Kotaku
Home Pendidikan Untuk Guru Pendidikan dengan Perspektif Global Menurut Ki Hajar Dewantara, Guru Perlu Pahami Ini!

Pendidikan dengan Perspektif Global Menurut Ki Hajar Dewantara, Guru Perlu Pahami Ini!

Kotaku.id – Berikut ini adalah pembahasan mengenai pendidikan dengan perspektif global menurut Ki Hajar Dewantara menyebutkan bahwa guru hendaknya? Yuk simak ulasannya dibawah ini terkait dengan pembahasan lengkapnya.

Pertanyaan diatas berfokus pada proses pendidikan yang telah dilakukan dengan menerapkan perspektif global. Pendidikan dengan perspektif global ini diketahui sejalan dengan program pendidikan yang mana dibawakan oleh Ki Hajar Dewantara.

Ki Hajar Dewantara adalah tokoh pendidikan Indonesia yang paling berkontribusi dan sangat terkenal sampai sekarang ini. Pertanyaan diatas menjelaskan bahwa mengenai pendidikan dengan perspektif global, Ki Hajar Dewantara menyebutkan bahwa guru hendaknya?

Pertanyaan terkait pendidikan dengan perspektif global menurut Ki Hajar Dewantara menjadi salah satu pertanyaan yang ada dalam post test Guru Penggerak. Adapun, pertanyaan ini memberi ruang kepada para Guru Penggerak untuk bisa memberikan pendapat terkait hal apa saja yang harus dilakukan tentang pendidikan dengan perspektif global.

Untuk Anda yang masih merasa bingung dengan pertanyaan tentang pendidikan dengan perspektif global, Ki Hajar Dewantara menyebutkan bahwa guru hendaknya?

Berikut ini disajikan jawaban lengkap dengan pembahasan terkait pendidikan dengan perspektif global, Ki Hajar Dewantara menyebutkan bahwa guru hendaknya.

Soal Lengkap

Mengenai pendidikan dengan perspektif global, KHD menyebutkan bahwa guru hendaknya?

Jawaban :

Pada umumnya, Ki Hajar Dewantara (KHD) menekankan pada beberapa prinsip dalam pendidikan, yang mana juga mencerminkan semangatnya untuk bisa memberikan pendidikan yang lebih baik di Indonesia. Beberapa prinsip pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara yakni sebagai berikut:

1. Pendidikan untuk Semua

Ki Hajar Dewantara menganjurkan bahwa pendidikan seharusnya bisa diakses oleh semua kalangan masyarakat tanpa harus memandang latar belakang ekonomi, suku, dan agama. Semua warga negara berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

2. Pendidikan yang Berpusat pada Murid

Prinsip ini diketahui menekankan bahwa pendidikan seharusnya tidak hanya mengedepankan transfer pengetahuan dari guru ke murid saja. Akan tetapi melibatkan murid secara aktif dalam proses pembelajaran. Pendidikan juga seharusnya memperhatikan kebutuhan dan potensi unik untuk setiap murid.

3. Pendidikan yang Menumbuhkan Kreativitas dan Karakter

Ki Hajar Dewantara memandang pentingnya pendidikan untuk bisa membentuk karakter yang baik dan kreativitas murid. Pendidikan seharusnya tidak hanya berfokus pada aspek akademis, akan tetapi juga mengembangkan kecerdasan emosional, sosial, serta spiritual.

4. Pendidikan sebagai Proses Seumur Hidup

Menurut Ki Hajar Dewantara, pendidikan bukanlah merupakan sesuatu yang hanya terjadi di sekolah formal saja. Akan tetapi, pendidikan seharusnya menjadi proses yang berlangsung sepanjang hidup, yang mana melibatkan pembelajaran di berbagai konteks dan situasi.

Kesimpulan

Jadi itulah diatas jawaban tentang pendidikan dengan perspektif global dan apa hal yang harus segera di lakukan oleh guru. Jawaban dan pembahasan diatas bisa Anda jadikan sebagai referensi pembelajaran sebelum Anda mengikuti post test modul Guru Penggerak. Demikian pembahasan kali ini, semoga informasi diatas bisa bermanfaat dan membantu Anda.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad