Kotaku
Beranda Pendidikan Untuk Guru Yang Dilakukan Guru untuk Memahami Kompetensi Akhir yang Hendak Dicapai Siswa Adalah

Yang Dilakukan Guru untuk Memahami Kompetensi Akhir yang Hendak Dicapai Siswa Adalah

Yang Dilakukan Guru untuk Memahami Kompetensi Akhir yang Hendak Dicapai Siswa Adalah

Kotaku.id – Dibawah ini merupakan pembahasan lengkap mengenai yang dilakukan guru untuk memahami kompetensi akhir yang hendak dicapai siswa adalah, yuk simak pembahasannya. Kali ini ulasan dibawah akan membahas secara tuntas mengenai yang dilakukan guru untuk memahami kompetensi akhir yang hendak dicapai siswa. Yuk bagi Anda para guru simak apa saja yang dilakukan guru untuk memahami kompetensi akhir yang hendak dicapai siswa.

Pada saat ini perkembangan pendidikan di seluruh dunia sedang berkembang pesat. Oleh sebab itu, diperlukan sumber daya manusia yang unggul untuk bisa menghadapi persaingan tersebut. Salah satu yang berperan menciptakan sumber daya yang unggul yakni adalah guru. Apakah Anda mengetahui apa itu guru dan ruang lingkupnya? Untuk Anda yang masih penasaran, yuk simak pengertian, peran, dan tugas guru dibawah ini.

Pengertian Guru

Guru adalah seseorang yang mengabdikan dirinya untuk menyampaikan dan mengajarkan ilmu pengetahuan, serta pemahaman kepada peserta didik. Bukan hanya pendidikan formal saja, akan tetapi guru juga menjadi sosok yang diteladani oleh semua siswanya. Dari sini Anda bisa melihat bahwa tugas guru ini sangat penting untuk perkembangan siswa. Baik itu di sekolah ataupun dilingkungan masyarakat. Tujuan guru ini adalah untuk membantu siswa agar mempunyai pemahaman dan pengetahuan agar bisa bersaing di masa depan. Dalam hal ini guru mempunyai tugas untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran yang mana memberi peran kepada semua peserta didik.

Tugas dan Peran Guru

Guru sendiri mempunyai beberapa tugas dan tanggungjawab terhadap peserta didiknya. Tugas guru adalah mengajar, mendidik, melatih, membimbing, mengarahkan, serta memberikan motivasi kepada peserta didik. Hal ini dilakukan supaya bisa memberi motivasi kepada peserta didik supaya tetap semangat belajar.

Sedangkan, untuk peran guru ini sangat dibutuhkan yakni untuk membantu peserta didik mendapatkan pemahaman dan pengetahuan ilmu. Untuk peran, guru mempunyai tanggungjawab seperti pengajar, pendidik, motivator, teladan, pembimbing, administrator, dan sebagai inovator. Nah, sekarang Anda sudah mengetahui apa pengertian, tugas, dan peran guru bukan.

Yang Dilakukan Guru Untuk Memahami Kompetensi Akhir Yang Hendak Dicapai Siswa

Selanjutnya, ulasan ini akan membahas mengenai yang dilakukan guru untuk memahami kompetensi akhir yang hendak dicapai siswa.

Dalam hal ini guru perlu mengetahui sejauh mana perkembangan siswanya, baik itu pengetahuan, keterampilan, serta sikap yang dikuasai selama pembelajaran. Hal ini dilakukan sebagai bentuk evaluasi pemahaman siswa pada materi pelajaran dan kemampuan mereka.

Guru sendiri mempunyai empat indikator kompetensi, diantaranya kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, serta kompetensi sosial.

Jadi, itulah yang dilakukan guru untuk bisa memahami kompetensi akhir yang hendak dicapai siswa. Demikian pembahasan mengenai yang dilakukan guru untuk memahami kompetensi akhir yang hendak dicapai siswa. Semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat bagi Anda.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan