Kotaku
Home Bisnis Peluang Usaha di IKN yang Ramai Pembeli, Ini Rekomendasinya!

Peluang Usaha di IKN yang Ramai Pembeli, Ini Rekomendasinya!

Peluang Usaha di IKN yang Ramai Pembeli Ini Rekomendasinya

Kotaku.id – Peluang usaha di IKN yang ramai pembeli akan dibahas dalam pembahasan berikut ini. Bagi Anda yang merupakan masyarakat kawasan IKN, maka Anda perlu simak ulasan ini sampai habis!

Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) diketahui mengungkapkan pemindahan aparat sipil negara (ASN) dari Jakarta ke Nusantara, Kalimantan Timur. Hal ini menjadi peluang besar terkait bisnis bagi UMKM dan masyarakat lokal.

“Dalam konteks industri rumah tangga, ketika terjadi pemindahan ASN dari Jakarta ke IKN, kita harapannya adalah masyarakat dan UMKM lokal di IKN mengambil peran dalam menyediakan kebutuhan. Kebutuhan bagi para ASN dan masyarakat yang datang ke IKN,” tegas Benny Subawa di Jakarta, pada hari Sabtu (27/1/2024).

Benny juga menambahkan, masyarakat dan UMKM lokal dapat mengambil peluang usaha di IKN misalnya dengan cara membuka bisnis laundry, bisnis konsumsi dan lain sebagainya.

Hal ini karena, saat para ASN dan masyarakat yang pindah ke IKN tentunya mereka akan mencari toko sembako dan beragam macam layanan.

Mereka yang di wilayah IKN sendiri sedang berupaya dengan maksimal untuk bisa mengeksplorasi kebutuhan yang dibutuhkan oleh para ASN dan masyarakat yang pindah ke IKN. Misalnya saja masyarakat lokal di wilayah IKN ada yang belajar membordir dan menjahit pakaian. Hal ini karena ASN yang pindah ke IKN pasti memerlukan layanan tersebut untuk beragam kerjanya, kata dia

Selanjutnya, OIKN mengadakan penyuluhan mengenai manfaat lain dari bambu yang diikuti oleh ratusan peserta dari masyarakat di sekitar IKN.

Nah, berikut ini merupakan pembahasan lengkap mengenai peluang usaha di IKN yang perlu dicoba. Yuk simak pembahasannya!

Peluang Usaha di IKN yang Perlu Dicoba

Peluang Usaha di IKN

1. Penyedia jasa

Layanan jasa diketahui bisa menjadi peluang usaha di IKN yang perlu dicoba. Hal ini karena, penyedia jasa bisa menyediakan beragam kebutuhan harian. Berikut ini merupakan beberapa ide usaha layanan jasa yang tidak pernah sepi peminat :

  • Salon
  • Mekanik kendaraan roda dua/empat
  • Toko jahit
  • Jasa perbaikan elektronik
  • Jasa servis TV/Radio/Ponsel
  • Jasa perbaikan listrik/tukang ledeng

2. Bisnis kuliner dan katering

Bisnis kuliner diketahui menjadi peluang bisnis di IKN yang mempunyai potensi menjanjikan. Anda juga bisa membuka bisnis kuliner yang dapat diterima oleh banyak orang dari beragam kalangan.  Anda bahkan bisa mempertimbangkan usaha seperti warung tegal, rumah makan Padang dan bahkan katering  yang mudah untuk diterima banyak orang.

3. Jual Pulsa dan Paket Internet

Jual pulsa dan paket internet bisa Anda manfaatkan untuk membuka usaha di IKN. Usaha ini tentu menjanjikan, hal ini karena pulsa dan internet merupakan sebuah kebutuhan yang pastinya akan dicari oleh banyak orang. Apalagi di kawasan IKN masih tergolong hutan dan sepi pesaing. Jadi, jika Anda membuka usaha ini dijamin Anda bisa mendapatkan untung banyak.

Kesimpulan

Sebagai informasi tambahan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) terus-menerus bergerak dengan cepat untuk mematangkan beberapa skenario pemindahan aparatur sipil negara (ASN) ke daerah Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas diketahui ingin memastikan kinerja pemerintahan di IKN agar tetap berjalan produktif saat sudah pindah ke IKN. Dalam pembuatan skenario yang ideal terkait dengan hal pemindahan ASN ini, Kementerian PANRB terus menerus memetakan jumlah ASN yang akan pindah bekerja di wilayah IKN.

Demikian pembahasan lengkap mengenai peluang usaha di IKN yang ramai pembeli dan perlu dicoba oleh masyarakat sekitar. Semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan membantu Anda.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad