Kotaku
Home Cpns dan PPPK Nilai Ambang Batas PPPK Kemenag 2023

Nilai Ambang Batas PPPK Kemenag 2023

Kotaku.id Nilai Ambang Batas PPPK Kemenag 2023 – Berikut adalah nilai ambang batas yang telah ditetapkan untuk Seleksi Kompetensi PPPK Kemenag 2023. Awalnya, jadwal pelaksanaan Seleksi Kompetensi PPPK Kemenag 2023 direncanakan berlangsung mulai tanggal 11 November hingga 7 Desember 2023 mendatang. 

Sebelum peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Kemenag 2023, para peserta diharapkan untuk lebih memperhatikan beberapa aspek, antara lain termasuk informasi terkait waktu dan lokasi pelaksanaan. Selain itu, mereka juga diminta untuk mempersiapkan diri dengan baik, mengkaji materi-materi yang relevan agar bisa mengikuti seleksi dengan lancar. 

Tidak hanya itu, peserta juga diwajibkan untuk memahami dengan baik nilai ambang batas yang telah ditetapkan, sehingga mereka memiliki peluang maksimal untuk berhasil lolos dalam Seleksi Kompetensi PPPK Kemenag 2023.

Nilai Ambang Batas PPPK Kemenag 2023

Nilai Ambang Batas PPPK Kemenag 2023
Nilai Ambang Batas PPPK Kemenag 2023

Berikut adalah rincian nilai ambang batas yang menjadi acuan dalam seleksi kompetensi untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), sebagaimana diatur oleh Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Nomor 14 Tahun 2023. Peserta yang berhasil melewati Seleksi Kompetensi memiliki kesempatan untuk melanjutkan ke tahap Seleksi Kompetensi Teknis Tambahan, dengan syarat-syarat sebagai berikut:

1. Kebutuhan Umum

Skor kumulatif paling rendah yang diterima dari Seleksi Kompetensi Manajerial dan juga Seleksi Kompetensi Sosial Kultural yaitu sebesar 117. Peserta harus memperoleh skor wawancara tidak kurang dari 24.

2. Kebutuhan Khusus

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 648 Tahun 2023 mengenai Mekanisme Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk Jabatan Fungsional Tahun Anggaran 2023, pelamar dengan kebutuhan khusus tidak tunduk pada ketentuan nilai ambang batas. Kelulusan peserta ditentukan yaitu dari berdasarkan peringkat terbaik pada masing-masing kebutuhan jabatan, yang dihasilkan dari integrasi nilai Seleksi Kompetensi dan dari nilai Seleksi Kompetensi Teknis Tambahan.

Materi Seleksi Kompetensi PPPK 2023

Materi Seleksi Kompetensi PPPK 2023

Seleksi Kompetensi Teknis

  • Seleksi Kompetensi Teknis memiliki tujuan untuk mengevaluasi keterampilan, pemahaman, serta sikap dan perilaku yang dapat dilihat dan diidentifikasi, diukur dan ditingkatkan secara spesifik dalam konteks bidang teknis jabatan.
  • Seleksi Kompetensi Teknis ini terdiri dari 90 buah pertanyaan
  • Skor tertinggi yang bisa Anda capai nantinya yaitu antara lain 450 poin, dengan bobot jawaban yang benar memiliki nilai 5 poin, sedangkan jawaban salah atau tidak dijawab memiliki nilai 0 poin.
  • Penilaian kumulatif Seleksi Kompetensi Teknis merupakan hasil gabungan antara nilai Seleksi Kompetensi Teknis dan nilai Seleksi Kompetensi Teknis Tambahan, dengan bobot penilaian masing-masing sebesar 50 persen.

Seleksi Kompetensi Manajerial

  • Seleksi Kompetensi Manajerial bertujuan agar mengevaluasi dedikasi, kapabilitas, dan juga prilaku individu dalam konteks organisasional.
  • Seleksi Kompetensi Manajerial ini terdiri dari 25 buah pertanyaan.
  • Skor kumulatif yaitu merupakan skor hasil penggabungan dari nilai Seleksi Kompetensi Manajerial dan juga dari nilai Seleksi Kompetensi Sosial Kultural, dengan skor tertinggi yang mencapai 180. Bobot jawaban yang benar mempunyai nilai 1 hingga 4, sedangkan ketidakjawaban dinilai dengan 0.

Seleksi Kompetensi Sosial Kultural

  • Seleksi Kompetensi Sosial Kultural ini dimaksudkan untuk bisa mengevaluasi pengetahuan dan juga sikap dengan pengalaman anda berinteraksi dengan masyarakat, itu merupakan kriteria yang wajib dipenuhi oleh semua pemegang jabatan agar mencapai hasil kerja yang sudah sesuai dengan jabatan, peran, dan fungsi.
  • Komponen Seleksi Kompetensi Sosial Kultural terdiri dari 20 pertanyaan.
  • Skor kumulatif didasarkan pada hasil gabungan dengan nilai Seleksi Manajerial dan juga dari nilai Seleksi Sosial Kultural, dengan skor paling tinggi yaitu mencapai 180. Bobot jawaban yang benar memiliki nilai antara 1 dan 4 skor, sedangkan ketidakjawaban dinilai dengan skor 0.

Wawancara

  • Wawancara dirancang untuk mengevaluasi integritas dan juga moralitas, mencakup beberapa aspek seperti kejujuran, keadilan, etika, komitmen dan juga ketaatan.
  • Bagian Wawancara terdiri dari 10 pertanyaan.
  • Skor tertinggi yang telah diperoleh dan dihasilkan ialah 40 skor, di mana skor tersebut dari bobot jawaban Anda yang benar memiliki nilai antara lain 1 hingga 4 skor, dan ketidakjawaban memiliki nilai skor 0.

Dengan demikian, materi Seleksi Kompetensi PPPK Kemenag 2023 ini membentang luas dalam evaluasi kandidat untuk jabatan yang tertentu. Melalui Seleksi Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial, Kompetensi Sosial Kultural, dan tahap Wawancara, calon peserta diharapkan dapat memperlihatkan pemahaman mendalam, keterampilan yang relevan, serta dedikasi dan moralitas yang sesuai dengan tuntutan jabatan.

Setiap fase seleksi memegang peran penting dalam memberikan gambaran holistik terhadap kemampuan dan karakter calon. Dengan pendekatan yang cermat dan komprehensif, diharapkan hasil seleksi ini dapat menghasilkan pemimpin atau pekerja yang tidak hanya memiliki keahlian teknis yang unggul tetapi juga memahami aspek-aspek manajerial dan sosial kultural yang penting dalam konteks pekerjaan mereka.

Semua peserta diundang untuk memberikan upaya maksimal dalam menghadapi setiap tahap seleksi ini. Integritas, Kejujuran dan juga komitmen dalam setiap jawaban serta perilaku akan menjadi landasan penting dalam menilai kesesuaian dengan jabatan yang diinginkan. Semoga seleksi ini menciptakan lingkungan kerja yang beragam dan produktif, di mana setiap individu dapat memberikan kontribusi terbaik mereka. Sukses untuk semua peserta Seleksi Kompetensi PPPK Kemenag 2023!

BalasTeruskan

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad