Kotaku
Beranda Lainnya 6 Contoh Teks Nonfiksi, Ciri-Ciri dan Jenis-Jenisnya

6 Contoh Teks Nonfiksi, Ciri-Ciri dan Jenis-Jenisnya

pexels photo 6437598

Kotaku.id - Dalam artikel ini akan kita bahas tentang contoh teks nonfiksi. Teks nonfiksi merupakan salah satu jenis teks yang akan dipelajari siswa dalam materi pelajaran Bahasa Indonesia. Dikutip dari KBBI, pengertian teks non-fiksi adalah yang tidak bersifat fiksi, tetapi berdasarkan fakta dan kenyataan (tentang karya sastra, karangan, dan sebagainya).

Sedangkan pengertian secara umum, teks nonfiksi dapat dikatakan sebagai tulisan yang ditulis bersandar pada hal-hal yang sifatnya faktual. Oleh karena itu, untuk membuat contoh teks nonfiksi Anda harus menggunakan aturan penulisan yang teratur. Adapun teks ini ditulis dengan tujuan untuk menyampaikan pengetahuan, memaparkan argumen, atau menjelaskan suatu topik tertentu.

Untuk lebih memahaminya, berikut ini adalah ulasan tentang teks nonfiksi, mulai dari ciri-ciri hingga contohnya yang bisa dipelajari.

Apa itu Teks Nonfiksi?

Contoh teks nonfiksi
6 Contoh Teks Nonfiksi, Ciri-Ciri dan Jenis-Jenisnya 17

Sebelum membahas tentang contoh teks nonfiksi, sebaiknya Anda memahami pengertian teks nonfiksi terlebih dahulu. Dilansir e-Modul Bahasa Indonesia milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, cerita non fiksi adalah karangan yang dibuat berdasarkan fakta yang terjadi dalam kehidupan. Sedangkan menurut KBBI, teks nonfiksi merupakan tulisan berdasarkan fakta dan kenyataan.

Untuk membuat contoh teks nonfiksi tentunya harus informatif, edukatif dan faktual. Sehingga memuat informasi, peristiwa, tempat, karakter, dan objek yang nyata. Atau dengan kata lain, cerita nonfiksi adalah cerita nyata atau kehidupan yang dituliskan menjadi sebuah cerita.

Ciri-Ciri Teks Nonfiksi

Selanjutnya, untuk melihat contoh teks nonfiksi Anda juga bisa melihat dari ciri-cirinya. Suatu teks termasuk cerita nonfiksi jika memuat beberapa ciri-ciri seperti berikut ini.

  • Menjelaskan tentang suatu hal atau objek tertentu yang faktual.
  • Penjelasan dapat berupa fakta atau gagasan.
  • Mencapai objektivitas yang tinggi dan berusaha menarik serta menggugah nalar (pikiran) pembaca.
  • Bahasa bersifat denotatif dan menunjuk pada pengertian yang sudah terbatas sehingga tidak bermakna ganda.
  • Dapat dilengkapi gambar, seperti grafik, tabel, atau diagram.

Jenis-Jenis Teks Nonfiksi

Contoh teks nonfiksi
6 Contoh Teks Nonfiksi, Ciri-Ciri dan Jenis-Jenisnya 18

Sebelum Anda bisa memahami contoh teks nonfiksi, maka Anda harus memahami jenis-jenis teks nonfiksi. Berikut ini adalah jenis-jenis teks nonfiksi yang harus Anda pahami.

1. Artikel

Jenis teks fikis yang pertama adalah artikel. Artikel merupakan tulisan pendek yang ditulis untuk disampaikan kepada pembaca. Jenis artikel juga bisa menggunakan berbagai tema yang bervariasi, mulai dari gaya hidup, olahraga, entertainment, politik, dan masih banyak lagi.

2. Jurnal Ilmiah

Jenis teks nonfiksi yang kedua adalah jurnal. Jurnal ilmiah merupakan jenis teks nonfiksi yang menjelaskan dan menegaskan hasil penelitian yang dilakukan oleh berbagai pihak. Seperti dosen, guru, mahasiswa, peneliti, dan lain-lain. Karena merupakan penelitian ilmiah, maka datanya harus jelas dan bisa dibuktikan secara ilmu pengetahuan.

3. Biografi

Selanjutnya adalah jenis teks nonfiksi biografi. Biografi adalah tulisan yang memuat kisah perjalanan hidup dari seseorang yang ditulis oleh orang lain. Pembuatan biogarfi bertujuan untuk menceritakan kisah inspiratif dari suatu tokoh atau orang yang penting dalam suatu bidang tertentu. Isi dari biografi juga harus sesuai dengan fakta dan realita sosial yang dialami sang tokoh tersebut.

4. Berita

Dan jenis teks nonfiksi yang terakhir adalah berita. Berita adalah kumpulan informasi faktual mengenai sebuah kejadian atau peristiwa. Teks berita juga harus bersifat faktual atau berdasarkan fakta, dan aktual yaitu kejadian yang hangat serta dibicarakan banyak orang.

Contoh Teks Nonfiksi Berbagai Tema

Contoh teks nonfiksi
6 Contoh Teks Nonfiksi, Ciri-Ciri dan Jenis-Jenisnya 19

Berikut ini adalah contoh teks nonfiksi dengan berbagai tema yang bisa dijadikan referensi Anda.

1. Tragedi Trisakti

Tragedi Trisakti terjadi pada tanggal 12 Mei 1998, tragedi ini adalah peristiwa penembakan terhadap mahasiswa pada saat demonstrasi menuntut Soeharto turun dari jabatannya. Kejadian ini menewaskan empat mahasiswa Universitas Trisakti di Jakarta, Indonesia serta puluhan mahasiswa lainnya luka-luka.

Mereka yang meninggal adalah Elang Mulia Lesmana (1978-1998), Heri Hertanto (1977-1998), Hafidin Royan (1976-1998), dan Hendriawan Sie (1975-1998). Keempat mahasiswa tersebut tertembak di dalam kampus, karena terkena peluru tajam di tempat-tempat vital di tubuh mereka. Seperti kepala, tenggorokan, dan dada.

Peristiwa penembakan empat mahasiswa Universitas Trisakti ini juga digambarkan secara detail dan akurat. Oleh seorang penulis sastra dan jurnalis, Anggie D. Widowati dalam sebuah karyanya yang berjudul Langit Merah Jakarta.

2. Contoh Teks Nonfiksi tentang Cerita Tsunami Aceh

Berikut ini adalah contoh teks nonfiksi tentang cerita tsunami Aceh.

Ingatkah Anda dengan kejadian tsunami pada tahun 2004 silam? Tepatnya pada tanggal 26 Desember 2004, gempa dahsyat yang diikuti tsunami menerjang wilayah Aceh. Tsunami terbesar sepanjang sejarah dengan ombak setinggi 20 meter tersebut berhasil memporak-porandakan kota dan menyebabkan beberapa kehancuran.

Bukan hanya kehancuran fasilitas, namun juga trauma yang membekas pada masyarakat. Selain kehilangan rumah, dan harta benda mereka juga kehilangan banyak anggota keluarga. Yang tentunya membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menerima dan memulihkan keadaan. Bahkan, mungkin mereka tidak akan bisa melupakannya di sepanjang hidup mereka.

Ada lebih dari 17.000 korban meninggal pada bencana ini dan puluhan ribu bangunan hancur. Gempa ini menjadi salah satu bencana alam yang terburuk sepanjang masa. Satu hari setelah kejadian, atas peristiwa tersebut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono selaku presiden Indonesia yang menjabat pada masa itu, menetapkannya sebagai hari berkabung nasional.

3. Cerita Panglima Besar Jenderal Soedirman

Berikut ini adalah contoh teks nonfiksi tentang panglima besar Jenderal Soedirman.

Jenderal Soedirman adalah salah satu tokoh pahlawan nasional Indonesia. Pahlawan ini terkenal dengan memiliki jiwa pantang menyerah dalam melawan para penjajah di Indonesia. Bahkan kebaikan hati beliau sudah terlihat sejak kecil.

Setelah berhasil menyelesaikan sekolah, beliau memilih untuk menjadi seorang guru. Sebagai seorang guru beliau mengajari banyak ilmu, seperti ilmu sosial, sejarah, bahasa Belanda, dan agama. Setelah itu, Jenderal Soedirman masuk pendidikan militer. Beliau adalah salah satu orang terpandang dan dihormati di daerahnya.

Kemudian, Jenderal Soedirman pun terpilih menjadi komandan yang bertugas mengatur anak buahnya dalam melawan sekutu. Saat wafat, beliau menjadi salah satu sosok pahlawan yang paling dihormati seluruh Indonesia. Dan termasuk sebagai pahlawan nasional Indonesia.

4. Perkembangan Olahraga Sepak Bola

Berikut ini adalah contoh teks nonfiksi dengan tema Perkembangan olahraga sepak bola.

Permainan sepak bola atau menendang bola sudah berkembang sejak abad kedua dan ketiga Sebelum Masehi. Olahraga ini pertama kali berkembang di negara Tiongkok. Permainan yang sudah dimainkan sejak masa Dinasti Han ini dilakukan oleh sekelompok masyarakat yang menendang bola kulit serta memasukkan ke jaring kecil. Selain berkembang di Tiongkok, permainan sepak bola ini juga dilakukan di Jepang. Dari hanya sekedar permainan sepak bola tradisional, kemudian mengalami perkembangan menjadi sepak bola modern di Inggris.

Permainan sepak bola modern ini ditandai dengan adanya aturan-aturan dasar dalam permainan. Namun, karena banyak timbul kekerasan selama permainan sepak bola, membuat Raja Edward III kemudian melarang permainan sepak bola di tahun 1365. Selanjutnya, permainan sepak bola kembali mendapatkan perhatian masyarakat kembali pada tahun 1815.

Hal ini terjadi setelah sejumlah sekolah dan universitas memainkan permainan ini. Kemudian pada tahun 1863, dilakukan pemisahan peraturan dan jenis antara olahraga sepak bola dengan rugby. Hal ini berdasarkan rumusan peraturan sepak bola modern yang dilakukan di Freemasons Tavern. Kemudian pada 1869 kembali membentuk peraturan bahwa dalam sepak bola dilarang untuk membawa bola di tangan.

Hingga pada 1904, terbentuklah Asosiasi sepak bola dunia FIFA, setelah permainan ini semakin menjamur di kalangan masyarakat dunia. Selanjutnya para nelayan, pedagang dan tentara dari Inggris membawa permainan ini ke berbagai negara. Dan sejak saat itu berbagai kompetisi sepak bola dimainkan di seluruh negara.

5. Contoh Teks Nonfiksi tentang Facebook

Berikut ini adalah contoh teks nonfiksi tentang pendiri Facebook.

Pada bulan Februaru tahun 2004 lalu, Zuckerberg meluncurkan Facebook dari kamar asrama Harvard. Dan sebagai pencetus inspirasi awal Facebook mungkin berasal dari Phillips Exeter Academy. Yang merupakan tempat sekolah tinggi swasta di mana Zuckerberg lulus pada tahun 2002. Pada masa itu, Zuckerberg mempublikasikan direktori mahasiswa sendiri, buku angkatan yang oleh siswa disebut sebagai “The Facebook”.

Pada masa itu, The Facebook hanya berisi semacam direktori foto yang merupakan bagian penting tentang berbagai pengalaman sosial bagi kebanyakan siswa di sekolah swasta. Dengan hal tersebut, siswa dapat mendaftar berbagai hal seperti tahun angkatan, kedekatan mereka dengan teman-teman, dan nomor telepon mereka. Setelah kuliah, Facebook dimulai dari hanya sebagai “barang Harvard”.

Hingga akhirnya Zuckerberg memutuskan untuk menyebarkan ke sekolah lain, mendaftar dengan bantuan dari teman sekamarnya Dustin Moskovitz. Mereka memulainya pertama kali dari Stanford, Dartmouth, Columbia, New York University, Cornell, Brown. Kemudian melenjutkan menyebarkanny ke sekolah lain yang memiliki kontak sosial dengan Harvard University.

Hingga pada 21 Juli 2010 lalu, Zuckerberg melaporkan bahwa Facebook sudah mencapai pengguna di angka 500 juta.

6. Contoh Teks Nonfiksi Biografi

Berikut ini adalah contoh teks nonfiksi tentang biografi Albert Einstein.

Einstein adalah nama dari seorang lelaki jenius yang lahir di negara Jerman, 14 Maret 1879. Beliau dilahirkan di kota Ulm Wurttemberg. Ayah Einstein, Hermann Einstein merupakan seorang penjual ranjang bulu, dan Pauline ibunya merupakan pekerja elektrokimia. Pada usia Einstein yang menginjak lima tahun, bapaknya memberikan Einstein kecil kompas kantung.

Kemudian dia mulai menyadari bahwa ada sesuatu di ruang kosong dalam alam semesta yang bereaksi terhadap jarum di kompas. Hal inilah yang kemudian menginspirasi dalam hidupnya. Einstein kecil dikenal sebagai anak autis. Selain itu, dia juga suka menyendiri dan orangnya pendiam. Namun, meskipun begitu penilaian secara akademik dirinya tidak memiliki kekurangan.

Ketika beranjak remaja, beliau berhasil lulus dari Eidgenössische Technische Hochschule. Dan pada tahun 1900, beliau memperoleh status sebagai warga negara Swiss serta mendapat kans mengajar di Eidgenössische Technische Hochschule. Einstei berhasil menciptakan hasil karya yang sangat banyak dalam bidang fisika. Kemudian pada 1921 beliau mendapatkan penghargaan nobel fisika.

Sebagai bentuk penghargaan karena teorinya mengenai efek fotolistrik dan pengabdiannya bagi fisika teoritis. Einstein tercatat meninggal dunia pada 18 April 1955. Beliau telah mewariskan beragam karya yang mengubah dunia. Akan tetapi, terdapat salah satu penyesalan terbesarnya mengenai teori relativitas. Karena ada beberapa teorinya yang kemudian dimanfaatkan untuk inspirasi pembuatan bom atom yang menghancurkan Jepang pada masa itu.

Penutup

Demikian tadi contoh teks nonfiksi, lengkap dengan pengertian, ciri-ciri hingga jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi Anda.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan