Kotaku
Home Cpns dan PPPK Panduan Cek Pengumuman Kelulusan PPPK Guru 2023

Panduan Cek Pengumuman Kelulusan PPPK Guru 2023

Kotaku.id Panduan Cek Pengumuman Kelulusan PPPK Guru 2023 – Pemberitahuan mengenai hasil akhir seleksi PPPK Guru 2023 belum dirilis dan mengalami penundaan. Baru-baru ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan jadwal terbaru untuk tahap seleksi PPPK tahun ini. Berdasarkan jadwal seleksi PPPK sebelumnya, pengumuman hasil seleksi dijadwalkan mulai 6 hingga 15 Desember 2023.

Proses pengumuman kelulusan PPPK Teknis dan Tenaga Kesehatan dilakukan secara bertahap. Hingga tanggal 15 Desember 2023, tercatat bahwa 64 instansi telah mengumumkan hasil seleksi PPPK Tenaga Kesehatan, sementara 56 instansi telah mengumumkan kelulusan PPPK Teknis. Namun, pengumuman hasil seleksi PPPK Guru 2023 mengalami penundaan dan tidak dapat dilaksanakan sesuai jadwal semula.

Menurut BKN, panitia seleksi memerlukan waktu tambahan untuk mengolah data hasil kelulusan peserta yang telah mengikuti seleksi kompetensi. Oleh karena itu, Badan Kepegawaian Negara telah mengeluarkan jadwal terbaru untuk seleksi PPPK Guru 2023, dengan pengumuman hasil seleksi direncanakan paling lambat pada Jumat, 22 Desember 2023. Informasi tersebut dapat diakses melalui laman SSCASN atau situs resmi instansi yang menjadi tujuan masing-masing peserta.

Peserta yang berhasil lolos seleksi PPPK 2023 akan diwajibkan untuk mengisi Daftar Riwayat Hidup Nomor Induk (DRH NI). DRH NI merupakan kumpulan informasi biodata lengkap peserta yang telah sukses melewati seleksi PPPK tahun 2023, dan pengisian tahap ini dijadwalkan berlangsung mulai 16 Desember 2023 hingga 14 Januari 2024.

Kenapa Jadwal Pengumuman PPPK Guru 2023 Belum Keluar ?

Kenapa Jadwal Pengumuman PPPK Guru 2023 Belum Keluar ?
Kenapa Jadwal Pengumuman PPPK Guru 2023 Belum Keluar ?

Melalui platform resmi mereka, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan bahwa saat ini proses evaluasi kelulusan untuk seleksi Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru tahun 2023 sedang berlangsung. Oleh karena itu, terdapat perubahan dalam jadwal pengumuman hasil seleksi PPPK Guru 2023 tahun ini. Tahap ini melibatkan konfirmasi dan klarifikasi dari pihak terkait terhadap beberapa aspek data yang relevan.

Elemen-elemen data yang menjadi fokus dalam proses konfirmasi dan klarifikasi ini mencakup hasil seleksi manajerial dan sosiokultural peserta tahap pertama (P1), evaluasi hasil seleksi kompetensi teknis tambahan, dan pemeriksaan afirmasi serta validasi sertifikat pendidik. Meskipun pengumuman hasil seleksi PPPK Guru tahun 2023 mengalami penundaan, BKN menegaskan bahwa informasi tersebut akan diumumkan secara resmi paling lambat pada tanggal 22 Desember 2023 mendatang.

Panduan Cek Pengumuman Kelulusan PPPK Guru 2023

Berdasarkan arahan yang tercantum dalam surat edaran BKN nomor 13497/B-KS.04.01/SD/D/2023 mengenai Penyesuaian Jadwal Seleksi PPPK Tahun Anggaran 2023, diinformasikan bahwa pengumuman kelulusan akan disampaikan pada periode 6 hingga 22 Desember 2023. Para peserta diharapkan untuk secara rutin melakukan pengecekan melalui akun pribadi masing-masing di situs resmi SSCASN.

Alternatif lain adalah melalui situs web resmi instansi yang menjadi tujuan pendaftaran. Bagi peserta yang ingin mengetahui hasil pengumuman PPPK Guru melalui portal SSCASN, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Silakan akses laman https://sscasn.bkn.go.id/.
  • Lakukan proses login ke akun masing-masing dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan kata sandi.
  • Setelah berhasil login, peserta akan dapat melihat ringkasan pendaftaran dan informasi mengenai status kelulusan PPPK Guru tahun 2023.

Selain opsi melalui portal SSCASN, peserta juga memiliki alternatif untuk mengecek pengumuman melalui situs resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud) dengan cara berikut:

  • Kunjungi laman https://casn.kemdikbud.go.id/pppk/pppk2023.
  • Gulir ke bawah dan cari informasi pengumuman PPPK Guru tahun 2023.
  • Klik tautan pengumuman (jika sudah tersedia) dan periksa kelulusan peserta yang tercantum dalam dokumen tersebut.

Penyesuaian Jadwal Seleksi PPPK Guru 2023

Penyesuaian Jadwal Seleksi PPPK Guru 2023
Penyesuaian Jadwal Seleksi PPPK Guru 2023

Menurut informasi yang terdapat dalam surat edaran yang dikeluarkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dengan nomor 13497/B-KS.04.01/SD/D/2023, kami ingin menyampaikan kepada Anda jadwal terkini seleksi Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2023 yang masih berlangsung hingga saat ini. Adapun rincian jadwal tersebut adalah sebagai berikut:

  • Pengumuman Kelulusan: Tanggal 6 hingga 22 Desember 2023.
  • Pengisian Data Registrasi Hak (DRH) Nomor Induk (NI) PPPK: Mulai tanggal 16 Desember 2023 hingga 14 Januari 2024.
  • Pengajuan Usul Penetapan Nomor Induk (NI) PPPK: Periode dari tanggal 15 Januari hingga 13 Februari 2024.

Dengan demikian, mengacu pada surat edaran resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) nomor 13497/B-KS.04.01/SD/D/2023, kami berusaha menyampaikan kepada semua pihak terkait jadwal seleksi Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2023 yang masih berlangsung hingga saat ini.

Sebagaimana terinci dalam informasi tersebut, rangkaian kegiatan seleksi mencakup Pengumuman Kelulusan pada rentang tanggal 6 hingga 22 Desember 2023, Pengisian Data Registrasi Hak (DRH) Nomor Induk (NI) PPPK dari tanggal 16 Desember 2023 hingga 14 Januari tahun 2024, dan proses Pengajuan Usul Penetapan Nomor Induk (NI) PPPK yang berlangsung mulai tanggal 15 Januari hingga 13 Februari tahun 2024.

Melalui pengumuman ini, diharapkan para peserta seleksi dapat mengikuti setiap tahapan dengan cermat sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Untuk memastikan kelancaran proses administratif dan kejelasan informasi, diharapkan juga agar peserta dapat mematuhi semua petunjuk yang tertera dalam surat edaran tersebut.

Adapun tim penyelenggara seleksi dan Badan Kepegawaian Negara sangat mengapresiasi partisipasi serta keterlibatan seluruh peserta dalam mematuhi jadwal dan prosedur yang telah ditetapkan. Dengan kerjasama yang baik, diharapkan seleksi PPPK tahun 2023 dapat berjalan dengan lancar dan adil.

Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kerjasama yang telah diberikan oleh semua pihak terkait. Semoga informasi ini dapat memberikan pemahaman yang jelas serta mendukung kelancaran pelaksanaan seleksi PPPK tahun 2023. Jika terdapat pertanyaan lebih lanjut, kami membuka saluran komunikasi untuk memberikan bantuan yang diperlukan.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad