Kotaku
Beranda Pendidikan Pembelajaran Rangkuman Informatika Kelas 7 BAB 4 Kurikulum Merdeka

Rangkuman Informatika Kelas 7 BAB 4 Kurikulum Merdeka

Kuning dan Putih Tradisional Elegan Proposal Pameran Teknologi Presentation
Kuning dan Putih Tradisional Elegan Proposal Pameran Teknologi Presentation

Kotaku.ID – Dalam artikel satu ini kita akan membahas bersama tentang Rangkuman Informatika Kelas 7 BAB 4 Kurikulum Merdeka. Tentunya secara jelas dan lengkap serta mudah dipahami.

Pelajaran informatika adalah pembelajaran wajib di kurikulum merdeka sejak tingkatan SMP hingga SMA atau sederajat.  Pembelajaran ini banyak membahas atau menyinggung persoalan teknologi sebagai bekal peserta didik menghadapi perkembangan zaman.

Rangkuman soal ini lebih kepada mengenal perangkat keras dan perangkat lunak pada personal komputer. Ini menjadi materi pokok dasar ketika seseorang belajar sistem komputer.

Rangkuman Informatika Kelas 7 BAB 4 Kurikulum Merdeka

Rangkuman Informatika Kelas 7 BAB 4 Kurikulum Merdeka

Ada beberapa pokok pembahasan dalam Rangkuman Informatika Kelas 7 BAB 4 Kurikulum Merdeka. Yaitu:

1. Mengenal Sistem Komputer

Komputer berasal dari bahasa inggris dari kata to computer yang artinya menghitung. Kini, komputer lebih dikenal sebagai piranti elektronik yang bisa menerima data masukan (input) sehingga memprosesnya dan menghasilkan data keluaran (output). Tidak sampai disitu saja, komputer juga bisa menyimpan data dalam bentuk penyimpanan sekunder.

Komputer berkembang menjadi sistem komputer dimana merupakan gabungan antara berangkat keras, perangkat lunak. Apakah itu perangkat keras dan perangkat lunas komputer?

Perangkat Keras / Hardware

Perangkat keras komputer adalah perangkat yang memiliki wujud fisik nyata, bisa disentuh, bisa di pindahkan dan memiliki banyak kegunaan seperti alat masukan, keluaran, pemposes, memori dan penyimpanan.

  • Input Device : Adalah piranti komputer yang bisa disentuh dan dipegang yang memiliki fungsi untuk memasukan instruksi atau sebuah data. Contohnya seperti keyword atau papan tombol yang memungkinkan pengguna memasukan karakter kedalam komputer atau seperti scanner yang memiliki fungsi memindai data dari hard file menjadi soft file atau mouse yang digunakan untuk mengatur atau menggeser posisi kursor.
  • Processing Device : Merupakan data atau perintah yang diterima komputer kemudian digunakan untuk proses. Contohnya saja seperti CPU (Central Processing Unit) merupakan bagian utama komputer dan memiliki tugas melakukan keseluruhan tugas seperti aritmatika, logika, pengendalian dan lainnya. Contoh lain adalah RAM atau random access memory yang merupakan jenis memori untuk menyimpan data sementara ketika komputer masih memproses data tersebut.
  • Output Device : Merupakan piranti keluaran dari hasil yang diproses. Contohnya layar monitor yang menampilkan hasil pengolahan data yang dilakukan baik teks, grafik, gambar atau lainnya. Kemudian ada printer yang digunakan untuk cetak dokumen, foto, gambar dan lainnya. Ada pula speaker yang menghasilkan keluaran suara dari komputer.

Piranti Penyimpanan Sekunder / Secondary Storage Device

Selanjutnya ada tempat penyimpanan data elektronis yang bersifat sementara dan bersifat permanen. Data yang disimpan disini bisa bertahan lama dan bisa dimanfaatkan kembali oleh pengguna suatu saat nanti.

Beberapa contoh penyimpanan tersebut seperti hard disk (piringan magnet sebagai penyimpanan data), falsh drive adalah flash memory yang bisanya menggunakan antarmuka USB dan berfungsi sebagai alat penyimpanan data permanen portbale serta ada CD sebagai alat penyimpanan data cakram optik digital namun sudah sangat jarang digunakan.

Piranti Keluaran

Terakhir, dalam hardware terdapat piranti keluaran atau peralatan yang menyajikan informasi dari komputer  seperti layar monitor, gambar tercetak maupun suara dari speaker and headset.

2. Perangkat Lunak / Software

Rangkuman Informatika Kelas 7 BAB 4 Kurikulum Merdeka

Software atau dikenal juga sebagai perangkat lunak dalam komputer. Merupakan sebuah kumpulan data yang bisa dikerjakan dalam komputer dan menjadi penghubung antara pengguna (brainware) dengan komputer sebagai perangkat keras. Ada beberapa pembagian software yang perlu diketahui, diantaranya adalah:

Menurut Lisensinya

Menurut lisensinya, software dibagi menjadi beberapa macam yaitu:

  • Freeware  : software bersifat gratis dan bisa digunakan oleh siapa saja yang mau menggunakannya. Tidak ada batasan jumlah dan waktu pemakaiannya namun kode sumbernya tidak bisa dilihat dan tidak boleh dimodifikasi.
  • Shareware : software bisa diunduh dan digunakan oleh pengguna dalam batas waktu tertentu. Jika pengguna merasa software tersebut penting maka harus membelinya.
  • Adware : software bersifat gratis namun ketika digunakan terdapat iklan didalamnya.
  • Commercial : software yang dibuat dengan tujuan komersil (diperjual belikan) sehingga jika ingin menggunakannya harus membayar pada pihak pengembang terlebih dahulu.

Menurut Fungsinya

Secara garis besar, fungsi software adalah menjembatani komunikasi antara pengguna dengan hardware. Namun ada fungsi-fungsi setiap software yang berbeda, seperti:

  • OS / Operating system : perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan komputer pada saat dinyalakan, biasanya di Indonesia mengunakan sistem operasi Microsoft pada komputernya.
  • Program aplikasi : perangkat lunak siap pakai yang digunakan untuk membantu melaksanakan pekerjaan penggunanya. Ada banyak perangkat sesuai dengan kebutuhan setiap pengguna mulai dari pengolahan dokumen, pembuatan desain, online, chat dan lain sebagainya.

Menurut Sumbernya

Menurut sumbernya, software dibagi menjadi dua jenis yakni open source dan closed sourced, penjelasannya adalah sebagai berikut:

  • Open source software : perangkat lunak yang kode sumbernya dibuka ke publik sehingga bisa dimodifikasi dan didistribusikan kembali hasil modifikasinya dengan syarat syarat tertentu.
  • Closed Source software : perangkat lunak yang bisa digunakan oleh publik namun kode sourcenya bersifat rahasia. Misalkan microsoft office, adobe photoshop, corel draw dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Interaksi Antarperangkat

Rangkuman Informatika Kelas 7 BAB 4 Kurikulum Merdeka

Tidak banyak yang tahu bahwa dua perangkat elektronik atau lebih bisa berinteraksi atau berkomunikasi. Sarana yang digunakan untuk berinteraksi antar perangkat tersebut salah satunya menggunakan sambungan nirkabel (tanpa kabel) yakni bluetooth.

Bluetooth sebenarnya sudah digunakan sejak lama untuk bertukar data antar perangkat dari jarak dekat. Sistem ini menggunakan gelombang ultra high frequency (UHF) dari 2.402 GHz sampai 2.480 GHz. Bisa juga membangun jaringan area pribadi atau PAN. Kegunaan bluetooth sendiri antara lain adalah menghubungkan laptop dengan ponsel, ponsel dengan ponsel yang lainnya, ponsel dengan televisi atau sumber output suara seperti speaker.

4. Bilangan Binner

Pembahasan terakhir dari ruang lingkup Rangkuman Informatika Kelas 7 BAB 4 Kurikulum Merdeka adalah tentang bilangan binner. Materi ini akan dijelaskan lebih rinci pada artikel selanjutnya, namun secara garis besarnya bilangan biner merupakan bilangan yang sangat penting dalam komputer karena sebagai representasi dari segala jenis informasi yang disimpan pada komputer.

Binner bahkan menjadi dasar sebuah sistem komputer dihasilkan. Komputer membutuhkan instruksi yang tepat untuk bisa melakukan tugas, instruksi tersebut dibuat berdasarkan bilangan binner yang terdiri hanya dari 0 dan 1.

Demikian informasi lengkap tentang Rangkuman Informatika Kelas 7 BAB 4 Kurikulum Merdeka. Masih banyak rangkuman informasi lainnya yang akan dibuat. Teruslah belajar tanpa lelah untuk bisa menguasai semua materi yang sudah di sampaikan.

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan