Kotaku
Home Pendidikan 5 Contoh Teks Tanggapan Lengkap dengan Strukturnya!

5 Contoh Teks Tanggapan Lengkap dengan Strukturnya!

1300×1080 16

Kotaku.id – Untuk merespons atau memberikan feedback terhadap suatu topik, peristiwa, atau karya dalam bentuk tulisan, biasanya digunakan contoh teks tanggapan. Dalam teks tanggapan, seseorang dapat mengutarakan pendapat, evaluasi, atau pandangan pribadi mereka mengenai berbagai hal yang sedang dibahas.

Kumpulan contoh teks tanggapan dapat memudahkan Anda untuk lebih bisa memahami tentang materi teks tanggapan. Dan tentunya, dengan memperhatikan struktur dan tujuan penyampaian tanggapan itu sendiri. Dari Buku Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas VII yang diterbitkan pada 2021 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Menyebutkan bahwa pengertian teks tanggapan adalah teks yang berisi tentang penilaian, ulasan, atau resensi terhadap suatu karya. Misalnya, film, buku, novel, drama, dan sebagainya. Dalam pelajaran bahasa Indonesia, teks tanggapan juga dikenal dengan resensi. Teks ini bertujuan untuk menyampaikan pengalaman seseorang saat membaca atau menonton sebuah karya.

Apa itu Teks Tanggapan?

Contoh teks tanggapan

Sebelum mengetahui contoh teks tanggapan, akan lebih baik jika Anda memahami terlebih dahulu tentang apa itu teks tanggapan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, teks tanggapan adalah teks yang berisi pendapat seseorang tentang suatu hal melalui sudut pandang pribadi.

Teks ini biasanya berupa kritik tajam terhadap suatu hal atau isu-isu yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Selain itu, teks ini juga bisa berisi pujian atau kritik yang objektif dan sopan terhadap berbagai objek, termasuk karya seni, kebijakan pemerintah, fenomena sosial, makanan, dan pakaian. Sebuah teks dikatakan sebagai sebuah teks tanggapan jika mempunyai beberapa ciri-ciri.

Adapun ciri-ciri tersebut adalah mempunyai isi yang objektif, penggunaan kebahasaan yang spesifik, serta struktur yang mencakup evaluasi, deskripsi, dan penegasan ulang. Dan tujuan dari teks tanggapan adalah untuk memberikan masukan atau kritik yang bersifat membangun dengan maksud agar karya atau objek yang dinilai bisa menjadi lebih baik.

Struktur Teks Tanggapan

Contoh teks tanggapan

Untuk membuat contoh teks tanggapan, ada beberapa struktur yang harus Anda penuhi di dalam teks ini. Struktur teks tanggapan terdiri atas tiga bagian utama, yaitu konteks, deskripsi, dan penilaian. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

1. Konteks

Sebuah contoh teks tanggapan harus memiliki konteks. Dan konteks ini merupakan bagian awal teks yang memperkenalkan topik atau objek yang akan ditanggapi. Dalam bagian ini menyajikan informasi mengenai latar belakang objek yang ditanggapi. Bagian ini juga memberikan gambaran umum mengenai topik yang akan dibahas.

2. Deskripsi

Struktur dalam pembuatan contoh teks tanggapan yang selanjutnya adalah eskripsi. Bagian ini menjelaskan secara detail mengenai objek yang ditanggapi. Selain itu, bagian deskripsi juga menyajikan informasi tentang karakteristik, kelebihan, dan kekurangan dari objek yang ditanggapi. Dan juga memberikan gambaran yang jelas dan mendalam mengenai objek yang sedang ditanggapi.

3. Penilaian atau Evaluasi

Sedangkan bagian akhir dari struktur penulisan contoh teks tanggapan adalah penilaian. Bagian ini berisi tentang penilaian atau evaluasi terhadap objek yang ditanggapi. Dalam penilaian juga berisi tentang pendapat, kritik, atau pujian secara objektif terhadap objek yang ditanggapi. Dan juga memberikan kesimpulan atau rekomendasi berdasarkan analisis yang telah dilakukan.

Dengan struktur contoh teks tanggapan yang terdiri dari konteks, deskripsi, dan penilaian. Maka, teks ini bisa memberikan gambaran mengenai pendapat terhadap suatu topik yang ditanggapi.

Contoh Teks Tanggapan dan Strukturnya

Contoh teks tanggapan

Setelah memahami tentang pengertian, ciri-ciri, tujuan dan struktur pembuatan contoh teks tanggapan. Berikut ini adalah contoh teks tanggapan dalam beragam kalimat yang kami rangkum dari berbagai sumber sebagai bahan pembelajaran Anda.

1. Contoh Teks Tanggapan 1

Berikut ini adalah contoh teks tanggapan mengenai “Dilema memilih sekolah SMA atau SMK” lengkap dengan strukturnya.

Konteks

Seorang siswa yang telah menyelesaikan pendidikan di tingkat SMP sering menghadapi dilema untuk memilih antara melanjutkan ke SMA atau SMK. Setiap opsi tersebut tentunya akan memberikan dampak yang berbeda bagi masa depan mereka. Oleh karena itu, sangat penting bagi mereka untuk membuat keputusan antara SMA dan SMK berdasarkan pertimbangan yang matang.

Deskripsi

Memilih untuk melanjutkan ke SMA akan membuka peluang untuk lebih mudah masuk ke perguruan tinggi, tergantung pada jurusan yang mereka ambil di SMA. Sebagai contoh, seseorang yang memilih jurusan IPA di SMA, akan mendapati proses pemilihan jurusan di perguruan tinggi menjadi lebih mudah.

Hal ini tentunya berlaku untuk jurusan yang berkaitan, seperti ilmu pengetahuan alam atau teknik. Hal yang sama juga berlaku untuk jurusan IPS atau Bahasa.

Penegasan Ulang atau Penilaian

Di sisi lain, memilih SMK memungkinkan seseorang untuk langsung memasuki dunia kerja setelah lulus. Pekerjaan yang mereka dapatkan pun biasanya akan sesuai dengan jurusan yang mereka pelajari di SMK. Dalam hal pengalaman praktis, SMA cenderung lebih menekankan pada teori dibandingkan dengan praktik lapangan.

Meskipun ada beberapa pelajaran yang menyertakan praktik lapangan di SMA, biasanya itu hanya berlaku untuk mata pelajaran tertentu yang memerlukannya. Sebaliknya, di SMK, pendidikan seringkali lebih berfokus pada pengalaman praktis dibandingkan dengan teori.

2. Contoh Teks Tanggapan Singkat 2

Berikut ini adalah contoh teks tanggapan tentang “Pergaulan bebas pada remaja” lengkap dengan strukturnya.

Konteks

Saat ini, pergaulan bebas telah menjerat banyak remaja. Pergaulan bebas merupakan sebuah perilaku yang menyimpang dan sudah melewati batas. Perbuatan ini sangat bertentangan dengan norma-norma ketimuran yang dianut oleh masyarakat Indonesia.

Deskripsi

Berbagai dampak negatif ditimbulkan akibat dari pergaulan bebas, baik secara hukum maupun adat ada berbagai macam. Misalnya, perilaku melanggar hukum seperti mabuk-mabukan, menggunakan obat-obatan terlarang, dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun, meskipun begitu jika dilihat dari sisi yang berbeda, pergaulan bebas juga memiliki berbagai dampak positif dari segi sosial.

Misalnya, jadi mempunyai banyak teman, dan juga bisa belajar bagaimana cara berkomunikasi dan menghormati di tengah masyarakat. Ada banyak penyebab seorang remaja bisa terjerumus dalam pergaulan bebas. Rasa gengsi, nafsu, penasaran, dan berbagai faktor lainnya menjadi beberapa faktor penyebabnya.

Selain itu, teknologi yang semakin maju juga memiliki pengaruh terhadap pergaulan bebas. Akses internet yang kurang diawasi dapat memicu remaja untuk mengikuti hal-hal yang tidak sewajarnya.

Penegasan ulang atau Penilaian

Setelah memahami berbagai penyebab terjerumusnya remaja dalam pergaulan bebas, orang tua diharapkan bisa lebih tegas dalam mengawasi dan mendidik anak. Penggunaan internet dengan bijak juga perlu diajarkan sejak dini kepada anak agar para remaja tidak terjerumus ke dalam hal-hal buruk.

3. Contoh Teks Tanggapan 3

Berikut ini adalah contoh teks tanggapan tentang “Banjir di ibukota Jakarta” lengkap dengan strukturnya.

Berikut ini adalah contoh teks tanggapan tentang Banjir di ibukota lengkap dengan struktur pembuatannya.

Konteks

Banjir telah menjadi permasalahan umum di daerah ibukota khususnya Jakarta. Saat musim hujan tiba, masyarakat Jakarta harus dihadapkan dengan banjir yang terjadi area kompleks, pemukiman warga hingga di ruas jalan raya.

Deskripsi

Banjir tentu meresahkan masyarakat Jakarta. Aktivitas sehari-hari menjadi terhambat dikarenakan banjir yang terjadi di tempat tinggal mereka dan juga di ruas jalan raya. Banjir ini umumnya terjadi akibat curah hujan yang tinggi dan tertutupnya saluran pembuangan air di sekitar ruas jalan raya dan pemukiman warga.

Dan punca tertinggi sering terjadinya banjir di ibukota adalah banyaknya saluran air yang tertumpuk sampah. Curah hujan yang tinggi menyebabkan debit air menjadi sangat banyak dalam satu waktu membuat sungai tidak bisa menampung jumlah air.

Dan air juga tidak bisa masuk sempurna ke dalam saluran pembuangan air. Sehingga air menggenang di ruas jalan raya. Selain itu, faktor lain penyebab banjir di ibukota adalah sistem drainase yang buruk dan minimnya resapan air hujan akibat pembangunan yang berkelanjutan.

Penegasan Ulang atau Penilaian

Peran pemerintah diperlukan dalam mengatasi banjir yang terjadi di ibukota Jakarta. Sistem drainase harus diperbaiki khususnya di titik-titik yang rawan terhadap banjir. Pembuangan sampah yang benar dan penanggulangan akibat dari pembangunan juga diperlukan untuk memperbanyak daerah resapan air hujan.

4. Contoh Teks Tanggapan 4

Berikut ini adalah contoh teks tanggapan 4 tentang “K-Pop” lengkap dengan strukturnya.

Konteks

Budaya K-Pop semakin mendapat sambutan yang luas dari masyarakat di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. K-Pop adalah budaya populer asal Korea yang sangat terkenal di kalangan remaja, terutama melalui musik yang dibawakan oleh berbagai grup idola. K-Pop melampaui musik yang dibawakan oleh grup idola.

Deskripsi

Para anggota grup idola K-Pop juga aktif dalam menciptakan berbagai konten audiovisual yang menarik untuk dinikmati oleh penggemar dari berbagai kalangan. Namun, menghabiskan terlalu banyak waktu menikmati K-Pop juga dapat memberikan dampak negatif pada produktivitas sehari-hari. Bahkan, waktu istirahat pun menjadi berkurang jika terlalu sering terjebak dalam menonton K-Pop.

Namun, meskipun begitu, terdapat banyak aspek positif yang dapat diambil dari budaya K-Pop. Para penggemar musik ini dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar lebih tentang budaya dan bahasa Korea melalui konsumsi konten K-Pop. Selain itu, berbagai cerita inspiratif yang dipersembahkan oleh idola K-Pop juga dapat memberikan motivasi dan semangat dalam mencapai tujuan.

Penegasan Ulang atau Penilaian

Menikmati K-Pop bukanlah hal yang salah, namun jika dilakukan secara berlebihan, dapat mengakibatkan berbagai dampak negatif. Oleh karena itu, penting bagi para penggemar K-Pop untuk menjaga keseimbangan. Dan harus lebih bijaksana dalam mengatur waktu yang mereka habiskan untuk menonton dan mengapresiasi K-Pop.

5. Contoh Teks Tanggapan 5

Konteks

Dalam beberapa tahun terakhir, masalah perubahan iklim telah menjadi topik yang sangat memerlukan perhatian global. Banyak negara dan organisasi berusaha mengatasi dampak yang makin terasa. Baru-baru ini, ada sebuah artikel yang membahas tentang upaya mitigasi perubahan iklim yang dilakukan oleh pemerintah daerah di wilayah Indonesia.

Deskripsi

Artikel tersebut menguraikan berbagai tindakan yang telah diambil oleh pemerintah daerah dalam upaya mengurangi emisi gas rumah kaca. Antara lain dengan meluncurkan program transportasi umum yang lebih efisien, memasang panel surya di gedung-gedung publik, dan mendorong penggunaan kendaraan listrik. Selain itu, artikel tersebut juga mencantumkan statistik yang menunjukkan penurunan emisi gas rumah kaca dalam beberapa tahun terakhir di wilayah tersebut.

Penilaian

Langkah-langkah ini sangat positif dan patut diapresiasi. Pemerintah daerah telah menunjukkan komitmen mereka untuk melindungi lingkungan dan merespons isu perubahan iklim. Program transportasi umum yang lebih efisien akan membantu mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan mengurangi emisi.

Penggunaan energi matahari melalui panel surya juga merupakan langkah yang baik menuju energi bersih. Dan statistik penurunan emisi gas rumah kaca menunjukkan bahwa tindakan ini efektif.

Kesimpulan

Demikian tadi 5 contoh teks tanggapan lengkap dengan strukturnya. Dapatkan informasi berita terkini seputar pemilu dan berita hangat lainnya di Kotaku.id.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad