Kotaku
Beranda Cpns dan PPPK Bocoran Soal SJT untuk Honorer yang Ikut Seleksi PPPK Guru 2023 

Bocoran Soal SJT untuk Honorer yang Ikut Seleksi PPPK Guru 2023 

Bocoran Soal SJT untuk Honorer yang Ikut Seleksi PPPK Guru 2023
Bocoran Soal SJT untuk Honorer yang Ikut Seleksi PPPK Guru 2023

KotakuID – Bocoran soal SJT atau Situational Judgment Test untuk Pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) formasi guru 2023 dapat Anda pelajari di bawah ini.

Pada ulasan kali ini, kotaku.id  telah menuliskan mengenai kumpulan prediksi soal SJT PPPK Guru 2023 yang penting untuk dipelajari sebelum melaksanakan seleksi kompetensi.

Perlu Anda ketahui, bahwa seleksi kompetensi untuk PPPK Guru 2023 masih berlangsung sampai dengan hari ini 4 Desember 2o23.

Sehingga, untuk Anda yang dijadwalkan ikut serta seleksi kompetensi PPPK Guru 2023 bisa dengan mudah mempelajari bocoran soal SJT di bawah ini.

1. Seorang guru sedang mengajar materi mengenai “Kurikulum 2022”. Guru tersebut memberikan tugas kepada para siswa untuk membuat peta konsep mengenai Kurikulum 2022. Tugas ini bertujuan untuk …

A. Melatih keterampilan siswa dalam membuat peta konsep.

B. Melatih kreativitas siswa dalam belajar.

C. Meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi.

D. Meningkatkan motivasi belajar siswa.

Jawaban: C

2. Seorang guru sedang mengajar materi mengenai “Pendidikan Karakter”. Guru tersebut memberikan tugas kepada para siswa untuk membuat karya seni yang berhubungan dengan pentingnya pendidikan karakter. Tugas yang diberikan guru tersebut bertujuan untuk …

A. Melatih keterampilan siswa dalam membuat karya seni.

A. Meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi.

C. Melatih kreativitas siswa dalam belajar.

D. Meningkatkan motivasi belajar siswa.

Jawaban: A

3. Seorang guru sedang memberikan materi mengenai “Keanekaragaman Hayati”. Guru tersebut kemudian memberikan tugas kepada para siswa untuk membuat presentasi mengenai keanekaragaman hayati di Indonesia. Tugas yang diberikan guru tersebut bertujuan untuk …

A. Melatih keterampilan siswa dalam membuat presentasi.

B. Melatih kreativitas siswa dalam belajar.

C. Meningkatkan motivasi belajar siswa.

D. Meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi.

Jawaban: D

3. Setelah pembelajaran selesai, guru langsung memberikan penilaian praktik kepada siswa dan langsung mengumumkan hasilnya. Bagaimana pendapat anda mengenai hal ini?

A. Bagus sekali karena guru telah menerapkan prinsip transparan

B. Kurang setuju karena harusnya sebelum menilai, guru membuat rubrik penilaian lebih dahulu agar hasilnya dapat terukur sesuai kriteria

C. Bagus karena guru dapat mengetahui mana saja siswa yang sudah bisa dan mana saja siswa yang belum bisa

D Kurang setuju, seharusnya penilaian yang dipakai yaitu sebuah proyek atau produk

Jawaban: B

4. Peran penting dari satuan pendidikan dalam pelaksanaan literasi di sekolah yaitu sebagai berikut, kecuali….

A. Melaksanakan kegiatan pembiasaan harian, mingguan, bulanan, semester, kegiatan rutin membaca 15 menit sebelum pembelajaran

B. Melakukan pengawasan dan mewajibkan peserta didik membaca sejumlah buku sastra dan menyelesaikannya dalam kurun waktu tertentu.

C. Menyediakan ruang baca untuk peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan

D. Mendorong terbentuknya ruang baca outdoor yang nyaman

Jawaban: B

5. Setiap guru pastinya menghadapi masalah di kelas ketika pembelajaran berlangsung. Oleh sebab itu, sudah seharusnya setiap guru dapat memecahkan permasalahan pada pembelajaran yang terjadi di kelas. Salah satu cara yang paling tepat yang bisa dilakukan guru ketika menghadapi permasalahan pembelajaran yaitu ….

A. Meminta solusi dari kepala sekolah

B. Melakukan classroom action research

C. Mendatangkan konsultan pendidikan

D. Menemui orang tua siswa

Jawaban: B

6. Kesempatan untuk menempuh suatu pendidikan lanjut dapat dikatakan sulit didapatkan. Seandainya jika Anda mendapatkan kesempatan itu, apakah yang Anda nilai sebagai hal yang paling penting?

A. Peningkatan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan sebagai hasil studi lanjut

B. Pengembangan wawasan melalui belajar

C. Pengembangan jejaring sosial yang bermanfaat kelak bagi pekerjaan

D Peningkatan kecakapan dalam melaksanakan tugas di tempat kerja

Jawaban: A

7. Di sekolah, Anda sering berinteraksi dengan rekan guru Anda yang lainnya. Suatu saat salah satu guru Anda menjadi topik perbincangan di antara guru yang lain di sekolah tersebut. Hal ini karena ia tidak memberikan nilai yang sesuai pada kemampuan yang dimiliki oleh siswa. Dalam menyikapi hal ini apa yang dilakukan pada rekan Anda?

A. Mendiamkan hal tersebut, karena urusan masing-masing

B. Membicarakan permasalahan ini secara baik-baik saat saya dan rekan guru tersebut ngobrol dan sharing santai

C. Menyampaikan pada waka kesiswaaan dan kurikulum agar tidak terjadi salah paham

D. Menyampaikan secara langsung tanpa basa-basi

Jawaban: B

8. Para peserta olimpiade sains nasional (OSN) dari sekolah Anda telah gagal meraih skor tinggi dalam uji coba OSN. Sebagai pendamping OSN, apa yang akan Anda lakukan dalam menyikapi hal ini?

A. Saya meminta para peserta OSN membentuk kelompok belajar materi OSN agar penguasaannya meningkat

B. Saya meminta alumni OSN untuk mengajari para peserta tentang cara menjawab soal OSN

C. Saya merencanakan, menyiapkan, dan menyelenggarakan latihan lebih intensif bagi peserta didik untuk mengikuti OSN pada waktu berikutnya

D. Saya mendorong para peserta OSN mengikuti tambahan pengayaan materi olimpiade dan guru kelas

Jawaban: D

9. Ketika bekerja dengan tim, anggota kelompok lain sering memilih pandangan yang bertentangan dengan pendapat Anda. Pernyataan yang paling benar dalam menggambarkan reaksi Anda adalah…

A. Menerima sepenuhnya keputusan kelompok, dan melakukan introspeksi bila ada pandangan pribadi yang keliru

B. Keluar dari kelompok karena saya tidak bisa menerima keputusan yang bertentangan dengan keyakinan saya

C. Tetap bergabung dengan kelompok namun diam – diam mengharapkan kelompok gagal dalam menjalankan apa yang diputuskan

D. Tetap bergabung dengan kelompok, namun mengikuti semua kegiatan dengan sepenuh hati

Jawaban: A

10. Tetangga Anda mempunyai anak yang menyandang penyakit genetik sehingga jalannya sedikit pincang. Saat menginjak usia SMP, anak tersebut mulai tidak percaya diri karena tidak kuat di-bully oleh temannya. Tragisnya anak tersebut malah tidak naik kelas, sehingga mogok dan tidak mau melanjutkan sekolahnya. Meskipun Anda bukan guru dari si anak tersebut, hal apa yang akan Anda lakukan?

A. Menasihati orang tua/wali untuk membujuk anaknya supaya mau sekolah lagi

B. Menyarankan konsultasi pada anak tersebut agar lebih percaya diri dan mau sekolah lagi untuk masa depannya

C. Menasihati orang tuanya untuk mendaftarkan anaknya ke homeschooling

D. Mendatangi sekolah anak tersebut agar gurunya mengajak anak tersebut sekolah lagi

Jawaban: B

11. Ada seoang guru sedang mengajar materi mengenai “Pemanasan Global”. Guru tersebut memberikan tugas kepada para siswa untuk membuat poster mengenai betapa pentingnya menjaga lingkungan. Tugas yang diberikan guru tersebut bertujuan untuk …

A. Melatih keterampilan pada siswa dalam membuat poster.

B. Melatih kreativitas pada siswa dalam belajar.

C. Meningkatkan motivasi belajar pada siswa.

D. Meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi.

Jawaban: D

Itulah di atas pembahasan tentang bocoran soal SJT untuk honorer yang ikut mendaftar seleksi PPPK Guru 2023. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan