Kotaku
Home Sertifikasi Guru Tujuan Sertifikasi Guru, Manfaat, Dan Tahapan Seleksi Sertifikasi Guru

Tujuan Sertifikasi Guru, Manfaat, Dan Tahapan Seleksi Sertifikasi Guru

Seleksi Sertifikasi Guru

Kotaku.id Tujuan, Manfaat, Dan Tahapan Seleksi Sertifikasi Guru. Apakah Anda para guru sudah mengambil langkah untuk mengikuti program Sertifikasi Guru? Jika belum, sebaiknya Anda segera mempertimbangkan untuk mengikuti program ini.

 

Pengertian Sertifikasi Guru
Sertifikasi Guru

 

Sertifikasi guru membawa berbagai manfaat yang dapat Anda rasakan setelah memperoleh sertifikat ini. Sertifikasi guru adalah suatu proses di mana guru yang telah memenuhi standar kompetensi dan memiliki keterampilan profesional sebagai pengajar diberikan sertifikat pendidik. Jadi, apa saja yang bisa didapatkan guru dari sertifikasi? Ayo, kita lihat penjelasan selengkapnya.

Pengertian Sertifikasi Guru

Tujuan utama pendidikan di Indonesia adalah menciptakan siswa yang unggul. Untuk mencapai tujuan tersebut, guru perlu memiliki keterampilan dan keahlian yang diperlukan karena guru yang profesional akan menghasilkan siswa yang unggul. Sayangnya, tidak semua guru memiliki keterampilan dan keahlian yang diperlukan. Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah telah mengenalkan program sertifikasi guru.

Program ini merupakan inisiatif pemerintah yang ditujukan khusus untuk guru yang telah memenuhi standar kualifikasi dan memiliki keahlian yang diperlukan sebagai pendidik. Guru yang mengikuti program ini dan lulus akan menerima sertifikat pendidik serta sejumlah manfaat tambahan, termasuk tunjangan profesi.

Namun, sebelum memutuskan untuk mengikuti program ini, ada beberapa persyaratan yang perlu dipahami oleh para guru. Oleh karena itu, penting bagi para guru untuk memastikan bahwa mereka memenuhi syarat dan memahami persyaratan sebelum mendaftar.

Tujuan Sertifikasi Guru

Sertifikasi guru memiliki tujuan utama untuk menilai apakah seorang guru layak menjadi tenaga pendidik. Namun, selain itu sertifikasi guru juga bertujuan:

  • Memastikan bahwa guru memenuhi syarat untuk menjalankan peran sebagai pengajar.
  • Mendukung pencapaian tujuan pendidikan nasional.
  • Meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil pendidikan.
  • Menegaskan kemartabatan dan profesionalisme guru.
  • Melindungi reputasi profesi guru dari praktik-praktik yang tidak kompeten.
  • Melindungi masyarakat dari pendidikan yang tidak berkualitas dan tidak profesional.
  • Menjadi alat untuk memastikan mutu lembaga pendidikan guru dan mengatur jumlah guru yang diperlukan oleh pengguna layanan pendidikan.
  • Menjaga lembaga pendidikan dari pengaruh internal dan eksternal yang mungkin menyimpang dari aturan yang telah berlaku.
  • Meningkatkan kesejahteraan guru melalui pemberian tunjangan profesi.

Manfaat Sertifikasi Guru

Mendapatkan sertifikasi sebagai guru itu memang tantangan cukup berat karena persaingannya yang ketat. Akan tetapi, ketika Anda berhasil memenuhi semua persyaratannya dan bisa lulus, banyak hal baik yang akan Anda dapatkan sebagai guru. Salah satunya adalah mendapatkan tunjangan profesi. Guru yang berhasil mendapatkan sertifikat pendidik akan menerima dukungan keuangan tambahan dari pemerintah sebesar satu bulan gaji mereka.

 

Manfaat Sertifikasi Guru
Sertifikasi Guru

 

Dukungan ini bukan hanya sekedar bonus saja, tetapi juga merupakan salah satu cara pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan guru dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Guru yang mendapat pendidikan yang baik dan memiliki stabilitas finansial akan menjadi aset berharga dalam memajukan bangsa ini. Selain tunjangan profesi, guru dengan sertifikasi pendidik juga akan mendapatkan perlindungan dari praktik-praktik yang tidak kompeten yang bisa merusak citra profesi guru.

Tahapan Seleksi Sertifikasi Guru

Bagi Bapak dan Ibu guru yang telah memenuhi syarat dapat mendaftar melalui aplikasi SIM PKB di situs web https://ppg.simpkb.id/ atau menggunakan email di belajar.id Kemendikbud. Setelah mendaftar, Anda akan mengikuti tahapan seleksi sebelum akhirnya menjalani proses. Tahapan seleksi sertifikasi guru meliputi yaitu:

1.      Seleksi Administrasi

Berkas dan persyaratan yang telah diunggah melalui SIM PKB akan diperiksa terlebih dahulu oleh tim penyelenggara. Proses ini akan dilakukan melalui aplikasi SIM PKB dan melibatkan Direktur Jenderal serta tim verifikasi dari LPM.

2.      Tes Substantif

Setelah lolos seleksi administrasi, Anda akan mengikuti tes substantif. Tes ini akan diadakan secara offline di Tempat Uji Kompetensi yang ditentukan. Tes ini akan menggunakan aplikasi CAT ANBK. Sebelum mengikuti tes, Anda perlu melakukan pembayaran dan menunggu verifikasi pembayaran untuk mendapatkan kartu tes digital. Cetak kartu tersebut dan bawa ke tempat diadakannya tes.

3.      Tes Wawancara

Tahap akhir seleksi sertifikasi guru adalah tes wawancara, yang dilakukan secara online melalui platform virtual meeting. Tujuan tes ini adalah untuk lebih memahami potensi kemampuan profesional dan pribadi Anda.

4.      Pengumuman

Setelah melewati semua tes seleksi, Anda hanya perlu menunggu pengumuman hasilnya. Jika Anda lolos, akan mendapatkan informasi tentang penempatan di Perguruan Tinggi dan mengkonfirmasi partisipasi dalam program sertifikasi guru di sana. Program ini mirip dengan perkuliahan, tetapi waktunya lebih singkat yaitu, hanya dua semester dengan total 39 SKS. Sertifikat pendidikan akan diberikan kepada guru yang lulus ujian sertifikasi.

Apakah Anda tertarik untuk mengikuti program sertifikasi guru ini? Semoga informasi ini membantu Bapak dan Ibu guru dalam mempertimbangkan program ini. Jika ada pertanyaan, jangan ragu dan malu untuk menghubungi kami.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad