Kotaku
Home Seputar Pekerjaan Mengenal Jurusan RPL Rekayasa Perangkat Lunak dan Prospek Kerjanya

Mengenal Jurusan RPL Rekayasa Perangkat Lunak dan Prospek Kerjanya

jefferson santos 9SoCnyQmkzI unsplash

KOTAKU.ID – Jurusan RPL atau rekayasa perangkat lunak dapat dengan mudah ditemui di tingkat SMK dan perguruan tinggi. Namun apa saja yang dipelajari pada jurusan ini dan bagaimana prospek kerjanya? Jika ingin tahu simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Mengenal Jurusan RPL

Jurusan RPL adalah jurusan yang mempelajari bagaimana teknik, prinsip dasar dan cara mendesain sebuah perangkat lunak (software). Bidang ilmu ini juga dikenal dengan nama software engineering. Kompetensi keahliannya masuk ke bidang Teknologi Komputer dan informatika dan secara khusus mempelajari tentang pemrograman komputer.

Seorang yang memilih jurusan ini akan banyak belajar tentang cara pengamanan perangkat lunak, termasuk pembuatan, pemeliharaan dan manajemen kualitasnya. Mungkin banyak orang yang mengira jurusan RPL sama dengan jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) namun keduanya berbeda, TKJ lebih mendalami komponen hardware dalam komputer.

Materi Yang Dipelajari Jurusan RPL

Gambaran lebih jelas tentang materi apa saja yang dipelajari di jurusan RPL adalah sebagai berikut ini:

1. Materi RPL Tingkat SMK

Jurusan RPL pada tingkat SMK akan diperkenalkan dengan dasar-dasar pemrograman. Ada 3 materi pokok yang harus diajarkan seperti:

  • Coding : merupakan aktivitas yang dilakukan oleh programmer akan bisa komunikasi dengan computer. Ada beberapa materi khusus yang ada seperti bahasa pemrograman seperti Java, HTML, PHP, MySQL, Javascript dan AJAX.
  • Desain : selanjutnya siswa akan belajar tentang desain yang tepat guna. Lebih tepatnya belajar tentang web design. Siswa tidak hanya belajar tentang prinsip dan komposisi desain saja namun juga mengenal bagaimana penggunaan software desain seperti photoshop, Coreldraw, Figma dan lainnya.
  • Algoritma : dalam ilmu komputer, algoritma adalah rangkaian instruksi untuk menyelesaikan masalah komputasi.

2. Materi RPL Tingkat Perguruan Tinggi

Ketika anda memilih jurusan RPL ketika di tingkat perguruan tinggi maka materi yang akan dipelajari bisa lebih kompleks. Seperti sistem digital dan operasi komputer, basis dan struktur data, komputasi numerik, pemrograman web dan mobile, sistem operasi, artificial intelligence dan manajemen dan arsitektur perangkat lunak.

Prospek Kerja Jurusan RPL

Prospek kerja jurusan RPL cukup luas dan menjanjikan. Terlebih saat ini semakin berkembang teknologi, artinya kebutuhan kerjanya  pun semakin luas. Nah jika anda mengambil jurusan RPL ada beberapa prospek kerja yang bisa diambil setelah lulus, contohnya:

1. Programmer / Software Engineer

Programmer adalah seorang yang memiliki pekerjaan menulis kode untuk menciptakan perangkat lunak baru. Pada beberapa perusahaan posisi ini sering disebut dengan software engineer. Tugas utamanya seperti yang disinggung sebelumnya adalah rancangan menulis, menguji, debugging dan troubleshooting sebuah rancangan kode untuk membuat suatu perangkat lunak.

2. Web Design

Selanjutnya, di jurusan RPL dipelajari tentang desain web. Nah pekerjaan satu ini tugasnya adalah merancang tampilan sebuah web mulai dari menentukan layout, warna, font dan lainnya. Seorang web design biasanya focus ada tahapan merancang dan membuat desain nya sehingga tidak terlalu dilibatkan dalam proses pengembangannya nanti.

3. Web Developer

Setelah itu ada prospek kerja web developer yang bertanggung jawab dalam menyusun komponen sebuah web, seorang web developer membangun web dari nol hingga nantinya bisa beroperasi dengan baik. Web ini pun sesuai dengan kebutuhan bisa tentang informasi, perusahaan, untuk produk dan lainnya.

4. Data Base Administrator

Tugas dari data base administrator adalah memastikan data base perusahaan bisa beroperasi secara efisien dan tanpa error. Tujuannya mengembalikan data demi mencegah kehilangan data.

Nah itulah penjelasan tentang jurusan RPL dan prospek kerjanya. Menurut anda bagaimana prospek kerja RPL? Cukup menjanjikan bukan?

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad