Kotaku
Home Pendidikan 3 Contoh Teks Ulasan Novel, Lengkap dengan Pengertian dan Strukturnya

3 Contoh Teks Ulasan Novel, Lengkap dengan Pengertian dan Strukturnya

pexels photo 267495

Kotaku.id - Kali ini akan kita bahas tentang teks ulasan novel beserta contoh dan strukturnya. Siapa yang tak suka dengan novel? Karya sastra yang satu ini banyak disukai orang karena menyajikan cerita yang menarik dan bisa menyita perhatian dari pembacanya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), novel merupakan karya prosa panjang yang memiliki rangkaian cerita seseorang dengan orang yang mengelilinginya.

Membaca novel dapat menambah wawasan baru dan meningkatkan daya imajinasi pada setiap pembaca. Setelah membaca sebuah novel, Anda juga bisa mengulasnya dalam bentuk yang benar berdasarkan struktur yang mana Anda juga bisa menjelaskan apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Pendapat terhadap suatu novel ini bisa disebut sebagai ulasan. Dan jika pendapat tersebut disampaikan secara tertulis, maka dapat disebut sebagai teks ulasan novel. Berikut ini adalah penjelasan tentang teks ulasan novel selengkapnya.

Pengertian Teks Ulasan Novel

Contoh teks ulasan novel

Teks ulasan novel adalah jenis tulisan yang melibatkan analisis, penilaian dan interpretasi atas sebuah karya sastra. Tujuan pembuatan teks ulasan novel adalah untuk memberikan pandangan mendalam tentang cerita, karakter tokoh, gaya penulisan dan makna atau pesan yang terkandung dalam sebuah cerita novel.

Untuk lebih menarik minat pembaca, penulisan teks ulasan novel dapat mulai dengan gambaran singkat tentang buku tersebut. Seperti misalnya, tentang mengapa Anda memilih untuk membacanya serta bagaimana buku tersebut mempengaruhi Anda. Selanjutnya, jika Anda merasa banyak terinspirasi dari buku tersebut, tulis pengalaman Anda untuk memperkuat ulasan Anda mengenai novel tersebut.

Struktur Teks Ulasan Novel

Contoh teks ulasan novel

Teks ulasan novel sendiri memiliki struktur yang terdiri dari identitas, orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman. Dan berikut ini adalah penjelasan tentang struktur teks ulasan novel selengkapnya.

1. Orientasi

Struktur teks ulasan novel yang pertama adalah orientasi. Pada bagian orientasi biasanya memuat latar belakang seperti genre, tema, judul dan beberapa informasi singkat mengenai novel yang akan diulas. Pada bagian ini dapat ditambahkan pendapat singkat Anda tentang novel yang akan anda ulas

2. Tafsiran

Struktur teks ulasan novel yang selanjutnya adalah tafsiran. Pada bagian ini, Anda dapat menuliskan detail mengenai sebuah novel seperti ringkasan singkat tentang alur novel yang akan diulas. Anda juga dapat memperkenalkan beberapa tokoh penting dalam buku. Namun, jangan memberikan terlalu banyak detail pada penulisan tafsiran ini.

3. Evaluasi

Struktur selanjutnya adalah evaluasi. Pada bagian ini, Anda dapat memberikan pandangan Anda tentang isi dalam novel yang akan diulas. Pada penulisan Evaluasi ini, pengulas biasanya menyampaikan kelebihan dan kekurangan pada novel tersebut. Pengulas juga dapat memberikan evaluasi untuk gaya penulisan, struktur kalimat, dan teknik penulisan yang digunakan oleh penulis novel.

4. Rangkuman

Struktur yang terakhir adalah rangkuman. Dalam rangkuman, Anda dapat memberikan komentar tentang berkualitas atau tidaknya novel tersebut. Selain itu, dalam bagian ini Anda juga dapat memberikan rekomendasi akhir apakah Anda merekomendasikan buku ini kepada pembaca. Untuk lebih memperkuat, jelaskan alasan dibalik rekomendasi Anda.

Contoh Teks Ulasan Novel Beserta Strukturnya

Contoh teks ulasan novel

Untuk menambah wawasan dan pemahaman Anda, berikut ini adalah contoh teks ulasan novel yang kami rangkum dari berbagai sumber lengkap dengan strukturnya.

1. Contoh Teks Ulasan Novel Bumi Manusia

Berikut ini adalah contoh teks ulasan novel lengkap dengan strukturnya yang diangkat dari novel dengan judul Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer.

Orientasi

Bumi Manusia adalah seri pertama dari tetralogi “Buru” karya salah satu sastrawan besar Indonesia, yang bernama Pramoedya Ananta Toer. Dan sastrawan ini menjadi salah satu nobel paling populer dan terkenal asal Indonesia. Sastrawan ini menulis Bumi Manusia saat mendekam di penjara pada tahun 1975, tepatnya di pulau Buru.

Sebelumnya, pada tahun 1981, novel ini sempat dilarang terbit karena dinilai mengandung ajaran-ajaran yang tidak baik. Bumi Manusia dinilai memiliki pengaruh yang besar terhadap penulisnya. Pramoedya Ananta Toer bahkan pernah hampir diusulkan untuk mendapatkan penghargaan Nobel atas novelnya in, karena sampai tahun 2005 Bumi Manusia telah dirilis dengan 33 bahasa yang berbeda.

Tafsiran

Kisah ini menceritakan tentang dua insan manusia yang saling mencintai di atas panggung helatan pada masa kolonial Belanda. Dengan kehebatannya, Pramoedya membawa pembaca benar-benar dibawa masuk ke dalam suasana khas kolonial dengan hiruk pikuk penjajahannya.

Bumi Manusia menceritakan tentang seorang pemuda pribumi bernama Minke, yang mempunyai kulit gelap dan kerap diejek oleh kaum Belanda. Padahal, untuk ukuran seorang pribumi kala itu, Minke tergolong pria yang berpendidikan dan terpelajar. Bahkan, Minke pun berkesempatan untuk menimba ilmu di sekolah Hindia-Belanda.

Di sekolahnya itu, mayoritas gurunya berasal dari benua Eropa terutama Belanda. Hingga akhirnya kebudayaan dan literasi tanah Eropa sudah berakar di dalam sekolah tersebut. Karena lingkungannya tersebut, Minke mulai mengagumi kebudayaan Eropa dan bahkan hampir lupa akan asalnya sendiri.

Evaluasi

Kelebihan utama dari novel Bumi Manusia adalah penggambaran sejarahnya yang sangat kaya dan detail. Jika diperhatikan secara seksama, isi novel ini sangat memperhatikan keadaan sosial, politik, dan suasana pada abad kala itu. Apa yang disajikan buku ini bukan hanya semata kisah penjajahan yang klise saja. Namun juga detail-detail lain yang jarang diamati dan justru menimbulkan kisah yang lebih lirih lagi.

Kemampuan penulis dalam novel ini begitu andal. Pikirannya yang tajam, bahasanya yang mengalun, pemilihan kata yang tepat, benar-benar berhasil menyihir dan membawa pembaca masuk lebih dalam ikut merasakan kisah Minke. Tidak heran jika novel ini juga diminati oleh berbagai bangsa dan disajikan dalam berbagai bahasa selain bahasa Indonesia.

Sejujurnya novel ini hampir tidak memiliki kekurangan sama sekali. Hanya saja mungkin dalam beberapa bagian terdapat pemikiran dan istilah yang sulit dipahami. Terlebih lagi bagi orang awam atau yang pengetahuan dan literasinya tidak seluas Pramoedya Ananta Toer. Tetapi justru hal tersebutlah yang membuat nove ini terkesan istimewa.

Rangkuman

Dengan kombinasi sempurna dalam pembuatnnya, yaitu narasi yang mempesona, citra yang epik, dan pesan amanat yang kuat. Novel Bumi Manusia siap menyihir pembaca untuk masuk ke dalam dunianya. Hal ini terbukti dengan fenomena yang hampir membuatnya mendapatkan penghargaan Nobel sudah cukup mencerminkan kualitas dan kekuatannya.

2. Contoh Teks Ulasan Novel Singkat Surat Kecil untuk Ayah

Berikut ini adalah contoh teks ulasan novel singkat yang diangkat dari novel yang berjudul Surat Kecil untuk Ayah karya Boy Candra.

Orientasi

Salah satu novel novel karya Boy Candra yang begitu laris di pasaran, adalah Surat Kecil Untuk Ayah. Novel ini terbilang masih fresh dan belum terlalu lama karena baru saja dirilis pada tahun 2018 yang lalu. Novel ini menceritakan Kisah para ayah yang selalu bisa menyempatkan waktunya untuk keluarga tercinta sekaligus bekerja banting tulang tanpa batas.

Namun meskipun begitu, ayah juga seorang manusia. Dalam novel ini, tokoh utamanya menggunakan sudut pandang orang pertama, yaitu Aku.

Tafsiran

Cerita dalam novel ini diawali dengan kehidupan seorang lelaki. Ia memiliki kasih dan cinta yang tak terbatas untuk keluarganya. Lelaki ini bekerja sepenuh hati, dan tetap bisa tersenyum di pagi hari. Tak lain dan tak bukan, lelaki tersebut adalah Ayah.

Dalam novel ini, ayah digambarkan dengan seorang yang tidak pernah letih untuk membuat anaknya senang dan nyaman. Akan tetapi, si anak seakan-akan tidak mengenal ayahnya sendiri. Kisah novel ini diakhiri ketika seorang saudara tiri meminta ia datang ke sebuah pemakaman yang ada di Jakarta.

Evaluasi

Novel karya Boy Candra ini menggunakan gaya bahasa yang mampu menghanyutkan pembaca untuk turut serta merasakan emosi dari setiap tokohnya. Di samping itu, perjuangan seorang anak dan ibu dalam kehidupan nyata juga digambarkan di dalamnya.

Sayangnya, beberapa kesalahan kata seperti salah ketik atau typo masih terdeteksi pada novel Surat Kecil Untuk Ayah ini. Selain itu, ada juga beberapa kalimat yang kurang menarik dan susah untuk dimengerti.

Rangkuman

Terkadang kita lupa kalau ayah juga seorang manusia biasa. Dengan novel ini, pembaca akan dibina untuk senantiasa menghargai ketegaran dan kerja keras seorang ayah. Terlepas dari berbagai kekurangannya, novel ini cocok dibaca oleh anak muda zaman sekarang terutama para lelaki calon pemimpin keluarga di masa yang akan datang.

3. Contoh Teks Ulasan Novel Sang Pemimpi

Berikut ini adalah contoh teks ulasan novel dengan judul Sang Pemimpi karya Andrea Hirata.

Orientasi

Novel dengan judul Sang Pemimpi karya Andrea Hirata merupakan buku kedua dari tetralogi Laskar Pelangi. Dalm novel ini mengisahkan lika-liku perjalanan hidup sang penulis yang digambarkan dalam tokoh bernama Ikal, bersama teman-temannya yang sedang hidup dalam kemiskinan. Di tengah kenakalan saat masa-masa SMA, Ikal dan teman-temannya pun tetap berjuang mengejar mimpi untuk mewujudkan impian mereka bisa bersekolah ke luar negeri.

Tafsiran

Novel ini menggunakan bahasa yang sangat puitis dan mampu menyihir pembacanya untuk ikut hanyut dalam kisaj yang diceritakan di dalamnya. Pembaca mampu merasakan kesedihan, kebahagiaan, keputusasaan, dan semangat dari setiap tokohnya. Selain itu, dalam novel ini juga menyajikan lelucon-lelucon cerdas yang dapat menggelitik pola pikir para pembacanya.

Evaluasi

Meskipun novel Sang Pemimpi merupakan buku kedua dari novel Laskar Pelangi. Namun, novel ini tidak memiliki kaitan sama sekali dengan buku pertamanya. Tetapi, novel ini tetap memberikan pesan yang sama, yaitu jangan sampai kemiskinan menjadi penghalang untuk meraih dan mewujudkan impian dan cita-cita kita.

Novel ini sangat bagus untuk para remaja khususnya para siswa yang masih menempuh dunia pendidikan. Karena bisa memberikan semangat dan motivasi bagi mereka untuk tidak putus asa dan pantang menyerah, serta lebih semangat untuk mencapai cita-cita mereka. Meski apa pun dan bagaimana pun keadaan mereka.

Rangkuman

Secara keseluruhan, kisah dalam novel Sang Pemimpi sangat luas akan wawasan baru mengenai kehidupan para remaja daerah, khususnya di Pulau Belitung. Novel ini juga mengajarkan pembaca betapa pentingnya kerja keras dan tetap semangat serta tidak pantang menyerah.

Kesimpulan

Demikian tadi 3 contoh teks ulasan novel lengkap dengan strukturnya. Semoga dengan beberapa contoh teks ulasan novel tersebut dapat menambah wawasan dan pemahaman para siswa tentang materi ini. Untuk lebih banyak mendapatkan contoh teks ulasan novel lainnya, dan juga berbagai berita informasi terkini seputar Indonesia kunjungi Kotaku.id.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad