 juta guru yang telah bersertifikasi telah dipersiapkan untuk menerima peningkatan tunjangan sertifikasi pada tahun 2024. Dalam rangka memberikan kejelasan mengenai jadwal pembayaran tunjangan sertifikasi guru, Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 4 Tahun 2022 memberikan petunjuk yang terstruktur. Adapun rincian jadwal pembayaran meliputi:

  • Triwulan 1 (Januari, Februari, dan Maret): Pembayaran dijadwalkan pada bulan Maret.
  • Triwulan 2 (April, Mei, Juni): Pembayaran diatur untuk disalurkan pada bulan Juni.
  • Triwulan 3 (Juli, Agustus, September): Pembayaran dijadwalkan pada bulan September.
  • Triwulan 4 (Oktober, November, Desember): Pembayaran dijadwalkan pada bulan November.

Status Pencairan Tunjangan Sertifikasi Guru Saat Ini

Saat ini, pencairan tunjangan sertifikasi guru berada pada jadwal triwulan 4. Meskipun demikian, terdapat beberapa pembayaran yang masih belum terselesaikan untuk triwulan 3. Meski proses pembayaran triwulan 3 belum sepenuhnya selesai, diharapkan bahwa pencairan untuk triwulan 4 dapat dilakukan secara segera. Pertanyaan pun muncul, apakah para guru sudah siap menerima tunjangan sertifikasi pada triwulan 4?

Cara Mendaftar Tunjangan Sertifikasi Guru

Cara Mendaftar Tunjangan Sertifikasi Guru
Cara Mendaftar Tunjangan Sertifikasi Guru

Proses pendaftaran untuk mendapatkan tunjangan sertifikasi guru dapat berbeda-beda tergantung pada kebijakan dan prosedur yang berlaku di setiap negara atau wilayah. Namun, secara umum, langkah-langkah berikut memberikan gambaran umum mengenai cara mendaftar tunjangan sertifikasi guru:

1.      Persiapkan Dokumen-dokumen Penting

Pastikan Anda memiliki semua dokumen yang diperlukan, seperti identitas diri, sertifikat pendidikan, surat tugas sebagai guru, dan dokumen-dokumen lain yang mungkin diminta oleh otoritas pendidikan.

2.      Periksa Syarat dan Ketentuan

Teliti persyaratan dan ketentuan yang berlaku untuk mendapatkan tunjangan sertifikasi. Biasanya, ada persyaratan tertentu terkait tingkat pendidikan, masa kerja sebagai guru, dan aspek lainnya.

3.      Kunjungi Portal atau Kantor Pendidikan

Buka situs web resmi atau kunjungi kantor pendidikan yang berwenang untuk mendapatkan informasi terkini mengenai tunjangan sertifikasi guru. Di beberapa negara, terdapat portal khusus yang digunakan untuk pendaftaran online.

4.      Lengkapi Formulir Pendaftaran

Isi formulir pendaftaran dengan lengkap dan benar. Pastikan Anda memberikan informasi yang akurat sesuai dengan data pribadi dan data pendidikan Anda.

5.      Lampirkan Dokumen Pendukung

Sertakan semua dokumen pendukung yang diperlukan bersama formulir pendaftaran. Pastikan bahwa salinan dokumen-dokumen tersebut telah diverifikasi dan disahkan oleh pihak yang berwenang.

6.      Proses Verifikasi

Setelah mengajukan formulir pendaftaran, pihak yang berwenang akan melakukan verifikasi data dan dokumen Anda. Proses ini dapat memerlukan waktu tertentu.

7.      Pemantauan Status Pendaftaran

Secara berkala, pantau status pendaftaran Anda. Beberapa sistem memberikan kemungkinan untuk melacak proses pendaftaran secara online.

8.      Ikuti Petunjuk dan Panduan

Patuhi petunjuk dan panduan yang diberikan oleh otoritas pendidikan. Ini termasuk langkah-langkah selanjutnya yang perlu diambil setelah pendaftaran.

9.      Hubungi Bantuan Teknis (Jika Diperlukan)

Jika Anda mengalami kesulitan atau memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi bantuan teknis atau pusat informasi yang disediakan oleh pihak berwenang.

Dengan demikian, informasi terkait tunjangan sertifikasi guru diharapkan memberikan pemahaman yang lebih mendalam bagi semua pihak yang terlibat, dan diharapkan dapat memberikan manfaat yang maksimal.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad