Kotaku
Home Lainnya 4 Contoh Teks Berita Singkat Lengkap dengan Struktur dan Unsur 5W+1H

4 Contoh Teks Berita Singkat Lengkap dengan Struktur dan Unsur 5W+1H

Kotaku.id – Contoh teks berita singkat merupakan contoh tulisan yang sering ditemui di media massa, baik media cetak maupun online. Berbagai jenis media, seperti surat kabar, situs berita seperti Kotaku.id. Dan berbagai saluran televisi menyajikan teks berita untuk memberikan informasi kepada pembaca atau penonton tentang peristiwa terkini.

Dikutip dari buku Mencari Informasi Terkini oleh Kemdikbud, pengertian teks berita adalah teks yang berisi mengenai suatu kejadian, peristiwa atau informasi berupa fakta. Selain di televisi, contoh teks berita juga dapat ditemui di berbagai platform media sosial. Di mana headline atau ringkasan berita sering dibagikan untuk memberikan informasi singkat kepada pengguna.

Untuk menulis contoh teks berita terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu struktur tulisan dan unsur-unsurnya. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Struktur Teks Berita Singkat

Contoh teks berita singkat

Dalam penulisan contoh teks berita singkat tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada tiga hal yang harus ada dalam sebuah contoh teks berita, yaitu kepala berita, tubuh berita, dan ekor berita. Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Kepala Berita

Struktur contoh teks berita singkat yang pertama adalah kepala berita. Bagian ini memuat headline atau judul berita yang memberikan gambaran singkat tentang isi berita, diikuti oleh baris tanggal dan nama media. Paragraf pertama pada bagian kepala berita berisi lead untuk menyampaikan informasi kunci secara ringkas dan merangkum esensi berita tersebut.

2. Tubuh Berita

Struktur contoh teks berita singkat selanjutnya adalah bagian tubuh berita. Bagian ini mengandung informasi secara terperinci dan mendalam tentang peristiwa yang sedang dibahas. Setelah headline dan lead yang memberikan gambaran singkat, tubuh berita menyajikan informasi lebih lanjut untuk menjelaskan sebuah peristiwa secara detail, memberikan konteks, dan mendalami aspek-aspek tertentu.

3. Ekor Berita

Sebuah contoh teks berita singkat juga harus mempunyai bagian yang paling akhir atau biasa disebut sebagai ekor berita. Bagian ini memuat penjelasan yang tidak terlalu penting, dan biasanya hanya mengulang informasi yang telah disampaikan pada tubuh berita.

Unsur-Unsur Teks Berita Singkat

Setiap contoh teks berita singkat harus mengandung unsur 5W+1H (What, Who, When, Why, Where, dan How) untuk memberikan gambaran lengkap tentang kejadian yang disampaikan.

  1. What (apa), unsur ini memuat tentang peristiwa apa yang terjadi.
  2. Who (siapa), unsur ini memuat tentang siapa saja yang terlibat dalam peristiwa terkait.
  3. When (kapan), memuat tentang waktu atau kapan peristiwa terjadi.
  4. Where (di mana), memuat tentang tempat di mana peristiwa terjadi.
  5. Why (mengapa), memuat tentang alasan mengapa peristiwa terjadi.
  6. How (bagaimana), memuat tentang bagaimana peristiwa bisa terjadi.

Contoh Teks Berita Singkat

Contoh teks berita singkat

Setelah mengetahui tentang pengertian teks berita singkat, struktur dan unsur-unsurnya. Berikut ini adalah contoh teks berita singkat yang kami rangkum dari berbagai sumber sebagai bahan referensi Anda.

1. Contoh Teks Berita Singkat Lengkap dengan Strukturnya

Berikut ini adalah contoh teks berita singkat tentang Kriminalitas dengan judul Kasus Tinder Swindler Indonesia, Kerugian Korban Ditaksir hingga Ratusan Juta rupiah.

Kepala Berita

Ditreskrimsus Polda Metro Jaya kini tengah menyelidiki kasus penipuan lewat aplikasi kencan yang tengah marak akhir-akhir ini. Yang diidentikkan dengan film dokumenter berjudul The Tinder Swindler. Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak menyebutkan bahwa ada dua korban yang membuat laporan ke pihak berwajib. Ia juga membeberkan aksi penipuan itu terjadi pada tahun ini.

“Ini masih kita lakukan penyelidikan, di laporan itu ada dan saat ini kita lakukan serangkaian upaya penyelidikan oleh tim penyelidik Subdit Siber Polda Metro Jaya,” kata Ade di Polda Metro Jaya, pada Selasa (22/8) kemarin.

Tubuh Berita

Ade menerangkan kasus penipuan ini bermula saat korban dan terduga pelaku berkenalan dalam sebuah aplikasi kencan. Setelah perkenalan itu, keduanya intens berkomunikasi dan menjadi akrab. Kemudian pelaku mulai melancarkan aksinya. Pelaku pun melakukan berbagai bujuk rayu hingga korban akhirnya terbuai.

“Pada akhirnya korban tertarik dengan iming-iming maupun rayuan, kemudian menyerahkan sejumlah uang kepada pelaku,” ucap Ade.

“Iming-iming, rayuan, mengelabui korban untuk serahkan sejumlah uang yang merupakan janji dari pelaku ini membuat bisnis baru dan sebagainya,” sambungnya.

Ade menyebutkan bahwa aksi penipuan ini sebenarnya mirip dengan kasus-kasus pada umumnya. Hanya saja yang membedakannya adalah cara pelaku berkenalan dengan korban.

“Ini murni penipuan sebenarnya, sedangkan modus yang digunakan untuk masuk bisa berbagai macam hal ya, salah satunya tadi itu untuk mengenal korban lebih dalam. Kemudian melakukan aksi rayu iming-iming dan sebagainya, barulah dilakukan aksi penipuan yang dimaksud,” tutur Ade.

Ekor Berita

Ade belum menjelaskan secara terperinci mengenai soal aksi tipu daya pelaku dalam kasus tinder swindler ini. Ia hanya mengungkapkan kerugian yang diderita korban mencapai hingga ratusan juta rupiah. “Mungkin (kerugian) masih ratusan juta ya,” ucap dia.

Lebih lanjut, Ade mengatakan proses penyelidikan masih terus berlanjut. Termasuk, mencari unsur pidana dalam laporan ini.

“Apabila nanti ditemukan peristiwa pidana, kita akan lakukan gelar perkara untuk menaikkan status dari lidik menjadi sidik, sekaligus penetapan tersangkanya,” pungkas Ade.

2. Contoh Teks Berita Singkat di Televisi

Contoh teks berita singkat

Berikut ini adalah contoh teks berita singkat di televisi dengan judul Diduga Lalai Matikan Lilin, Seisi Rumah Hangus Terbakar

Kemarin malam, tepatnya pada pukul 23.14 WIB, telah terjadi peristiwa kebakaran di wilayah kompleks perumahan Griya Indah Bogor. Peristiwa tak terduga tersebut telah menimpa keluarga Pak Rudi, rumahnya hangus terbakar hingga tak bersisa dilalap si jago merah.

Penyebab terjadinya kebakaran semnetara diduga karena sang pemilik rumah menaruh lilin di atas lemari kayu. Beruntung pemilik rumah menyadari peristiwa kebakaran tersebut dan berhasil keluar dari rumah. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut.

Saat terjadi kebakaran, Pak Rudi sedang menghadiri tahlilan di rumah tetangganya. Sementara itu, sang istri juga tidak ada di rumah karena sedang pulang kampung. Kendati tidak ada korban jiwa, namun karena peristiwa tersebut keluarga pak Rudi ditaksir menanggung kerugian materi hingga Rp800 juta.

3. Contoh Teks Berita Singkat dan Strukturnya Lengkap dengan Unsur 5W+1H

Berikut ini adalah contoh teks berita singkat dan strukturnya denagn judul Banjir yang Landa 15 Kecamatan di Aceh Tenggara Berangsur Surut

Kepala Berita:
Pusdalops BPBD Kabupaten Aceh Tenggara melaporkan, banjir yang merendam 15 Kecamatan di Kabupaten Aceh Tenggara sejak Senin (13/11) lalu hari ini perlahan mulai surut. Banjir tersebut berawal setelah hujan deras melanda wilayah Kabupaten Aceh Tenggara. Dan menyebabkan beberapa air sungai meluap hingga ke pemukiman warga.

Tubuh Berita:
Adapun 15 kecamatan yang terdampak banjir antara lain Kecamatan Bambel, Kecamatan Semadam, Kecamatan Babussalam, Kecamatan Lawe Bulan. Selain itu ada juga Kecamatan Ketambe, Kecamatan Lawe Sumur, Kecamatan Bukit Tusam, Kecamatan Tanoh Alas, Kecamatan Babul Rahmah, Kecamatan Lawe Alas.

Kecamatan Darul Hasanah, Kecamatan Deleng Pokhisen, Kecamatan Lawe Sigala-gala, Kecamatan Babul Makmur dan Kecamatan Badar. Hingga Senin (20/11) BPBD Kabupaten Aceh Tenggara mencatat banjir tersebut berdampak kepada 1.804 KK / 6.571 jiwa.

Dan 2 warga di antaranya mengalami luka-luka. Sebanyak 5 unit rumah warga mengalami rusak berat, 1 rumah rusak sedang dan 1 rumah mengalami rusak ringan. Beberapa fasilitas umum juga dilaporkan turut terkena imbas dari banjir ini. Tiga jalan nasional bahkan lumpuh terendam lumpur material banjir.

Selain itu juga mengakibatkan jebolnya tanggul di sebagian desa terdampak, 468 ha lahan pertanian terendam, dua sekolah dan dua masjid turut terdampak.

Untuk mempercepat penanganan banjir, Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara telah mengeluarkan Status Tanggap Darurat bencana banjir. Sementara itu, BPBD Kabupaten Aceh Tenggara beserta dinas terkait juga turut melakukan penanganan dengan melakukan kaji cepat.

Menurunkan sejumlah alat berat untuk pembersihan material, membuat dapur umum, membuat jembatan darurat untuk mempermudah aktifitas warga. Serta melakukan normalisasi dan perbaikan tanggul yang rusak.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Yang dapat disertai dengan petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten Aceh Tenggara. Dan sebagian wilayah Provinsi Aceh pada hari ini Selasa (21/11) dan pada esok hari Rabu (22/11).

Ekor Berita:

Merespon potensi tersebut, BNPB mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat setempat untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan menghadapi bencana. Khususnya bagi masyarakat yang tinggal di wilayah rawan banjir.

Antara lain adalah dengan rutin melakukan pengecekan kondisi sepanjang tanggul sungai, memantau debit air sungai saat hujan. Dan membentuk tim siaga bencana tingkat desa untuk mempercepat penanganan pertama.

Penjelasan Unsur 5W+1H:

  • What (apa): Surutnya banjir yang melanda 15 kecamatan di Aceh Tenggara
  • Who (siapa): BPBD Kabupaten Aceh Tenggara, BMKG, pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara
  • When (kapan): Banjir mulai surut sejak Senin, 21 November 2023
  • Where (di mana): Kabupaten Aceh Tenggara
  • Why (mengapa): Intensitas hujan yang mulai berkurang
  • How (bagaimana): Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara mengeluarkan Status Tanggap Darurat bencana banjir.

4. Contoh Teks Berita Singkat tentang Bencana Alam

Berikut ini adalah contoh teks berita singkat tentang bencana alam dengan judul Indonesia Darurat Bencana, Gempa Kembali Guncang Lombok.

Bencana kembali melanda Indonesia dan kali ini gempa melanda wilayah Lombok Indonesia. Baru-baru ini telah terjadi bencana besar berupa gempa bumi dengan kekuatan 7 skala richter yang mengguncang Lombok. Kepanikan langsung melanda warga Lombok, yang segera mengungsi ke dataran tinggi karena ada informasi peringatan potensi tsunami.

Gempa bumi yang berkekuatan 7 skala richter ini, mengguncang Lombok bagian Utara pada pukul 18.46 Waktu Indonesia Tengah (WIT). Lokasi pusat gempa diperkirakan berada di jarak 18 km barat laut Lombok Timur dan memiliki kedalaman 15 kilometer. Besarnya skala gempa, dan kabar tentang potensi terjadinya tsunami, ditambah lagi listrik yang mati total membuat warga panik dan memilih untuk mengungsi.

BMKG lantas mencabut peringatan tsunami satu jam kemudian. Bukan hanya warga setempat yang terdampak, gempa berskala tinggi ini juga mengakibatkan air laut naik di beberapa daerah. Di antaranya adalah di Pelabuhan Carik Lombok Utara, Bada Sumbawa, dan Lembar Lombok Barat.

Sementara itu, gempa susulan masih terus terjadi hingga berita ini disampaikan. Dan hingga saat ini pun warga masih mengungsi di tempat yang aman dan belum berani pulang ke rumah masing-masing sebelum situasi benar-benar aman dan stabil.

Kesimpulan

Demikian tadi 4 contoh teks berita singkat di televisi dan media yang kami rangkum dari berbagai sumber sebagai bahan referensi Anda. Semoga bermanfaat.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad