Kotaku
Beranda Ilmu Jualan Online Apa yang Dimaksud dengan e-Commerce? Ini Penjelasannya

Apa yang Dimaksud dengan e-Commerce? Ini Penjelasannya

Apa yang Dimaksud dengan e Commerce Ini Penjelasannya

Kotaku.id – e-Commerce merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi yang dapat dirasakan sekarang. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan adanya e commerce, terutama bagi orang- orang yang suka berbelanja online di internet.

Apakah Anda menjadi salah satu orang yang suka belanja online? Banyak orang mungkin memang suka berbelanja, baik wanita atau pria, bahkan tidak terpaut pada usia bisa mempunyai sifat konsumtif.

Akan tetapi, apakah Anda sudah paham dengan benar mengenai apa itu e commerce? Nah, perlu Anda ketahui bahwa berkat hadirnya Internet, perkembangan teknologi membuka peluang bisnis baru. Hadirnya e- commerce ini adaah salah satunya. Tapi tahukah Anda apa itu e-commerce, apa bisnis ini dapat membantu Anda sekalian untuk memenuhi kepuasan perilaku konsumtif? Bagaimana perkembangannya di Indonesia?

Nah, e-commerce merupakan seluruh kegiatan yang berhubungan dengan transaksi online yang mana berlangsung melalui internet ataupun jaringan elektronik lainnya. Akan tetapi, pada umumnya, Anda mengenal e-commerce sebagai sebuah aktivitas belanja online yang melibatkan jual beli produk fisik maupun digital melalui Internet. Bahkan, e-commerce diketahui mencakup kegiatan seperti diantaranya jual beli, perbankan, dan penyediaan jasa.

Nah, dalam ulasan kali ini akan membahas secara tuntas mengenai semua hal tersebut, ini merupakan penjelasannya.

Apa yang Dimaksud dengan e-Commerce?

Apa yang dimaksud e-commerce? e-commerce merupakan semua kegiatan perdagangan yang dilakukan lewat media elektronik. Untuk televisi dan telepon juga tersedia, akan tetapi lebih banyak electronic commerce yang berjalan melalui Internet. Perkembangan teknologi, khususnya Internet mampu mempengaruhi banyak bidang kehidupan, termasuk salah satunya ritel. Perdagangan diketahui telah berubah dalam hal proses jual beli serta pemasaran produk. Proses perdagangan ini pada umumnya dikenal dengan electronic commerce atau singkatnya electronic commerce.

Pengertian dari e-commerce menurut Laudon & Laudon yakni merupakan suatu proses penjualan dan pembelian barang secara elektronik oleh konsumen. Yang mana merupakan transaksi business-to-business dengan perantaranya adalah computer, yaitu dengan menggunakan jaringan komputer.

Perbedaan e-Commerce dan Marketplace

Apa yang Dimaksud dengan e-Commerce? Ini Penjelasannya

David Baum (1999) juga mendefinisikan e-commerce dijadikan sebagai seperangkat teknologi dinamis dengan bentuk aplikasi dan proses bisnis yang akan menghubungkan bisnis, konsumen, serta masyarakat lewat e-commerce pada hal pertukaran barang, jasa, dan informasi secara elektronik.

Pemahaman mengnai e-commerce ini bisa menyebabkan kesalahpahaman mengenai bagaimana sistem e-commerce dan pasar. Istilah adanya e-commerce digunakan untuk menggambarkan seluruh transaksi yang menggunakan media elektronik.

Sedangkan untuk marketplace sendiri adalah salah satu model electronic commerce yang berperan sebagai perantara dari penjual dan pembeli. Penjual yang berdagang di dalam pasar hanya perlu membeli. Seluruh aktivitas lain, seperti manajemen situs web, diambil alih oleh sebuah platform situs. Misalnya seperti Shopee dan Lazada sebagai dua contoh marketplace.

E commerce diketahui menawarkan banyak perubahan terkait dengan proses perdagangan. Jika proses jual beli tradisional memerlukan pertemuan tatap muka antara pembeli dan penjual. Maka e commerce tidak lagi memerlukannya. Pembeli bisa berdagang di berbagai kota tanpa ada pertemuan dan berkomunikasi lewat internet. E Commerce dinilai menguntungkan pembeli dan penjual. Pembeli lebih hemat biaya dan waktu karena tidak harus jauh-jauh mencari barang yang diperlukan.

Selain kelebihannya, ada juga kekurangannya ketika memproses transaksi jual beli lewat Internet. Kerugiannya yaitu pembeli tidak bisa melihat barang secara langsung dan tidak tahu bahan dari mana barang tersebut dibuat.

Misalnya saja, jika seorang pembeli ingin membeli pakaian, citra dan persepsi pembeli mngnai pembelian tersebut bisa berbeda dengan produk yang dijual. Hal ini karena tidak bisa memegang dan menyentuh bahan yang digunakannya.

Kesimpulan

Hadirnya Electronic Commerce ini sangat menguntungkan dunia ritel. Penjual dan pembeli dimudahkan aksesnya hanya dengan melalui internet saja. Jadi itulah diatas pembahasan lengkap mengenai electronic commerce yang perlu Anda ketahui. Semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat ya!

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan