Kotaku
Home Beasiswa Ini Dia Beasiswa Kuliah 2024 Jenjang D3-S2 di PTN, PTS

Ini Dia Beasiswa Kuliah 2024 Jenjang D3-S2 di PTN, PTS

Kotaku.id Ini Dia Beasiswa Kuliah 2024 Jenjang D3-S2 di PTN, PTS – Ada beragam program beasiswa yang tersedia untuk mendukung pembiayaan pendidikan tinggi, dan umumnya, peluang ini dibuka secara rutin setiap tahun sejalan dengan proses penerimaan mahasiswa baru. Rencananya, berbagai kesempatan Beasiswa Kuliah 2024, mulai dari tingkat diploma, sarjana, hingga pascasarjana, akan segera dibuka.

Oleh karena itu, dalam menyongsong pembukaan pendaftaran program beasiswa tahun 2024, peserta diharapkan untuk melakukan persiapan matang dengan mengumpulkan semua persyaratan yang diperlukan. Langkah ini diambil untuk meningkatkan peluang mereka dalam bersaing dan mendapatkan akses ke berbagai manfaat yang ditawarkan oleh program beasiswa ini.

Melalui partisipasi aktif dalam program beasiswa ini, diharapkan bahwa calon mahasiswa mampu merealisasikan impian mereka untuk melanjutkan pendidikan tinggi dan mencapai keberhasilan dalam dunia akademis. Program ini tidak hanya memberikan bantuan keuangan, tetapi juga merupakan suatu langkah menuju terwujudnya aspirasi pendidikan dan pencapaian tujuan karier bagi para mahasiswa.

Simak Beasiswa Kuliah 2024 Jenjang D3-S2 di PTN, PTS

Simak Beasiswa Kuliah 2024 Jenjang D3-S2 di PTN, PTS
Simak Beasiswa Kuliah 2024 Jenjang D3-S2 di PTN, PTS

Berikut adalah beberapa opsi Beasiswa Kuliah 2024 untuk Jenjang D3-S2 di PTN, PTS:

1.      Beasiswa KIP Kuliah

Salah satu bentuk bantuan keuangan untuk studi tingkat lanjut pada tahun 2024 yang dipersembahkan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) adalah Beasiswa KIP Kuliah, sebelumnya dikenal sebagai Bidikmisi. Program ini secara rutin diselenggarakan setiap tahun dan merupakan salah satu inisiatif beasiswa terbesar dari pemerintah, ditujukan khusus untuk lulusan SLTA dari keluarga kurang mampu.

Bagi mereka yang memenuhi syarat dan berminat melanjutkan studi pada tingkat D2/D3/D4/S1/Profesi di perguruan tinggi negeri (PTN) atau perguruan tinggi swasta (PTS), Beasiswa KIP Kuliah menyediakan peluang untuk mendaftar. Kuota penerimaan untuk program ini mencapai 400 ribu mahasiswa, dengan manfaat mencakup biaya kuliah, biaya hidup, dan kebutuhan studi lainnya. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di laman resmi Kemendikbud atau melalui tautan yang disediakan.

2.      Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi

Beasiswa Kuliah 2024 yang ditawarkan oleh Kemendikbudristek juga mencakup Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi, ditujukan untuk calon mahasiswa atau mahasiswa baru. Beasiswa ini terbuka untuk mahasiswa baru yang masih aktif hingga semester 3. Program ini menyasar mahasiswa yang telah menunjukkan prestasi dalam berbagai bidang dan memberikan dukungan finansial untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

Manfaat yang diberikan kepada para penerima beasiswa meliputi biaya pendidikan, biaya hidup, dan biaya buku. Pendaftaran untuk program ini telah dibuka sejak bulan Oktober 2023.

3.      Jardine Scholarship

Jardine Scholarship adalah program beasiswa kuliah 2024 yang diselenggarakan oleh Jardine Foundation. Program ini menawarkan kesempatan bagi individu yang ingin mengejar pendidikan tinggi di luar negeri, khususnya di Universitas Oxford dan Cambridge. Pendaftaran untuk beasiswa ini akan dibuka pada pertengahan bulan Agustus 2025 untuk memulai perkuliahan pada musim gugur tahun 2025.

Manfaat yang ditawarkan melibatkan biaya kuliah, tunjangan tahunan untuk tempat tinggal di luar negeri, biaya UK immigration health surcharge, tiket pesawat pulang-pergi, peluang magang di Jardine Matheson Group, serta jaringan hubungan dengan akademisi dan alumni.

4.      MEXT Scholarship

MEXT Scholarship merupakan program beasiswa kuliah 2024 yang diberikan oleh Pemerintah Jepang dengan besaran beasiswa sekitar Rp15 juta per bulan. Beasiswa ini tersedia untuk jenjang pendidikan D3-S2, dengan tujuh jenis program yang dikenal dengan sebutan “Monbukagakusho.” Program-program tersebut mencakup beasiswa untuk penelitian, pendidikan guru, sarjana, studi Jepang, perguruan tinggi teknologi, pelatihan khusus, dan young leaders program.

5.      Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

LPDP merupakan salah satu program beasiswa kuliah 2024 untuk pascasarjana yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia dan menarik minat banyak pelamar. Biasanya, LPDP membuka pendaftaran pada awal tahun dengan empat jenis program, yaitu beasiswa umum, afirmasi, targeted, dan kolaborasi. Dalam cakupan biaya, LPDP menanggung dana pendidikan serta dana pendukung.

6.      Global Korea Scholarship (GKS)

GKS adalah program beasiswa yang diselenggarakan oleh lembaga eksekutif Kementerian Pendidikan Korea Selatan untuk jenjang pendidikan D2, S1, S2, dan S3. Beasiswa ini diberikan oleh pemerintah Korea Selatan kepada mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan studi di Korea. Manfaat yang dapat diterima melalui Global Korea Scholarship (GKS) mencakup tiket pesawat pulang-pergi, tunjangan kedatangan, tunjangan bulanan, tunjangan penelitian per semester, biaya belajar bahasa Korea, biaya kuliah, biaya cetak tesis, dan disertasi, serta asuransi kesehatan.

7.      Ajinomoto Scholarship

Beasiswa Ajinomoto untuk tahun 2024 ditujukan khusus untuk calon mahasiswa program pascasarjana yang berkeinginan untuk menempuh studi di Jepang. Program beasiswa yang dikelola oleh PT Ajinomoto Indonesia ini hanya berlaku untuk tujuh universitas, yakni Universitas Tokyo, Universitas Kyoto, Universitas Nagoya, Institut Teknologi Tokyo, Universitas Ochanomizu, Universitas Waseda, dan Universitas Nutrisi Kagawa. Beasiswa Ajinomoto mencakup berbagai aspek, termasuk biaya perkuliahan, biaya cetak tesis dan disertasi, serta dukungan keuangan lainnya.

Dengan demikian, informasi mengenai Beasiswa Kuliah 2024 untuk Jenjang D3-S2 di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) telah disampaikan secara rinci. Program beasiswa seperti LPDP, Global Korea Scholarship (GKS), dan Ajinomoto Scholarship memberikan peluang yang beragam bagi para calon mahasiswa pascasarjana untuk meraih kesempatan pendidikan yang berkualitas di Indonesia dan luar negeri.

Semoga informasi ini dapat menjadi panduan yang bermanfaat bagi mereka yang sedang mencari peluang pendidikan melalui program beasiswa. Jangan ragu untuk mengeksplor lebih lanjut setiap program beasiswa dan mempersiapkan diri dengan baik untuk mengambil langkah menuju kesuksesan akademis.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad