Kotaku
Home Pendidikan Untuk Guru Tips Cara Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa

Tips Cara Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa

Bagaimana cara meningkatkan kemampuan numerasi? Jika Anda mendengar kata kemampuan numerasi, apakah yang terlintas pertama di benak Anda? Banyak orang pasti akan berpikir tentang matematika,dan  pintar berhitung. Namun, kemampuan ini bukan hanya sebatas mengenai perhitungan saja lho.

Dalam Kurikulum Merdeka kemampuan numerasi adalah salah satu yang perlu dikuasai oleh siswa, karena kemampuan ini salah satu dari asesmen yang akan dijalani. Oleh karena itu guru sebagai pendidik juga harus dapat menerapkan cara-cara untuk dapat meningkatkan kemampuan siswa terkait numerasi.

Selain itu memiliki kemampuan numerasi yang baik, juga akan bermanfaat bagi siswa dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kemampuan ini siswa akan dapat membuat keputusan yang baik, serta dapat memecahkan masalah dengan baik.

Untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan kemampuan numerasi pada siswa, berikut ini kotaku.id bagikan tipsnya.

Memahami apa itu kemampuan numerasi

Numerasi merupakan kemampuan dalam mengaplikasikan konsep bilangan serta simbol dalam kehidupan sehari-hari. Keterampilan ini adalah kemampuan setiap orang untuk dapat mengaplikasikan konsep operasi hitung dan bilangan pada kehidupan sehari-hari. Selain operasi hitung, numerasi juga kemampuan dalam hal menganalisis atau menginterpretasikan sebuah data dalam bentuk data kuantitatif yang ada di lingkungan sekitar.

Menurut Kurniasih, numerasi adalah kemampuan dalam pemecahan masalah, menganalisis data atau informasi serta menjelaskan proses yang ada kaitannya dengan numerasi. Kemudian menurut Askew numerasi adalah kemampuan memproses, menjelaskan, serta menginterprestasikan informasi numerik ke dalam beberapa konteks.

Cara Meningkatkan Kemampuan Numerasi

Selain berhubungan dengan operasi hitung dan matematika, numerasi juga merupakan kemampuan berpikir menggunakan prosedur, konsep, fakta dan alat matematika untuk menyelesaikan berbagai konteks yang relevan.

Pada proses belajar kemampuan numerasi juga perlu dikuasai oleh siswa, sehingga guru harus memikirkan cara untuk dapat meningkatkan kemampuan numerasi siswanya.

Berikut ini adalah beberapa strategi untuk meningkatkan keterampilan numerasi pada siswa;

Terapkan konsep matematika di berbagai aktivitas

Konsep matematika dapat diterapkan ke dalam berbagai kegiatan sehari=hari atau dalam pembelajaran. Hal ini dapat digunakan guru untuk dapat mengembangkan kemampuan numerasi siswa. Misalnya dengan menjadikan berhitung sebagai bagian  aktivitas sehari-hari.siswa akan dihargai untuk menyelesaikan berbagai masalah menggunakan numerasi. Misalnya guru membagikan beberapa permen ke beberapa siswa, untuk mengajarkan konsep pembagian dan perkalian. Dengan cara seperti itu, siswa akan lebih memahami konsep perhitungan.

Berikan pemahaman konsep, bukan hafalan

Lebih baik dalam pembelajaran matematika guru mengajarkan bagaimana pemahaman konsepnya bukan sekedar menghafal saja. Guru harus dapat mengajar tentang metode pemecahan masalah. Karena jika hanya mengandalkan hafalan, kemampuan numerik tidak akan dapat berkembang. Siswa harus dapat memahami konsep. Sehingga dalam menjelaskan guru dapat memberikan contoh yang dekat dan ada di lingkungan sehari-hari siswa.

Gunakan pendekatan problem solving

Pendekatan pembelajaran berbasis masalah atau problem solving dalam pembelajaran matematika melalui situasi yang relevan dan bermakna bagi mereka. Guru dapat memberikan tantangan atau suatu masalah yang memerlukan penerapan konsep numerasi dalam kehidupan sherai-hari. Pendekatan tersebut dilakukan untuk membuat pembelajaran lebih menarik, sehingga siswa akan bersemangat dna memunculkan situasi belajar yang positif.

Gabungkan angka dan kata

Menyajikan data atau informasi numerik seperti rasio, persentase jumlah dapat membiasakan siswa untuk selalu berpikir dna terbaik adegan operasi hitung. Sehingga dalam menjelaskan guru dapat menggabungkan angka dan kata dalam percakapan. Namun guru uag harus memberikan waktu baia ssw untuk mencerna informasi yang disampaikan. Serta memberikan ruang untuk siswa dapat bertanya ketika tidak mengerti dengan penjelasan yang diberikan guru.

Berlatih teratur

Agar memiliki kemampuan numerasi yang baik, maka siswa perlu berlatih untuk mengerjakan berbagai soal-soal numerasi. Latihan ini akan membantu siswa untuk memahami berbagai jenis masalah dan soal. Sedangkan pada AKM, kemampuan numerik yang akan diujikan berkaitan dengan geometri,perguruan , aljabar hingga bilangan. Oleh akrena itu, dieprlukaa latihans ecar ateratur untuk menyatakan kemampuan numerasi yang baik.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad