Kotaku
Home Ilmu Jualan Online 5 Jenis Strategi Digital Marketing yang Efektif

5 Jenis Strategi Digital Marketing yang Efektif

domenico loia hGV2TfOh0ns unsplash

KOTAKU.ID – Apakah anda tahu apa itu strategi digital dan apa saja jenis strategi digital marketing yang ada? Jika belum simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya!

Digital merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan proses pemasaran produk atau layanan menggunakan media digital (internet, media sosial dan email). Strategi digital marketing ada berbagai macam mulai dari gratis hingga berbayar namun tujuannya sama yakni mempromosikan suatu bisnis.

Meskipun terdapat jenis strategi digital marketing yang membutuhkan biaya, namun biaya ini sepadan dengan hasil yang didapatkan. Mari kenali strategi digital marketing lebih dekat.

Mengenal Strategi Digital Marketing

Strategi Digital Marketing

Dalam suatu bisnis, strategi digital marketing dimaknai sebagai perencanaan dan pemanfaatan saluran digital untuk mencapai tujuan bisnis. Strategi yang bisa digunakan menggunakan mode gratis dan berbayar tergantung pada anggaran bisnis dan tujuannya.

Strategi digital marketing makin marak terlebih di zaman yang serba digital seperti saat ini. Menerapkan strategi digital marketing imbas dan target marketnya lebih luas dibandingkan yang offline karena kini internet bisa menjangkau berbagai kalangan di belahan bumi manapun.

Mengenal Jenis-Jenis Strategi Digital Marketing

Setidaknya ada 5 jenis strategi digital marketing yang bisa dipahami oleh seorang pebisnis, diantaranya adalah:

1. Search Engine Optimization / SEO

Strategi pertama yang bisa dipilih untuk memperkenalkan suatu bisnis adalah menggunakan SEO. SEO merupakan strategi digital marketing untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencarian secara organic.

Tenun terdapat strategi yang tepat agar website bisnis anda bisa masuk ke peringkat teratas mesin pencarian. Contohnya dengan mengoptimalkan konten di website, menggunakan bahasa yang mudah dilakukan, membuat kata kunci yang relevan, melakukan backlink dan lainnya.

Dengan cara yang tepat, website anda bisa semakin optimal dan mudah ditemukan oleh pengguna internet.

2. Search Engine Marketing / SEM

Selain SEO, ada pula SEM yang bisa meningkatkan jumlah kunjungan ke situs web. Strategi digital marketing ini melibatkan penggunaan iklan berbayar untuk muncul di hasil pencarian.

Suatu bisnis yang memasang iklan di mesin pencarian, maka iklan tersebut bisa muncul di bagian atas halaman pencarian. Jika menggunakan strategi ini, anda harus siap membayar setiap kali seseorang mengklik iklan yang anda buat.

3. Social Media Marketing

Saat ini pengguna sosial media sudah semakin besar, ini tentu bisa menjadi peluang untuk beriklan pada audiens yang lebih luas. Sosial media marketing adalah bentuk promosi menggunakan media sosial (bisa facebook, instagram, tiktok dan lainnya). Strategi ini cukup efektif dalam membangun hubungan dengan calon pelanggan dan bisa meningkatkan brand awareness.

4. Email Marketing

Anda tentunya pernah mendapatkan notifikasi email berisikan promosi produk atau layanan. Nah inilah email marketing. Strategi ini bertujuan mempertahankan pelanggan yang ada dengan memberikan konten informatif secara berkala. Untuk keefektifannya cukup tinggi Karena email marketing bisa mendorong pelanggan untuk membeli produk atau layanan anda lagi.

5. Content Marketing

Strategi ini berfokus pada pembuatan konten bisa berupa tulisan, video, infografis dan konten lainnya yang menarik perhatian dan mempertahankan audiens. Konten yang relevan dan bermanfaat bagi audiens bisa membangun brand awareness dan meningkatkan organic traffic.

Tips Mengembangkan Strategi Digital Marketing yang Efektif

Strategi Digital Marketing

Setelah mengetahui jenis-jenis strategi marketing digital, selanjutnya ada beberapa tips mengembangkan strategi digital marketing efektif yakni:

1. Menentukan Tujuan Dan Sasaran

Pertama, anda harus memahami apa tujuan yang ingin dicapai oleh bisnis anda. Apakah ingin meningkatkan jumlah penjualan, meningkatkan kesadaran merek atau membangun hubungan dengan pelanggan? Nah setelah mengetahui tujuan ini anda bisa membuat sasaran yang tepat, seperti gender, usia ataupun pekerjaan.

2. Menentukan Target Yang Jelas

Target audience adalah orang yang tertarik dengan konten yang anda buat. Dengan mengetahui target audiens yang jelas, anda bisa membuat strategi digital marketing lebih efektif dan efisien.

Oleh karenanya, seperti yang disebutkan tadi anda harus melakukan riset siapa target audience anda tergantung gender (jenis kelamin), usia dan juga kesibukan atau pekerjaan. Jika sudah tahu target audiens anda bisa membuat konten yang relevan dan menarik.

3. Memilih Platform Yang Sesuai

Ada banyak platform digital yang bisa dipilih untuk mengembangkan digital marketing. Sayangnya tidak semua platform cocok digunakan untuk mengembangkan suatu bisnis. Oleh karenanya anda harus memilih platform yang pas dengan target audience anda.

Contohnya untuk target audience ibu-ibu rumah tangga maka anda bisa menggunakan facebook, untuk kaum milenial maka anda bisa gunakan sosial media instagram sedangkan untuk generasi Z maka anda bisa menggunakan media sosial TikTok.

4. Menentukan Anggaran Pemasaran

Selanjutnya, jika semua sudah di reset lalu tentukan berapa besaran anggaran pemasaran yang anda miliki sesuai dengan budget anda. Terapkanlah anggaran yang realistis sehingga anda bisa memperkirakan banyaknya investasi yang bisa dilakukan untuk pergerakan kampanye digital ini.

5. Buat Konten Berkualitas

Konten adalah salah satu faktor penting dalam melakukan strategi digital marketing. Dengan memiliki konten yang berkualitas maka audiens akan tertarik dengan konten yang di buat. Usahakan membuat konten yang memberikan informasi bermanfaat, menarik perhatian dan juga enak dilihat. Lihatlah dari seigi videografinya apakah nyaman dilihat, kualiats gambarnya dan juga kestabilan kamera nya.

6. Mempromosikan Konten Yang Dibuat

Setelah membuat konten yang sesuai, maka langkah selanjutnya adalah mempromosikan konten disebut sebagai iklan sehingga bisa dilihat oleh target pasar. ada banyak pilihan platform digital marketing bisa dipilih sesuai dengan audience.

Jangan lupa menggunakan fitur-fitur yang ada sehingga iklan bisa menjangkau audience yang lebih luas. Misalnya saja menggunakan hashtag, live streaming dan lain sebagainya.

7. Melakukan Monitoring dan Evaluasi

Terakhir, jangan lupa melakukan monitoring terhadap iklan yang dilakukan sehingga anda tahu apa yang kurang dari iklan tersebut dan apa yang bisa ditingkatkan. Anda juga perlu melakukan evaluasi terhadap konten dan pemilihan platform digital marketing, apakah sudah sesuai atau belum, mencapai target atau belum dan bagaimana kedepannya. Sehingga konten dan iklan yang nantinya akan dibuat lagi bisa lebih maksimal.

Itulah penjelasan tentang jenis strategi digital marketing dan juga tips menggunakan digital marketing untuk bisnis. Karena dunia semakin hari semakin berkembang sehingga menuntut anda juga ikut berkembang dan tidak ketinggalan zaman. Selamat mencoba!

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad