Kotaku
Home Pendidikan Untuk Guru Bagaimana Praktik Baik Mengerjakan Aksi Nyata PMM? Berikut Ini Penjelasannya

Bagaimana Praktik Baik Mengerjakan Aksi Nyata PMM? Berikut Ini Penjelasannya

Kotaku.id – Pembahasan dibawah ini akan menjelaskan secara lengkap mengenai bagaimana praktik baik mengerjakan aksi nyata PMM. Bagi Anda para guru, yuk simak artikel dibawah ini sampai habis!

Tahap Penyusunan Perencanaan Kinerja mewajibkan para Guru untuk memilih Pengembangan Kompetensi. Salah satunya dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Yakni dalam memberikan pembelajaran yang jauh lebih efektif, dengan melalui pilihan Rencana Hasil Kerja.

Adapun, salah satu opsi Pengembangan Kompetensi yang tersedia yaitu Pengembangan Kompetensi seputar Cerita Praktik. Jika Guru memilih opsi ini, maka Guru nantinya akan memulai pelaksanaan kinerja sesuai pengembangan kompetensi yang telah dipilih. Yang mungkin akan melibatkan peran sebagai peserta, penelaah, dan penyusun cerita praktik.

Perlu dicatat bahwa Cerita Praktik adalah sebuah bagian dari rangkaian Praktik Baik. Sebelum guru memulai peran sebagai peserta, penelaah, dan penyusun cerita praktik. Maka, guru disarankan untuk paham dengan lebih baik apa yang dimaksud dengan Praktik Baik.

Hal ini nantinya akan membantu Guru untuk mengintegrasikan pengalaman serta pembelajaran mereka secara lebih efektif. Khususnya dalam proses pengembangan kompetensi mereka.

Bagaimana Praktik Baik Mengerjakan Aksi Nyata PMM?

Guru sering menemui kejadian di bawah ini saat sedang mencari inspirasi untuk mengajar dan belajar.  Cerita Praktik Baik ini biasanya muncul untuk menjawab tantangan tersebut. Sehingga Guru nantinya bisa menemukan inspirasi, metode praktik, dan tips yang mudah untuk direplikasi.

Praktik Baik merupakan tulisan praktik oleh Guru, Pengawas, dan Kepala Sekolah yang ada di dalam fitur Ide Praktik pada Platform Merdeka Mengajar. Berbagai praktik tersebut diketahui ditulis secara langsung oleh Guru, Pengawas Sekolah, dan Kepala Sekolah. Yakni dengan menerapkan bahasa yang lugas dan mudah untuk dimengerti.

Jenis Praktik Baik PMM

Ada 2 jenis Praktik Baik PMM yaitu diantaranya ada Cerita Praktik, dan Artikel Kebijakan. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Cerita Praktik

  • Deskripsi : Tulisan yang berisi cerita baik yang dilakukan oleh guru, kepala sekolah atau pengawas sekolah. Yang mana bisa dijadikan sebagai inspirasi dan panduan praktik baik untuk dilakukan oleh pendidik lain.
  • Jumlah Praktik : Hanya menuliskan dan menjelaskan terkait satu praktik secara rinci.
  • Penulisan : Berurutan yakni langkah 1, langkah 2 dan seterusnya.

2. Artikel Kebijakan

  • Deskripsi : Praktik baik tentang sekumpulan kebijakan atau praktik yang mempunyai satu topik perbaikan. Yang mana bertujuan untuk membantu kepala sekolah, pengawas sekolah atau guru. Dengan tujuan untuk membantu kepala sekolah, pengawas sekolah, atau guru untuk memperbaiki kebijakan, keadaan sekolah, kompetensi guru dan hal serupa lainnya.
  • Jumlah Praktik : Menuliskan kumpulan dari minimal sebanyak tiga praktik.
  • Penulisan : Tidak berurutan yakni misalnya praktik 1, praktik 2 dan seterusnya.

Nah, sebelum Anda menulis Praktik Baik nanti, pastikan Anda harus memili jenis Praktik Baik terlebih dahulu sesuai dengan praktik yang Anda tulis.

Penulis Praktik Baik PMM

Bagaimana Praktik Baik Mengerjakan Aksi Nyata PMM? Berikut Ini Penjelasannya

1. Siapa yang Dapat Menulis Praktik Baik?

2. Kriteria Penulis Praktik Baik

  • Paham dengan kurikulum Merdeka terkait topik yang akan ditulis.
  • Guru, pengawas, kepala sekolah, maupun ahli topik tertentu.
  • Penulis menulis Praktik Baik berdasarkan pada pengalaman sendiri
  • Praktik baik yang ditulis harus sesuai dengan topik yang ditentukan oleh PMM

Manfaat Menadi Penulis Praktik Baik

Ada beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan nantinya sebagai penulis Praktik Baik, yakni sebagai berikut:

  1. Cerita Anda akan mendapatkan kesempatan untuk menjadi inspirasi Praktik Baik yang bisa dibaca dan dipraktikkan oleh para guru di seluruh Indonesia. Tepatnya setelah diterbitkan ke dalam Platform Merdeka Mengajar.
  2. Anda bisa bertemu dengan kreator Praktik Baik lainnya dan bisa berbagi pengalaman satu sama lain.
  3. Anda nantinya akan tergabung dalam group alumni Praktik Baik untuk ikut serta pelatihan yang beragam. Serta akan mendapatkan kesempatan untuk terlibat dalam acara-acara PMM.
  4. Anda akan mendapatkan kesempatan untuk belajar dan menjadi kurator Praktik Baik.

Kesimpulan

Itulah diatas pembahasan lengkap mengenai bagaimana praktik baik mengerjakan aksi nyata PMM. Demikian pembahasan kali ini, semoga informasi yang disampaikan diatas bisa bermanfaat dan membantu Anda.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad