Kotaku
Home Pendidikan Contoh Aksi Nyata Topik 1 Merdeka Belajar Menyebarkan Pemahaman Merdeka Belajar pada Platform Merdeka Mengajar

Contoh Aksi Nyata Topik 1 Merdeka Belajar Menyebarkan Pemahaman Merdeka Belajar pada Platform Merdeka Mengajar

image 2 1

KOTAKU.ID – Setiap guru yang mengikuti Pelatihan Mandiri Topik Merdeka Belajar, pada akhir sesi setelah melalui pemaparan materi, latihan pemahaman, refleksi dan mengerjakan post test. Selanjutnya harus melakukan unggah aksi nyata.

Guru bisa memilih aksi nyata dalam tema Menyebarkan Pemahaman Merdeka Belajar dan Membuat Strategi Pemahaman Merdeka Belajar. Sebagai referensi berikut ini merupakan Contoh Aksi Nyata Topik 1 Merdeka Belajar Menyebarkan Pemahaman Merdeka Belajar pada Platform Merdeka Mengajar.

Guru harus bisa mengkomunikasikan pemahaman tentang opik Merdeka Belajar kepada audiens sasaran. Bisa murid, orang tua murid, teman sejawat maupun komunitas belajar yang sesuai dengan konsep yang berkaitan.

Cara penyampaian materi aksi nyata pemahaman topic merdeka Belajar bisa menggunakan berbagai cara contohnya media presentasi, video, poster, lagu dan lainnya. Kemudian meida tersebut dikirim dalam forum diskusi guru seperti KKG sekolah, MGMP dan lainnya.

Jangan lupa untuk memberikan umpan balik dari aksi nyata untuk disebarkan pada audiens dengan melampirkan dokumentasi bukti formulir yang sudah di isis beberapa target.

Anda dapat meminta audiens untuk melanjutkan kalimat ini berikut ini:

1. Dari paparan yang disampaikan, sebelumnya saya pikir ………….., ternyata ……………..

2. Langkah kecil yang akan saya lakukan setelah ini adalah …………….

Selanjutnya anda perlu menuliskan refleksi proses mencakup beberapa hal seperti apa yang anda pelajari dari proses berbagi pemahaman mengenai topic Merdeka Blajar, bagian mana yang bisa mengubah anda dan apa saja langkah konkrit yang ada rencanakan selanjutnya.

Jangan lupa selama kegiatan anda harus mendokumentasikannya karena nantinya dokumentasi kegiatan ini harus diunggah sebagai bukti. Hasil pengirisan form feedback dan rangkuman refleksi juga diunggah dalam bentuk pdf yang berukuran kecil (maksimal 10 MB).

Meskipun aksi nyata yang dilakukan secara kolaborasi, namun dalam refleksinya setiap pendidik harus membuatnya sendiri-sendiir sesuai dengan peran dan pengalamans elama melakukan aksi nyata. Refleksi personal adalah bagian penting dari proses pembelajaran tersebut.

Menyebarkan Pemahaman Merdeka Belajar

Aksi Nyata

Pastikan terlebih dahulu anda sudah memahami dan memberikan deskripsi pemahaman tujuan pembelajaran topik Merdek Belajar. Kemudian buatlah strategi penerapan Merdeka Belajar sesuai dengan apa yang anda pahami. Komunikasikan strategi yang anda rencanakan dalam bentuk visual bisa berupa cerita bergambar, video, audio, karikatur maupun bentuk lainnya yang dirasa paling menarik.

Anda juga harus membuat form untuk mendapatkan umpan balik dari audiens anda dan melampirkan dokumentasi bukti formulirnya, minimal berjumlah lima.

Pertanyaan dari audience yang harus dijawab

– Bagaimana strategi yang disampaikan sesuai dengan tujuan merdeka belajar?

– Bagaimana strategi bisa diterapkan?

– Bagaimana kesesuaian strategi dengan target audiens?

Tuliskan pula refleksi prosesnya yang meliputi hal apa saja yang anda pelajari selama aksi nyata topic merdeka Belajar. Bagian mana yang bisa merubah anda dan apa saja langkah konkrit anda selanjutnya.

Berikut Ini Contoh Mengisi Form Unggahan Aksi Nyata Topik Merdeka Belajar.

Judul Aksi Nyata “Membuat Strategi Penerapan Merdeka Belajar”

1. Ceritakan Bagaimana Strategi Penerapan Mereka Belajar Anda

Pertama sertakan materi atau konsep ataupun pengalaman lain yang anda hubungkan dan koneksikan dengan konsep merdeka belajar. Sebutkan juga siapa saja yang terlibat dalam penerapan strategi tersebut dan bagaimana rencana penerapan strategi yang sudah direncanakan.

Jangan lupa tuliskan kendala yang mungkin akan terjadi kedepannya dan bagaimana dampak atau hasil yang diharapkan.

Deskripsi/Jawaban:

Konsep yang dipelajari siswa diminta untuk mengembangkan kemampuan dan bakatnya sesuai dengan minat siswa tersebut sehingga tidak monoton dengan modul ajar.

Yang terlibat dalam penerapan strategi yaitu peserta didik, teman guru dan kepala sekolah. Rencana untuk menerapkan IKM ini bertujuan agar siswa bisa mengeksplore kemampuannya.

Kendala yang dihadapi yaitu karena ini kurikulum baru sehingga butuh penyesuaian dan informasi yang lebih banyak lagi.

Dampaknya peserta didik menjadi lebih kreatif, lebih semangat dalam pembelajaran.

Refleksi:

2. Apa yang Anda pelajari dari kegiatan ini?Perasaan saat melakukan aksi nyata? Kendala yang dihadapi? Hal baru yang Anda pelajari saat melakukan aksi nyata?

Jawaban:

Materi mengenai pemahaman gagasan dan prinsip pendidikan menurut ki hajar Dewantara. Diberitahukan bahwa modul belajar itu bisa memahami dan mengenal diri sebagai pendidik, selain itu dijelaskan bahwa seorang pendidik itu tidak hanya mengajar tetapi juga mendidik siswa, mendampingi murid, tidak hanya mendidik akademis saja tetapi juga mendidik Budi pekerti sehingga pelajar bisa selamat dan bahagia.

Berikut ini adalah link dari beberapa contoh Aksi Nyata Topik Merdeka Belajar – Menyebarkan Pemahaman dan Membuat Strategi Penerapan Merdeka Belajar pada Platform Merdeka Mengajar (PMM). LINK DISINI

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad