Kotaku
Home Pendidikan Pembelajaran Lengkap! Ringkasan Materi Tema 6 Kelas 6, Menuju Masyarakat Sehat

Lengkap! Ringkasan Materi Tema 6 Kelas 6, Menuju Masyarakat Sehat

Untitled design 8

Berikut ini adalah ringkasan materi tema 6 kelas 6 Semester genap sesuai dengan materi ajar tematik Menuju Masyarakat Sehat.

Bagi adik-adik yang ingin belajar tentang materi tema 6 kelas 6, dapat melihat ringkasan berikut ini untuk mengingat kembali atau mempelajari materi yang telah dilakukan.

Ringkasan materi tema 6 kelas 6, ini ditujukan sebagai bahan belajar untuk adik-adik. Sedangkan ringkasan yang diberikan berdasarkan dengan buku paket dari Kemdikbud.

Ringkasan Materi Tema 6 Kelas 6 Semester Genap

Ringkasan materi tema 6 kelas 6 berikut ini dipisah sesuai dengan mata pelajarannya untuk memudahkan adik-adik dalam belajar.

Materi PPKn

  1. Pengertian hak dan kewajiban: hak adalah segala sesuatu yang didapatkan oleh seseorang. Kewajiban adalah sesuatu yang harus dikerjakan oleh seseorang.
  2. Contoh kewajiban sebagai warga negara: membayar pajak, melakukan ronda malam, mengikuti kegiatan kerja bakti, membuang sampah ditempatnya, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, mengetahui dna menghormati orang lain, memelihara ketertiban keamanan dan kebersihan lingkungan.
  3. Contoh hak warga negara: mendapat ketenangan dan kenyaman hidup, mendapat bantuan dan pertolongan, memperoleh pendidikan, memiliki kedudukan sama didepan hukum, bebas memilih dan memeluk agama dan kepercayaan masing-masing, berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak, berhak mendapat perlindungan hukum, dan lain-lain.
  4. Kewajiban warga negara sesuai dengan UUD:
  • Wajib membayar pajak (pasal 23A)
  • Wajib menaati dan menjunjung dasar negara hukum dan pemerintahan (27 ayat 1).
  • Wajib berperan serta dalam membela dan mempertahankan kedaulatan negara (pasal 30 ayat 1).
  • Wajib mengikuti pendidikan dasar (pasal 31 ayat 2).

5. Contoh hak sesuai UUD:

  • Mendapat kedudukan yang ama di depan hukum (pasal 27 ayat 1).
  • Mendapat pekerjaan dan penghidupan yang layak (pasal 27 ayat 2).
  • Berhak berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pendapat (pasal 28).
  • Berhak memilih dan memeluk agama/kepercayaan (pasal 29 ayat 2).
  • Berhak dalam usaha pembelaan negara (pasal 30 ayat 1).
  • Berhak memperoleh pendidikan (pasal 31 ayat 1).

Materi IPA

Materi IPA tentang perkembangan organ reproduksi.

  1. Puber adalah masa tahap tahap perkembangan manusia saat terjadi perkembangan organ reproduksi yang semakin matang.
  2. Ciri anak perempuan di masa puber: suara melengking, payudara membesar, pinggul membesar, tumbuh rambut halus di ketiak dan organ reproduksi, timbul jerawat.
  3. Ciri puber pada anak laki-laki: tumbuh jakun, suara membesar, tumbuh kumis, jambang dan janggut, tumbuh rambut halus di ketiak dan organ reproduksi.

Materi IPS

  1. Cara masyarakat mempertahankan kemerdekaan Indonesia: sikap cinta tanah air, selalu mengutamakan sikap kesatuan dan persatuan, rela berkorban, tidak memaksakan kehendak pada orang lain, saling menghargai perbedaan suku, bahasa, bangsa, membeli produk lokal, melestarikan budaya dan sumber daya alam.
  2. Cara memaknai kemerdekaan: dengan mengikuti upacara bendera setiap hari senin di sekolah, menjaga kesatuan dan persatuan, tidak bertindak dan melakukan hal yang merugikan fasilitas umum, belajar dengan rajin dan giat.
  3. Makna Proklamasi bagi Indonesia : Proklamasi merupakan puncak dari perjuangan rakyat Indonesia, Proklamasi menandai dimulainya pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Kemerdekaan yang dideklarasikan melalui proklamasi menjadi titik awal transformasi hukum kolonial menjadi hukum nasional, Proklamasi membuka jalan menuju masyarakat yang adil dan sejahtera.

Bahasa Indonesia

  1. Unsur Unsur Poster: Judul yang menarik, gambar dan ilustrasi yang sesuai dengan tema poster, teks singkat, jelas dan mudah dipahami, warna dan desain teratur, konsisten serta menarik, logo ditempatkan dengan jelas, berisi ajakan melakukan sesuatu atau panggilan, terdapat informasi kontak.
  2. Sikap peduli lingkungan contohnya: menanam kembali pohon atau reboisasi, membuang sampah di tempatnya, menghemat air, tidak merusak tanaman di sekitar rumah, mengurangi penggunaan kantong plastik.
  3. Teks nonfiksi merujuk pada tulisan yang dibuat berdasarkan kenyataan, fakta, atau peristiwa yang benar-benar terjadi.
  4. Gagasan utama dalam konteks ini mengacu pada ide sentral atau pokok pembahasan yang sedang diungkapkan dalam suatu paragraf, seringkali disebut juga sebagai gagasan pokok, pikiran utama, atau inti pembahasan. Gagasan utama dapat ditempatkan baik di awal, akhir, atau tengah paragraf. Terdapat juga gagasan utama yang berada di tengah paragraf. Gagasan utama, ide pokok, atau pokok pikiran biasanya dapat diidentifikasi dengan jelas di antara kalimat-kalimat lainnya. Kalimat-kalimat lainnya berfungsi sebagai penjelas yang menerangkan makna dari gagasan utama yang terdapat dalam kalimat utama tersebut.

SBdP

  1. Definisi interval nada: Interval adalah jarak atau langkah dari satu nada ke nada lainny, setiap interval selalu memiliki dua nada yang membatasinya, dengan nada pertama disebut sebagai nada pangkal dan nada kedua disebut sebagai nada selang.
  2. Contoh nama-nama interval dalam urutan tangga nada C mayor: prime, secondo, terts, kuart, kuin, sekst, septim, dan oktaf.
  3. Cara memainkan interval nada: Interval harmonis terjadi saat dua nada dimainkan bersama, sementara interval melodis terjadi saat dua nada dimainkan bergantian. nterval melodis dapat bersifat ascending (dari nada rendah ke nada tinggi) atau descending (dari nada tinggi ke nada rendah).
  4. Reklame merupakan suatu bentuk seni rupa yang bertujuan untuk memberikan informasi, mengajak, menganjurkan, atau menawarkan produk (baik berupa barang maupun jasa) kepada konsumen.
  5. Terkait dengan tujuannya, reklame dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu reklame komersil dan reklame nonkomersil. Berdasarkan medianya dibedakan menjadi reklame audio, reklame visual, dan reklame audio visual.
  6. Langkah membuat poster: menyiapkan alat dan bahan, membuat sketsa, menebalkan dan menguatkan sketsa, menulis isi pesan, mewarnai poster.

Demikian adalah ringkasan materi tema 6 kelas 6 yang dapat dijadikan bahan belajar oleh adik-adik.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad